me

Cara Bayar Samsat Online Jawa Barat

Jul 05, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.istockphoto.com

Cara Bayar Samsat Online Jawa Barat – Di tengah kesibukan masyarakat yang semakin meningkat, hadirnya teknologi sangat membantu untuk mempermudah berbagai urusan seperti bayar angsuran, belanja, dan bayar pajak. Termasuk salah satunya bayar pajak kendaraan online. Untuk kamu yang tinggal di wilayah Jawa Barat, bayar pajak kendaraan nggak perlu lagi antri karena saat ini sudah hadir Samsat online.

Kehadiran Samsat online di tengah masyarakat Jawa Barat akan memudahkanmu untuk membayar pajak kendaraan karena bisa dilakukan hanya melalui hape. Jadi, buat penduduk Jawa Barat yang masih bayar pajak kendaraan secara konvensional, yuk berkenalan dengan cara bayar Samsat Online Jawa Barat yang bisa dilakukan dari rumah! Simak caranya di bawah ini ya!

banner artikel digital

BACA JUGA: Perbedaan Prabayar dan Pascabayar, Cek Selengkapnya


Sekilas Tentang Samsat Online Jawa Barat

Tim Pembina Samsat Jawa Barat mengeluarkan inovasi terbaru yang akan mempermudah Blibli Friends untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Dari laman resmi Bapenda Jabar memberitahukan bahwa layanan bayar pajak kendaraan secara online dan pengesahan STNK sudah bisa dilakukan melalui sistem digital salah satunya melalui Blibli dan bisa dilakukan oleh seluruh penduduk Jawa Barat.

Mekanisme pembayaran secara digital atau online ini juga cukup mudah. Blibli Friends bisa melakukannya melalui smartphone, PC, laptop, maupun tablet. Sebelum bayar Samsat online, Blibli Friends juga perlu mendapatkan kode pembayaran terlebih dahulu. Kode pembayaran ini bisa Blibli Friends dapatkan melalui aplikasi Samsat Digital Nasional atau SIGNAL yang bisa diunduh melalui Play Store.

Bayar Samsat online Jawa Barat ini sangat mempermudah penduduk Jawa Barat karena selama ini Kantor Samsat Jawa Barat cukup jauh dari pemukiman penduduk. Ditambah lagi kurangnya sumber daya manusia membuat antrian semakin panjang dan lama. Masalah ini kemudian berakibat pada rendahnya minat penduduk Jawa Barat untuk bayar pajak kendaraan.

Inovasi bayar pajak kendaraan online yang diluncurkan sejak 2018 lalu pun mendapat sambutan hangat dari penduduk Jawa Barat. Disusul kemudian dengan diperluasnya mekanisme pembayaran pajak dengan menggunakan berbagai aplikasi termasuk salah satunya Blibli. Jadi, Blibli Friends yang merupakan penduduk Jawa Barat nggak perlu kesulitan lagi untuk bayar pajak kendaraan.

Persyaratan Bayar Samsat Online Jawa Barat

Sebelum Blibli Friends bayar pajak kendaraan secara online, Samsat Jawa Barat juga menerapkan sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi. Tapi nggak perlu khawatir karena persyaratan ini mudah didapatkan dan akan memudahkan Blibli Friends ketika bayar pajak secara online. Lalu apa saja syaratnya? Yuk simak syarat bayar pajak Samsat online Jawa Barat berikut ini!

Supaya Blibli Friends bisa mudah membayar Samsat online, pastikan kendaraan nggak dalam status diblokir biak data kepemilikan maupun ranmor. Blibli Friends juga diwajibkan memiliki nomor telepon yang aktif untuk SMS karena kode bayar akan dikirim melalui SMS. Pastikan Blibli Friends juga sudah memasang aplikasi Blibli atau bisa juga mengunjungi website resmi Blibli di hape atau gadget.

Ketentuan lainnya, bayar pajak Samsat online ini cuma berlaku untuk pajak kendaraan daftar ulang atau satu tahunan. Jadi, ini bukan untuk pajak kendaraan lima tahunan yang perlu ganti STNK ya! Selain itu, pajak kendaraan yang bisa dibayar yaitu kurang dari 6 bulan dari berakhirnya masa aktif kendaraan. Wah, syaratnya mudah sekali ya ternyata! Jadi semakin semangat bayar pajak deh!

Nah, dengan banyak kemudahan yang diberikan layanan Samsat online, Blibli Friends yang merupakan penduduk Jawa Barat tapi tinggal di luar kota juga bisa membayar pajak lho! Apalagi persyaratan yang diberikan juga cukup mudah dipenuhi. Verifikasi setelah melakukan pembayaran secara online juga bisa diterima dengan cepat dan kamu akan mendapatkan notifikasi pembayaran pajak kendaraan.

Keuntungan Bayar Samsat Online Jawa Barat

Ada banyak keuntungan yang bisa Blibli Friends dapatkan dengan melakukan bayar pajak kendaraan secara online. Pertama, kamu bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja termasuk Blibli Friends yang tinggal di luar kota.  Selain itu, dengan adanya Samsat online ini Blibli Friends juga bisa terhindar dari percaloan karena seluruh proses pembayaran bisa dilakukan secara mandiri, kapan saja, dan dari mana saja.

Keuntungan lain bayar pajak kendaraan online yaitu menghilangkan tindak korupsi penerimaan pajak sehingga nggak ada lagi uang pajak yang dilarikan untuk kepentingan pribadi. Bayar Samsat online juga memberikan ketepatan perhitungan pajak sehingga kamu nggak akan merasa dirugikan karena biaya yang sengaja dibengkakkan. Kamu bisa melihat detail pajak yang perlu kamu bayar dari hape langsung.

Blibli Friends juga bisa menikmati kenyamanan dan keamanan dengan hadirnya Samsat online karena nggak perlu lagi membawa uang tunai untuk bayar pajak. Terlebih Blibli menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa dilakukan dengan uang digital sehingga kamu cukup melalui top up pada salah satu metode pembayaran yang kamu gunakan.

Menarik bukan? Blibli Friends nggak perlu antre atau meninggalkan kesibukan karena semuanya bisa dilakukan melalui hape dari mana saja dan kapan saja!

Cara Bayar Samsat Online Jawa Barat dengan Blibli

Setelah mengetahui tentang Samsat online, Blibli Friends pasti sudah menunggu-nunggu cara bayar Samsat online Jawa Barat dengan Blibli! Untuk bayar pajak kendaraan online lewat Blibli, caranya mudah banget kok! Blibli Friends bisa simak cara bayar Samsat online Jawa Barat dengan Blibli berikut ini!

Langkah pertama, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Blibli di smartphone atau perangkat lainnya. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa langsung kunjungi website resmi Blibli.

  • Selanjutnya kamu akan tiba di halaman utama dan cari menu “Tagihan & Isi” lalu tekan klik.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu bisa scroll ke bawah dan temukan menu “Samsat Digital Nasional” dan pilih.
  • Lalu kamu akan menemukan kolom yang perlu diisi pada halaman selanjutnya. Di sini kamu bisa masukkan “Kode Pembayaran” yang sudah kamu dapatkan dari Samsat Digital Nasional atau SIGNAL.
  • Klik “Lihat Tagihan” dan detail tagihan akan muncul. Kamu bisa melanjutkan ke pembayaran dengan memilih salah satu metode pembayaran yang disediakan oleh Blibli.

Wah, jika memang semudah ini, lebih baik bayar pajak kendaraan online via Samsat online Blibli ya? Betul sekali. Dengan begitu, Blibli Friends juga membantu program pemerintah untuk taat pajak karena nggak ada alasan lokasi pembayaran jauh, sedang sibuk, dan sebagainya. Cukup buka hape, siapkan data internet, dan bisa langsung bayar pajak deh!


BACA JUGA : Waktu yang Tepat Bayar Tagihan, Dapat Cashback dan Cicilan 0%

Untuk Blibli Friends yang sudah melengkapi persyaratan dan masa aktif kendaraan sudah mendekati masa jatuh tempo, sebaiknya siapkan untuk bayar Samsat online Jawa Barat di sini! Kamu bisa langsung gunakan Blibli karena akan banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan melakukan transaksi di Blibli. Jadi, yuk, buruan bayar pajak di Blibli!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya