me

Cara Cek Produk Halal, Pastikan Produk yang Kamu Gunakan Aman dan Halal

Nov 10, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: halalmui.org

Indonesia merupakan negara yang sebagian besar warga negaranya menganut agama Islam sebagai kepercayaannya. Sebagai negara dengan mayoritas umat Muslim, produk dengan sertifikasi halal menjadi suatu keharusan di negara ini. Adanya kebutuhan untuk mengonsumsi produk halal yang telah diatur dalam Al-Qur’an ini menjadi penyebab utama dibutuhkannya sertifikasi. Mulai dari produk makanan, minuman, obat-obatan, hingga kosmetik memerlukan sertifikasi halal dari pihak yang berwenang sebelum diedarkan secara bebas di wilayah Indonesia.

Makanan, minuman, obat, dan urusan dunia lainnya memang Allah jadikan sebagai sesuatu yang boleh dan halal untuk dimanfaatkan. Adanya yang haram merupakan pengecualian dan sudah ada dalil yang mengharamkannya. Hal ini dijelaskan oleh para ulama melalui penetapan kaidah dalam ilmu fikih bahwa hukum asal segala sesuatu dalam muamalah atau keduniaan adalah mubah atau halal sampai ada dalil yang mengharamkannya. Misalnya ada makanan yang tidak diketahui status halalnya, maka kamu perlu memastikan apakah ada bukti keharaman dari makanan tersebut.

Meskipun demikian, sebaiknya sebagai konsumen lebih berhati-hati dalam memilih suatu produk. Nyatanya sertifikasi halal ini tidak hanya diperuntukkan bagi umat Muslim saja. Produk yang sudah mendapatkan sertifikasi tentu telah melalui serangkaian proses verifikasi mulai dari bahan baku awalnya, proses pembuatan, pengemasan, hingga distribusinya. Dengan mendapat sertifikasi, kamu juga akan lebih merasa nyaman saat menggunakan atau mengonsumsi produk.

Masalahnya, belum semua produk yang beredar di Indonesia memiliki sertifikasi halal atau bisa dipastikan halal haramnya. Apalagi keberadaan sosial media yang ikut memasarkan beragam jenis produk membuat konsumen mudah tertarik untuk membeli dan mencoba secara langsung. Kamu tidak perlu khawatir karena mengecek kehalalan dari suatu produk ternyata sangat mudah. Yuk, simak beberapa informasi mengenai cara cek produk halal di bawah ini, Blibli Friends!

Baca juga: E Commerce Halal Indonesia, Kualitas Oke Banget!


Cara Mengetahui Kehalalan Produk

Kewajiban sertifikasi halal telah diberlakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI pada 17 Oktober 2019. Hal ini sejalan dengan amanah Undang-undang Nomor 33 tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Semua produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal. Aturan ini berlaku pada semua produk, baik produk yang dikonsumsi secara langsung maupun digunakan di bagian luar tubuh.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan kriteria kelayakan produk usaha untuk mendapatkan Sertifikat Halal MUI. HAS 23000 dikeluarkan oleh MUI yang berisi persyaratan suatu produk mendapat sertifikasi ini. Keberadaan sertifikasi halal dari MUI dapat memberi kepastian status halal dari suatu produk, sehingga konsumsi suatu produk bisa dilakukan dengan nyaman dan tentram.

Kamu perlu berhati-hati terhadap produk dari perusahaan besar yang sudah terkenal dan banyak dikonsumsi namun tidak memiliki sertifikasi halal. Bisa jadi memang produk tersebut belum lama dirilis dan sedang dalam proses sertifikasi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa produk tersebut mengandung bahan yang tidak aman atau tidak halal sehingga tidak bisa mendapatkan sertifikasi halal.

Di era digital ini, kamu tidak perlu repot saat ingin mengecek apakah produk yang dipilih sudah mendapat sertifikasi halal atau belum. Banyak yang bisa dilakukan, salah satunya tentu dengan online. Hanya membutuhkan gadget yang kerap dibawa kemanapun dan kapanpun. Cara cek produk halal online bisa kamu lakukan melalui beberapa website.

Website Halal MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang sudah berdiri sejak 26 Juli 1975. Lembaga ini terdiri dari para Ulama, Zu’ama, dan Cendikiawan Muslim di Indonesia dengan kriteria khusus. MUI membantu pemerintah dalam melakukan hal-hal yang terkait dengan kemaslahatan umat Islam, salah satunya adalah mengeluarkan fatwa dalam kehalalan sebuah produk.

Website yang bisa kamu gunakan untuk mencari kepastian halal suatu produk adalah HalalMUI. Website ini akan menampilkan beragam produk halal yang sudah mendapat Sertifikasi Halal MUI. Selain membeli di toko yang sudah terjamin kehalalannya seperti ecommerce halal, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk cek produk dan toko halal online saat akan membeli suatu produk.

  1.   Masuk ke website https://halalmui.org pada mesin pencari di smartphone maupun laptop.
  2.   Selanjutnya kamu bisa pilih “Cari Produk Halal” lalu akan muncul kotak yang bisa diisi.
  3.   Masukkan salah satu kata kunci seperti nama produk, nomor sertifikat, nama produsen, maupun tanggal valid.
  4.   Klik “Cari Produk” untuk memulai pencarian.
  5.   Kamu akan mendapat detail sertifikasi jika produk sudah mendapat sertifikasi.

Website Halal BPJPH Kemenag

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag Indonesia juga telah memberlakukan kewajiban bersertifikat halal bagi produk yang beredar di Indonesia. Kewajiban ini diatur resmi dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Era sertifikasi halal di Indonesia sebagai amanah Undang-undang Nomor 33 tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal telah dilakukan. Segala jenis produk konsumsi yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal dari pihak berwenang.

Sertifikasi halal sejak itu telah dilaksanakan langsung oleh BPJPH sebagai leading sector secara administratifnya dengan melibatkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang berwenang dalam pemeriksaan serta pengujian kehalalan produk. BPJPH juga menunjuk Majelis Ulama Indonesia untuk menetapkan fatwa kehalalan suatu produk yang beredar.

Kamu bisa mengecek aneka produk dan toko muslim termasuk UMKM yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari BPJPH Kemenag. Jika ingin cek halal produk, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

  1.   Tulis alamat https://info.halal.go.id/cari/ pada mesin pencarian. Kamu bisa menggunakan aneka gadget yang memiliki jaringan internet.
  2.   Kemudian lakukan scroll ke arah bawah sampai menemukan menu “Pencarian Sertifikat Halal”. Sertifikat halal yang dimaksud adalah hasil sertifikasi halal yang terdaftar pada BPJPH Kemenag Indonesia.
  3.   Selanjutnya kamu bisa memasukkan kata kunci sesuai dengan yang ada di dalam filter produk agar menemukan informasi yang sedang dicari.
  4.   Detail produk akan muncul jika telah mendapat sertifikasi halal dari BPJPH Kemenag.

Melakukan cek label halal pada suatu produk perlu dilakukan pada website MUI dan BPJPH Kemenag. Beberapa produk hanya mendapat sertifikasi dari MUI dan beberapa lainnya hanya mendapat sertifikasi halal dari BPJPH Kemenag. Keduanya memang menjadi pihak yang berperan untuk melakukan verifikasi tentang kehalalan suatu produk berdasarkan permintaan dari produsen.

Saat ini, kemajuan teknologi telah memudahkan pemenuhan kebutuhan. Kamu bisa hanya duduk di rumah sambil memesan makanan, produk kecantikan, hingga aneka kebutuhan harian lainnya secara online. Tapi, apakah semua sudah dijamin halal dan aman?


Baca juga: Jenis Investasi Halal Menurut Islam, Yuk Cari Tahu!

Nggak perlu risau terkait sertifikasi halal atau kepastian halal yang sudah dikantongi suatu produk saat melakukan belanja online. Ada Blibli Hasanah yang akan memudahkan dalam memenuhi kebutuhan harian. Tentunya produk yang kamu pilih di sini sudah terjamin keamanannya dan memiliki sertifikasi halal ya. Kegiatan belanja bisa jadi semakin mudah, nyaman, dan aman.

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel