me

Cara Cek Diabetes yang Blibli Friends Perlu Ketahui

Oct 13, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Pexels.com

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar glukosa yang ada pada tubuh seseorang. Glukosa memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Namun, jika kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi, maka akan mengganggu fungsi organ lainnya. Blibli Friends wajib banget tahu cara cek diabetes untuk pencegahan dan penanganan penyakit diabetes.

Baca juga: Rekomendasi Hotel Murah di Malang Terbaik


Pentingnya Cek Diabetes/Gula Darah di Lab Lengkap

Pemeriksaan diabetes di lab lengkap menjadi salah satu cara yang bisa Blibli Friends lakukan untuk melakukan pemeriksaan diabetes. Pemeriksaan di laboratorium bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang melalui serangkaian tes yang prosedur yang dijalani. Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan melalui serangkaian tes di lab ini dinilai lebih akurat.

Selain lebih akurat, pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium juga bisa lebih lengkap. Oleh karena itu, pemeriksaan yang dilakukan di lab ini penting untuk dilakukan, agar Blibli Friends bisa mengetahui kondisi kamu, tak terkecuali dengan tes diabetes. Blibli Friends bisa melakukan cek diabetes atau gula darah di laboratorium untuk mengecek kadar glukosa yang ada di dalam tubuh.

Nggak heran jika banyak orang yang memilih untuk cek diabetes di laboratorium yang lengkap. Kamu bisa mengetahui hasil pemeriksaan secara menyeluruh dan bisa mengetahui kadar gula darah serta cara penanganannya melalui hasil pemeriksaan di lab. Maka dari itu, kamu bisa cek kadar gula yang ada di dalam tubuhmu dengan menggunakan tes lab secara lengkap.

Cara Cek Diabetes Melalui Berbagai Tes

Cek diabetes ini bukan hanya dilakukan oleh penderita diabetes saja, melainkan semua orang yang peduli dengan kesehatan tubuhnya. Nah, ternyata ada banyak cara cek diabetes yang bisa dilakukan lho. Kira-kira, apa saja ya cara mengetahui kadar glukosa dalam tubuh? Ini dia informasinya untuk Blibli Friends.

1.      Glukosa Puasa

Tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui kandungan glukosa dalam darah adalah dengan menggunakan tes glukosa puasa. Tes ini akan menunjukkan berapa kandungan glukosa dalam darah saat tubuh nggak dapat suplai glukosa yang berasal dari makanan atau minuman. Dengan melakukan tes glukosa puasa, maka kamu akan mengetahui apakah kadar gula normal atau tinggi.

Sebelum memulai tes ini, Blibli Friends akan dilarang untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dalam waktu delapan jam sebelum melakukan tes glukosa puasa. Namun, tes glukosa puasa juga harus menyesuaikan dengan saran dokter. Misalnya untuk kasus penderita diabetes, dokter biasanya akan menyarankan untuk menunggu beberapa waktu sebelum bisa minum obat/ pakai insulin di pagi hari.

Prosedur untuk melakukan tes glukosa puasa ini bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 20-30 menit saja. Pengambilan sampel darah melalui jarum suntik diperlukan untuk keperluan uji tes yang akan dilakukan di laboratorium. Setelah tes glukosa puasa sudah selesai dilakukan, Blibli Friends bisa melakukan konsultasi dengan dokter mengenai hasil  lab tersebut.

Wah, ternyata gampang banget ya tes glukosa puasa ini. Untuk Blibli Friends yang mau melakukan tes glukosa puasa di laboratorium yang lengkap, maka kamu bisa pakai e-voucher tes laboratorium yang tersedia di Blibli.

Diagnos Laboratorium Medical Check Up Advance Ticket E Voucher

2.      Insulin Puasa

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengetahui kadar glukosa di dalam darah adalah dengan pengukuran insulin puasa. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengontrol glukosa yang terkandung di dalam darah. Tes ini dilakukan untuk mengukur kandungan insulin puasa di dalam darah yang bisa digunakan untuk diagnosis diabetes pada pasien tersebut.

Selain itu, pengukuran puasa juga berguna untuk mengetahui dan membedakan tipe diabetes apa yang dimiliki. Prosedurnya pun bisa dilakukan dengan mudah. Pemeriksaan bisa dilakukan melalui sampel darah yang berasal dari pasien untuk kemudian dicek melalui serangkaian tes di laboratorium.

Biasanya, sebelum memulai tes ini, Blibli Friends bisa berpuasa setidaknya 12 jam sebelum pengambilan sampel darah. Namun, untuk lebih pastinya, Blibli Friends bisa bertanya dan berkonsultasi terhadap dokter mengenai apa saja yang harus dilakukan sebelum tes insulin puasa.

Pengambilan sampel darah memang bisa dilakukan dengan cepat. Berbeda dengan hasil tes yang keluar atau tersedia beberapa hari setelah tes tersebut. Pemeriksaan ini bisa dilakukan karena saran dan anjuran dari dokter.

3.      Glukosa 2 jam PP

Tes Glukosa 2 jam PP merupakan tes untuk memeriksa sejauh mana kemampuan yang dimiliki tubuh dalam memproses glukosa setelah mengkonsumsi gula dalam jumlah yang sudah ditentukan. Tes ini biasanya dilakukan setelah pasien sudah menjalani tes glukosa puasa untuk mendeteksi adanya penyakit diabetes pada seseorang.

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan glukosa dalam tubuh dipengaruhi oleh hormon insulin. Kalau insulin ini terganggu fungsinya seperti yang ditemukan pada kondisi pasien diabetes, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah glukosa yang ada di dalam darah. Glukosa yang tinggi dapat mengindikasi bahwa pasien mengalami diabetes.

Prosedur tes ini diawali dengan pengambilan sampel darah untuk tes glukosa darah puasa. Blibli Friends diwajibkan untuk berpuasa setidaknya 8 jam sebelum tes ini dilakukan. Setelah mengetahui hasil dari tes glukosa darah puasa tersebut, selanjutnya tes glukosa 2 jam PP ini bisa dilakukan. Kamu akan mengkonsumsi sirup gula dalam takaran tertentu 2 jam sebelum melakukan tes ini.

Setelah dua jam mengkonsumsi sirup gula tersebut, seharusnya kandungan glukosa dalam darah sudah kembali normal. Namun, jika kandungan gula masih tinggi atau tidak normal, maka pasien kemungkinan bisa terkena diabetes. Kamu bisa melakukan pemeriksaan di di laboratorium dengan menggunakan e-voucher pemeriksaan lab di Blibli.

DNAandME Diagnos Laboratorium

4.      HBA1C

Ts HBA1C adalah pemeriksaan rutin yang dilakukan untuk pasien diabetes untuk mengetahui kadar gula rata-rata selama tiga bulan. Tes ini dilakukan untuk mendiagnosis dan memantau apakah terapi diabetes melitus yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Dengan melakukan tes ini, Blibli Friends bisa tahu seberapa baiknya kamu saat mengendalikan glukosa selama 3 bulan belakangan.

Tes ini dilakukan selama 120 hari sekali karena berhubungan dengan hemoglobin yang memiliki masa hidup sekitar 3 bulan. Oleh sebab itu, tes ini dilakukan dalam rentang waktu yang sudah disebutkan agar tahu berapa perkiraan kadar rata-rata glukosa di dalam darah. Bukan hanya pasien diabetes, tes ini bisa dilakukan semua orang sebagai bentuk pemeriksaan glikohemoglobin.

Tes diawali dengan proses pengambilan darah untuk dijadikan sampel pemeriksaan. Setelah itu, Blibli Friends bisa menunggu untuk mendapatkan hasil dari tes ini. Kamu tidak perlu melakukan puasa jika melakukan tes ini dan nggak ada persiapan khusus yang harus dilakukan. Lakukan pemeriksaan diabetes di laboratorium lengkap dengan e-voucher kesehatan di Blibli.

Diagnos Laboratorium Medical Check Up Premium Diagnos Laboratorium E-Tiket

5.      Microalbumin Sewaktu

Tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya penyakit diabetes pada tubuh seseorang adalah dengan menggunakan cek microalbumin sewaktu. Mikro albumin merupakan keadaan dimana terdapat kandungan albumin dalam urine yang biasanya terjadi pada pasien dengan penyakit diabetes. Hal ini bisa terjadi karena kadar gula yang meningkat dan nggak terkontrol.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya indikasi kerusakan organ ginjal yang disebabkan oleh komplikasi diabetes. Tes ini dilakukan dengan mengecek urine pasien dan memastikan apakah ada kandungan albumin dalam urin. Pada pasien normal dan sehat, seharusnya nggak ada kandungan albumin pada urine pasien.


Baca juga: Rekomendasi Terbaik Hotel Murah di Surabaya Terbaik

Itulah beberapa cara cek diabetes yang bisa dilakukan  melalui pemeriksaan di laboratorium lengkap. Bagi Blibli Friends yang ingin melakukan pemeriksaan atau medical check up secara lengkap bisa banget pakai voucher kesehatan yang tersedia di Blibli.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya