Cara biar Gaji Bulanan Gak Cuma Numpang Lewat Doang

Gajian tiba… gajian tiba! Ini nih hari2 yang ditungguin umat manusia. Kalo kemaren2 udah nahan2 buat makan mie tiap hari, sekarang bisa makan steak. Cuma, seringnya kebahagiaan itu datengnya sesaata. Gak nyampe beberapa minggu, pasti ada aja orang yang ngeluh gajinya udah abis aja. Alhasil, kudu nunggu lagi buat gajian bulan depan. 

Gaji yang cuma numpang lewat ini emang sering dialamin sama banyak orang. Kamu juga kan? Hehehe… Kalo hal begini gak diatasin, bisa2 siklus kayak begini keulang terus tiap bulan. Duuuhhh… gak enak banget. Biar gaji bulanan gak cuma numpang lewat, nih saya kasih tau caranya. 

Pertama2, kudu pisahin rekening gaji sama tabungan di rekening yang beda. Jadi tiap gajian, pindahin uang yang mau ditabung sama uang buat bulanan. Abis itu, plotting uang yang dibutuhin dari sisanya. Cara ini bikin lebih disiplin biar gak dikit2 pake duit tabungan gegara mau beli sepatu baru. Huh!

Trus, hindarin sikap2 impulsif yang sering dilakuin. Kek misalnya gampang banget kegoda kalo ada barang yang menarik depan mata. Ini nih yang bikin pengeluaran tiba2 jadi boncos. Niat cuma mau beli kemeja buat kerja, eh pas liat ada celana dari olshop favorit lagi diskon, langsung kepengen beli. Hadeeeeh tahan2…

Ketiga, buat urutan prioritas juga kudu dilakuin biar gaji bulanan gak cuma numpang lewat doang. Perlu diinget, kebutuhan sama keinginan itu dua hal yang beda. Cuma, teori kan biasanya emang gampang. Susah nentuin mana yang bener2 dibutuhin atau yang cuma sekedar dipengenin. Kalo gak bisa bedain keduanya, ya gak heran kalo gaji bulanan udah abis pas tengah bulan. Udahannya, siap2 aja makan mi instan sampe bulan depan huhuhu….

Bijak pake gaji bulanan itu kudu dilakuin biar gak ada drama abis setiap tengah bulan. Gak enak rasanya kalo tiap bulan kudu ngerasain gak punya duit, padahal lagi butuh buat beli barang penting. Gak mungkin juga kan tiap bulan harus ngambil duit tabungan cuma buat nutup biaya hidup? Kalo begini terus2an mah yang ada gak kekumpul tuh duit tabungan buat nikah hehehe… Yuk, mulai ubah kebiasaan dari sekarang biar tiap akhir bulan gak ngiler trus2an liat dada ayam montok yang ditaburin kremes2. Haduuuuh jadi ngiler nih saya….

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY