Cara biar Gak Ngantuk Pas Lagi Webinar

Photo via glints.com

Sering ngerasa ngantuk pas webinar? Wah… sama banget nih kayak saya. Cuma, webinar kan bermanfaat banget, makanya saya gak mau sampe kelewatan materi gara-gara gak fokus, sibuk nguap-nguap, atau parahnya sampe ketiduran. Jangan dah…

Biar gak ngulangin kesalahan yang sama, saya cari-cari deh tuh cara biar gak ngoyo. Sejauh ini lumayan ampuh buat bikin mata tetep melek. Nih, saya kasih tau cara ngusir ngantuk pas webinar.

1. Jaga cairan dalem badan

Ngantuk itu bisa jadi gara-gara kurang minum. Pas dehidrasi, badan keilangan banyak cairan, makanya keseimbangan zat gula sama garam jadi keganggu. Kalo udah dehidrasi badan gampang capek, otak maksa buat tidur, plus mata susah banget melek.

Nah, penting banget buat banyak minum air putih pas webinar. Kalo cairan di dalem badan cukup, suplai oksigen ke otak jadi tetep kejaga deh. Abis itu, badan bisa berfungsi maksimal lagi.

2. Mijet jari tangan

Inget, mijet jari sendiri, bukan jari orang lain hehehe. Katanya sih, mijit jari tangan bisa ngelancarin pembuluh darah. Soalnya, sentakan-sentakan di beberapa bagian yang agak sakit bisa ngebangunin pas muncul ngantuk.

3. Atur brightness layar PC atau laptop

Bisa jadi rasa ngantuk pas webinar itu gara-gara tingkat brightness PC atau laptopnya gak bener. Kebetulan, saya orang yang tahan kalo di depan laptop berjam-jam, tapi sering juga ngerasa ngantuk. Pas saya selidikin ternyata brightness device saya jadi salah satu faktornya.

Waktu itu, saya bikin tingkat kecerahannya rendah, malah nyaris gelap. Kalo kayak gini, pas sinar matahari masuk ke ruangan malah gak bikin keliatan, makanya bikin ngantuk. Soalnya mata nyesuain sinar laptop yang masuk ke retina. Jadinya mata juga ikutan redup trus jadi berasa capek. Solusinya, kalo ngantuk langsung sesuain tingkat kecerahannya, paling gak sekitar 50% udah cukup kok.

4. Jangan di kasur

Gara-gara webinarnya online, gak jarang orang-orang ngelakuinnya di kasur. Padahal kasur ini malah ningkatin rasa ngantuk berlebihan, apalagi kalo webinarnya siang-siang. Nah, cara ngatasinnya bisa dengan ngatur laptop di meja, trus duduk senyaman mungkin biar gak ngantuk tiba-tiba.

Nah, itu yang biasanya saya lakuin kalo tiba-tiba ngantuk pas webinar. Sejauh ini sih berhasil di saya. Kalo kamu juga pernah atau sering ngerasain kayak saya, gak ada salahnya buat ngikutin trik di atas. Semoga ngebantu ya hihi…

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY