me

Cara Connect AirPods ke Windows, Gampang Banget!

Oct 02, 2022.By Jarvis
Bagikan

pexels.com

Memiliki earphone tanpa kabel jauh lebih nyaman digunakan. Earphone sendiri berfungsi untuk mendengarkan suara seperti musik hingga telepon. Saat ini  banyak sekali model earphone di pasaran, salah satunya AirPods dari Apple. AirPods bentuknya kecil dengan warna putih mirip dengan EarPods, bedanya AirPods tidak menggunakan kabel.

Kamu bisa menyambungkan AirPods baik ke smartphone, komputer atau laptop. Namun, bagaimana jika kamu memiliki laptop Windows dan ingin menghubungkan AirPods ke Windows? Kamu tidak perlu buru-buru membeli model earphone lainnya. Pasalnya AirPods bisa tetap digunakan dan di connectkan ke Windows.

Baca juga: Ngulik Fitur Lenovo Legion Y90 yang Cakep buat Gaming


Bagaimana Cara Connect AirPods ke Windows?

Cara untuk connectkan AirPods ke Windows sebenarnya tidaklah sulit, kamu hanya perlu memperhatikan dan langsung mempraktikkannya. AirPods sendiri dikenal dengan earphone Bluetooth, menghilangkan generasi sebelumnya jack 3,5. AirPods memiliki berbagai fitur dan keunggulan dengan kualitas suaranya yang jernih hingga sentuhan saat memilih lagu.

Apple mengeluarkan produk AirPordsnya dengan berbagai jenis yang bisa kamu pilih. AirPods generasi ke-2, AirPods generasi ke-3 dan AirpPods Pro memiliki bentuk yang hampir sama yaitu model headphone in-ear. Sementara, Airpods Max yaitu headphone over-ear Bluetooth nirkabel. Jika kamu ingin menggunakannya, kamu bisa memilih salah satunya.

Meskipun kamu tidak memiliki produk Apple, AirPods nyatanya bisa dihubungkan ke Android atau Windows. Untuk memasangkan AirPods ke Windows, langkah pertama yang harus kamu perhatikan apakah laptop Windows bisa terkoneksi dengan Bluetooth? Jika iya, ikutilah cara connect Airpods ke Windows berikut ini.

1.    AirPods Diletakkan dalam Mode Penyanding

Kamu harus memastikan bahwa komputer atau laptopmu dilengkapi bluetooth, adaptor yang berfungsi dengan baik dan tidak mudah putus. Langkah pertama, letakkan AirPods dalam mode penyanding, caranya letakkan AirPods di dalam kotak, buka, lalu tekan dan tahan tombol bulat hingga lampu indikator LED berkedip.

Jika belum berkedip, tunggulah sedikit lebih lama dan jangan melepaskan tombol. Indikator LED menyala ditandai dengan menyala putih, berkedip orange beberapa kali lalu berkedip putih lagi.

AirPods (generasi ke-2)

2.    Mulai Memasangkan AirPods ke Windows

Bila kamu memiliki Windows10 dan ingin memasangkan AirPods generasi ke-2, lakukan tahap-tahap ini. Dimulai dari buka pengaturan, klik perangkat, pilih tambahkan Bluetooth atau perangkat lain, pilih Bluetooth, tunggu AirPods muncul di daftar dan klik di atasnya. Kamu perlu menunggu beberapa detik untuk menyelesaikannya.

Airpods generasi ke-2 ini memiliki kontrol yang baik berupa sentuh dua kali untuk memutar, melompat maju hingga menjawab panggilan telepon. AirPods generasi ke-2 juga cocok digunakan untuk penyandang disabilitas karena adanya fitur aksesibilitas berupa audio dengar langsung, level headphone dan akomodasi headphone.

Jika kamu memiliki Windows 7 dan 8.1 caranya dengan membuka panel kontrol, perangkat dan pencetak, klik tambah perangkat dan menghubungkan ke AirPods dengan cara yang sama. Kamu juga bisa menghubungkannya ke AirPods generasi ke-3 atau AirPods Max.

Pada AirPods generasi ke-3 memiliki driver khusus dengan lebih baik, amplifier dinamis tinggi, hingga bass yang kuat dengan dukungan frekuensi tinggi dan jernih. Sementara, AirPods Pro memiliki keunggulan yang lebih baik dari generasi sebelumnya dengan adanya kontrol yang lebih banyak juga tahan air dan keringat.

AirPods (generasi ke-3)

3.    Mengaktifkan Mikrofon dan Output Audio AirPods

Cara selanjutnya untuk connect AirPods ke Windows terutama pada Windows 10 dengan membuka pengaturan, pilih sistem, pilih suara dan pastikan AirPods telah diinstal sebagai perangkat output dan input.

Sementara pada Windows 7 dan 8.1, kamu bisa mulai membuka perangkat perekaman dan pemutaran, kamu bisa melakukannya melalui klik kanan pada speaker di area notifikasi. Serta atur AirPods untuk digunakan sebagai perangkat default pemutaran dan perekaman. Caranya, klik kanan AirPods, gunakan sebagai default dan default perangkat komunikasi.

Dalam beberapa aplikasi pesan, seperti Skype kamu perlu memilih mikrofon default di pengaturan aplikasi tersebut. Jika berjalan dengan baik, kamu akan menerima pesan konfirmasi. Bila berhasil, tutuplah jendela dan mulai gunakan AirPods dengan mengklik selesai.

AirPods Pro (generasi ke-1)

Mengapa AirPods Nggak Terdengar?

Bila kamu sudah mengikuti cara connect AirPods ke Windows, tapi output audio kamu nggak langsung beralih ke bud nirkabel, maka ada cara yang perlu kamu lakukan. Ini cara mengatasi AirPods yang nggak terdengar meski sudah di connectkan ke Windows.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan membuka pengaturan suara dan klik kanan ikon suara di bilah alat yang ada di sudut kanan bawah layarmu. Kamu pilihlah AirPods dari menu tarik-turun di bawah output yang ada di menu pengaturan suara. Nah, bila kamu menyimak hingga cara ini, berarti Airpodsmu sudah bisa connect ke Windows bukan?


Baca juga: Daftar Harga Laptop Lenovo 3 Jutaan Terbaru 2022

Setelah kamu tahu cara connect AirPods ke Windows tersebut, kamu pastinya tidak ragu untuk membeli AirPods kan? Meskipun kamu hanya memiliki perangkat Apple berupa AirPodsnya saja, kamu bisa tetap menggunakannya di laptop Windowsmu.

Berbagai earphone dari Apple seperti AirPods generasi ke-2, generasi ke-3, AirPods Pro hingga AirPods Max bisa kamu beli di Blibli. Yuk BliBli Friends beli AirPods dan gunakan bersama laptop Windowsmu. Kamu bisa menggunakannya untuk mendengarkan musik, memutar film hingga Youtube.

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel