Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Mudah Secara Online

sumber: pixabay.com

Wah, dengan zaman yang semakin berkembang dan teknologi yang makin maju, hidup jadi makin gampang. Sekarang kita nggak perlu deh, yang namanya repot-repot keluar rumah untuk melakukan pembayaran tagihan. Seperti tagihan listrik, salah satunya. Yuk simak dulu cara cek tagihan listrik dan tagihan lainnya lewat hp.

Kalau dulu, kamu mungkin harus rutin mendatangi kantor-kantor PLN untuk sekedar mengecek berapa tagihan listrik kamu bulan ini. Tapi sekarang kamu tinggal pakai HP yang ada di tanganmu untuk melakukannya. Dan nggak cuma cek tagihan listrik aja, lho, berbekal smartphone murah alias hp kentang, kamu juga bisa bayar-bayar tagihan rumah tangga yang lainnya. Bahkan belanja-belanja online.

Tapi sayangnya nggak semua orang tahu caranya ngecek tagihan listrik pakai ponsel, lho. Yuk, intip cara-caranya:

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP

  1. Cek Tagihan lewat SMS

Dari semua cara, cara yang pertama adalah yang paling praktis. Kamu bahkan nggak perlu men-download aplikasi apa pun di smartphone-mu untuk mengecek tagihan listrik, lho. Cukup mengetikkan rek<spasi>nomor ID Pelanggan dan kirim SMS ke nomor 8123.

Nanti setelah SMS kamu kirim, tinggal tunggu beberapa saat sampai dapat balasan yang berisi berapa tagihan listrik yang harus kamu bayarkan bulan ini. Tapi emang untuk pembayarannya kamu masih harus keluar rumah dan mendatangi kantor PLN atau toko merchant yang melayani pembayaran tagihan listrik.

  1. Cek Tagihan Listrik lewat Nomor 123

Selain lewat SMS, kamu juga bisa mengetahui tagihan listrikmu berapa dengan menelepon lewat nomor 123, lho.

Akan ada CS yang membantumu memberikan cara-cara cek tagihan listrik setelah sambungan teleponmu tersambung.

Nggak cuma mengetahui informasi tagihan listrik, lho, nomor 123 juga bisa membantumu menyampaikan keluhan gangguan listrik di rumah.

  1. Cek Tagihan lewat Situs Web Resmi PLN

Kamu bisa menjajal cara mengecek tagihan listrik lewat situs web resmi PLN di alamat https://layanan.pln.co.id/ lewat ponselmu kapan pun dan di mana pun.

Setelah itu, di submenu Informasi, kamu bisa klik Informasi Tagihan Listrik, atau kalau kamu adalah pelanggan listrik prabayar, kamu bisa memilih Pembelian Token.

Tapi kamu perlu login terlebih dahulu dengan mengisi alamat e-mail-mu, password dan captcha. Lalu klik ‘Masuk’. Untuk kamu yang baru pertama kali mengakses situs web resmi PLN, kamu perlu mendaftar di menu Daftar Akun. Jika sudah mengisi form yang terdiri dari Nama Pemohon, ID Pelanggan, nomor handphone dan membuat password, kamu bisa meng-klik ‘Daftar’.

Jika sudah masuk, kamu bisa deh, langsung memilih menu ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’ untuk mengecek berapa besar tagihan listrikmu di bulan ini.

  1. Cek dan Bayar Tagihan lewat Aplikasi PLN Mobile

Jika kamu pengen praktis, selain mengecek tagihan listrik juga bisa bayar tagihan lewat ponsel, kamu perlu mengunduh aplikasi pln Mobile di smartphone kamu. Setelah aplikasi terinstal, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengetahui berapa tagihan listrik yang harus kamu bayarkan di bulan ini.

Pertama, buka menu Informasi yang ada di tombol menu. Kemudian tekan Informasi Tagihan dan tekan tombol Token. Ketikkan nomor ID Pelanggan-mu. Dan langkah terakhir adalah klik Cari. Nggak butuh waktu lama, informasi tentang tagihan listrikmu pun akan muncul di layar.

  1. Cek, Bayar-Bayar Semua Tagihan lewat Aplikasi Blibli

Ada cara terpraktis untuk cek tagihan listrik lewat HP. Kamu cukup men-download aplikasi belanja online terpercaya di Indonesia, Blibli, di smartphone-mu. Dan kamu bisa mengecek tagihan listrik, membayar tagihan listrik, membeli token listrik atau pun bayar-bayar tagihan yang lainnya hanya dengan menggunakan satu aplikasi canggih ini.

Caranya pun serba gampang, kok. Kamu hanya perlu masuk ke akun Blibli kamu dan pilih salah satu menu pembayaran yang muncul otomatis di laman awal Blibli. Di sana tersedia berbagai menu tagihan yang bisa kamu pilih. Seperti tagihan PLN, tagihan air, tagihan Telkom, BPJS Kesehatan, TV Kabel & Internet dan masih banyak lagi menu pembayaran lainnya yang dijamin bakal bikin hidupmu makin serba gampang.

So, tunggu apa lagi, buruan instal aplikasi Blibli di smartphone kamu!

CEK TAGIHAN LISTRIK KAMU DISINI

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY