me

Cara Cat Tembok yang Benar, Biar Hasilnya Bagus Nih!

Jan 07, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Via : paint.org

Cara Cat Tembok yang Benar – Cara cat tembok yang benar mungkin akan Blibli Friends butuhkan saat baru pindah rumah atau tempat kost. Ya, biaya jasa pengecatan dinding memang cukup pricy, apalagi kalau ukuran rumahnya agak besar. Nggak ada salahnya buatmu mengerjakan sendiri proses pengaplikasian cat yang hasilnya keren dan juga layak dilihat.

Berikut ini adalah life hacks tentang bagaimana cara cat tembok yang benar biar hasilnya bagus. Plus ada juga beberapa rekomendasi produk cat yang bisa kamu beli dengan mudah di Blibli. Yuk, simak ulasannya biar kamu ada bayangan saat punya rencana buat ngecat sendiri rumah atau tempat kost baru.

Baca juga: 5 Cat Tembok Waterproof untuk Lindungi Rumah saat Musim Hujan

______________________________________________________________________________________________________

Tips dan Cara Cat Tembok yang Benar

Buat orang yang belum pernah mengecat sebelumnya, mungkin kamu bisa bingung dari mana memulai langkah pengecatan yang benar. Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena ada beberapa tips menarik yang dapat dimanfaatkan untuk memastikan hasil pengecatanmu anti gagal.

1. Bersihkan Ruangan dan Dinding yang Akan Dicat

Akan ada banyak masalah kalau kamu lupa membersihkan bagian dinding yang akan dicat. Nggak cuma dindingnya aja, area ruangan juga harus bebas dari debu dan kotoran. Kenapa harus begitu? Soalnya, dengan ruangan yang kotor dan ada banyak debu, bisa jadi proses pengecatanmu bakal terhambat atau bahkan nggak maksimal. Debunya bisa menempel di cat yang belum kering dan mengotorinya.

2. Pastikan Alat-alatmu Sudah Dicuci

Apabila kamu nggak membeli peralatan mengecar tabf baru, maka penting untuk mencucinya terlebih dahulu. Apalagi kalau sudah lama nggak dipakai, pastinya ada bekas-bekas cat lama dan kotoran di beberapa sudut kuas atau bagian kaleng untuk mencampur. Pastikan semuanya bersih dan kering, baru diisi dengan cat dan waterbase yang baru.

Image source: allclimatepainting.com.jpeg

3. Tutup Area yang Bukan Termasuk Medan Pengecatan

Biar warna cat nggak berantakan atau menetes ke tempat lain, maka penting untuk menutup area yang bukan termasuk medan pengecatan. Misalnya meja, kursi, lemari dan rak yang pastinya nggak ikutan kamu cat dengan menggunakan cat tembok. Jadi, setelah catnya selesai diaplikasikan, kamu bakal bisa mendapati hasilnya rapi. Tapi, jika barang itu bisa dipindah ke luar, nggak ada salahnya dikeluarkan aja.

4. Gunakan Campuran Waterbase

Agar cat lebih mudah diaplikasikan, kamu bisa memakai campuran waterbase. Soalnya, banyak cat yang menggumpal kalau nggak dicampurkan dengan solvent tertentu. Karena itulah, penting buat nanya ke orang yang lebih tahu soal waterbase, apa saja kelengkapan lain dari produk cat tersebut supaya siap untuk diaplikasikan.

5. Aduk dan Aplikasikan Secara Merata

Jangan sampai pengaplikasian cat jadi gagal dan cemong gara-gara masalah sepele, yaitu pengadukan yang nggak rata. Ini mungkin terdengar klise, tapi akibatnya sangat fatal. Pastikan kamu mengaduk dengan alat khusus dan jangan sampai ada batas antara cat dengan waterbase. Karena kalau nggak tercampur rata nanti bisa memberikan hasil yang nggak rata juga akibat perbedaan konsentrasi.

Image source: rawpixel.com

Contoh Cat yang Bisa Digunakan

Setelah kamu tahu tips dan caranya, tentu dibutuhkan rekomendasi produk yang tepat buat mengaplikasikan proses tersebut. Nggak perlu khawatir, karena berikut ini adalah beberapa recommended products yang bisa kamu pilih.

  1. Puffin Plus Cat Tembok Exterior & Interior [5 Kg]

Buat kamu yang suka dengan rumah berwarna-warni, maka sebaiknya kenalan dulu sama cat tembok dari Puffin seharga Rp117 ribuan ini. Pasalnya, ada banyak pilihan warna menarik ditawarkan. Hampir semua warna yang kamu butuhkan ada gradasinya di sini. Nggak hanya satu gradasi, tetapi ada banyak perpaduan menarik untuk membuat hunian semakin hangat.

Mulai dari warna Azzuro, Silky White, Rose Pink, La Violet, Skin Cream, Rosella Yellow, Cosmic Grey, Musk Melon, Dream Violet, Salem, Strong Violet, Go Green, Romantic Blue, Vaganza Green, Dark Sea Grey, Sunny Cream, Goose Wing, Happy Pink, Cool Blue, Forrest Green, Honey Yellow, Tangerine, White, Rainbow Yellow dan juga Cherry Blossom.

Puffin Plus Cat Tembok Exterior & Interior

  1. Dulux Catylac Interior Tinting Cat Tembok [5 Kg]

Produk yang kedua datang dari merek Dulux. Brand ini tentu sudah kamu kenal karena sangat populer dari iklan dan karena banyak orang memakainya. Dengan harga Rp140 ribuan, kamu bisa dapat cat dengan ukuran 5 kg. Menggunakan bahan bebas merkuri, produk cat tersebut sangat cocok buat diaplikasikan untuk kamar atau ruang tamu.

Dengan warna menarik, kamu akan bisa lebih siap untuk memulai hari setiap selepas istirahat. Bahan low odour membuat kamu yang alergi debu akan banyak tertolong. Apalagi, ada juga tambahan low voc yang semakin bisa membuat tampilan ruangan semakin keren dan cat pun awet menempel dan melapisi dinding.

Dulux Catylac Interior Tinting Cat Tembok

  1. Cat Tembok Aquaproof 1kg Abu-Abu

Rekomendasi yang ketiga datang dari produk Cat Tembok Aquaproof 1kg Abu-Abu. Produk ini sangat terkenal bisa menutup celah antar bagian di dinding sehingga membuat air tidak mudah masuk. Karena itulah, kalau kamarmu dekat dengan kamar mandi atau memiliki kamar mandi dalam, maka bisa memanfaatkan cat yang satu ini. Nggak cuma berkualitas, harganya pun cukup terjangkau.

Untuk ukuran 1 kg, Blibli Friends bisa membelinya dengan harga Rp59 ribuan. Jadi, kalau kamu punya space minimalis maka bisa membeli secara bertahap dengan ukuran yang kecil dulu. Ini akan memudahkanmu dalam menjaga kualitas cat, daripada beli banyak tetapi lama tak dipakai akibat kamu sibuk dan tak sempat mengaplikasikannya.

Cat Tembok Aquaproof 1kg Abu-Abu

  1. PROPAN DLI480 Decorlotus Tinting Cat Tembok [2.5 L]

Berikutnya ada cat dari Propan yang kemasannya ungu dengan gambar bunga menarik. Nggak hanya tampilannya yang menarik, tetapi juga harganya sangat affordable buat kamu yang baru mau mencoba trial error dalam proses pengecatan rumah sendiri. Harganya Rp186 ribuan aja, sehingga kamu nggak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk membelinya.

Ada 2 opsi warna yang sangat ceria dan melankolis untuk kamu. Pertama, It’s Clear To See dan yang kedua adalah Yellow Rose. Keduanya sangat menarik karena bisa menambah rasa hangat di ruangan rumah. Bukan hanya warnanya yang menenangkan, tetapi tingkat keawetannya juga sangat bisa diandalkan.

PROPAN DLI480 Decorlotus Tinting Cat Tembok

_______________________________________________________________________________________________________

Baca juga: 4 Tren Dekorasi Rumah Untuk Suasana Baru di Tahun 2021

Setelah membaca cara dan tips serta rekomendasi di atas, produk apakah yang akan kamu pilih buat melapisi bagian interior dan eksterior rumah? Tentunya kamu akan memiliki pertimbangan sendiri sesuai dengan kebutuhan, budget, dan karakteristik rumah. Oleh karenanya, Blibli hadir dengan membawa banyak daftar cat berkualitas yang siap kamu beli.

Ada banyak cat tembok dengan warna-warni cheerful, putih, warna bold, atau mengkilap yang bisa dipilih. Nggak cuma itu, dari segi ukuran pun banyak jenis dan kemasan untuk memudahkan kamu dalam memastikan prosedur pengecatan bisa lebih maksimal. Jadi, ayo segera manfaatkan katalog online Blibli untuk mencari cat dinding terbaik buat rumah atau tempat kostmu. Dan dapatkan cicilan furniture 0% hanya di Blibli. Yuk, Blibli sekarang!

BELI CAT TEMBOK KUALITAS TERBAIK HARGA TERMURAH HANYA DI BLIBLI!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya