me

Cara Bayar Premi Asuransi

Jun 24, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.istockphoto.com

Cara Bayar Premi Asuransi – Ada banyak hal yang dilakukan seseorang untuk menjamin kehidupan di masa depan. Terlebih lagi, nggak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Misalnya bisa aja kamu tiba-tiba kamu butuh biaya pendidikan atau biaya berobat yang tinggi karena menderita suatu penyakit. Maka dari itu banyak sekali orang yang mengikuti asuransi dengan berbagai jenis dan dari banyak perusahaan.

Kalau mengikuti atau membuat sebuah asuransi, ada sebuah premi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Premi ini bisa dikatakan sebagai tabungan masa depan yang bisa aja kamu cairkan sewaktu-waktu kamu membutuhkannya. Seperti saat kamu butuh biaya pendidikan atau biaya berobat tadi. Jadi bagi kamu yang ingin mempersiapkan masa depan, kamu bisa mengikuti cara bayar premi asuransi dengan info di bawah.

banner artikel digital

BACA JUGA: Bayar Tagihan Online Semakin Mudah di Blibli 


Premi Asuransi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Premi Asuransi

Premi asuransi merupakan sebuah uang atau biaya yang harus kamu bayarkan setiap bulannya sebagai tanda keikutsertaan asuransi. Jumlah dari premi asuransi ini tentunya berbeda-beda tergantung dari jenis asuransi dan polis yang kamu tanda tangani. Premi asuransi yang kamu bayarkan ini kemudian akan disimpan oleh pihak penyedia layanan asuransi dan bisa dicairkan sesuai ketentuan waktunya.

Tujuan Premi Asuransi

Premi asuransi seenggaknya memiliki tiga tujuan utama. Tujuan pertama adalah untuk memberikan jaminan perlindungan dari resiko kerugian yang bisa terjadi pada seorang individu. Misalnya kalau di masa mendatang kamu membutuhkan biaya pendidikan, biaya pengobatan, kecelakaan, dan lainnya. Dengan asuransi, premi yang selama ini kamu bayarkan bisa menutupi resiko kerugian tersebut.

Tujuan kedua adalah untuk pemerataan biaya atau finansial seorang individu. Dengan asuransi, kamu nggak perlu mengeluarkan uang pribadi atas kerugian yang kamu alami. Misalnya di masa mendatang kamu mengalami kecelakaan mobil dan mobilmu rusak. Asuransi yang sudah kamu beli sebelumnya bisa menutupi biaya perbaikan mobil yang rusak ini. Jumlahnya bahkan lebih besar dari biaya yang kamu bayar.

Tujuan ketiga adalah menghimpun dana. Premi asuransi juga bisa menghimpun dana yang kamu hasilkan. Jadi penghasilanmu nggak akan sia-sia dan terbuang untuk hal-hal yang percuma. Hal ini karena asuransi termasuk ke dalam jaminan masa depan. Maka dari itu menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk premi asuransi tentunya nggak akan bikin kamu rugi atau dampak negatif lainnya.

Jenis Premi Asuransi

Seenggaknya ada lima jenis premi asuransi yang bisa kamu gunakan salah satu atau semuanya. Jenis pertama adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah asuransi yang akan menutupi biaya pengobatan kalau sewaktu-waktu kamu jatuh sakit atau harus dirawat di rumah sakit. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau ke depannya ternyata kamu nggak ada dana darurat untuk melakukan pengobatan.

Jenis kedua adalah asuransi kendaraan. Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan ini akan menutupi biaya perbaikan atas kerusakan yang bisa aja terjadi pada kendaraanmu. Misalnya kalau kendaraanmu mengalami kecelakaan. Asuransi kendaraan ini bukan cuma untuk mobil aja loh Blibli Friends! Sepeda motor juga bisa didaftarkan asuransi kendaraan. Jadi kamu nggak perlu khawatir.

Jenis ketiga adalah asuransi jiwa. Asuransi satu ini memberikan perlindungan bagi ahli waris kamu. Misalnya kamu adalah tulang punggung keluarga, di saat kamu meninggal asuransi ini bisa dicairkan. Uang yang cair bisa membantu ahli warismu melanjutkan hidup. Jenis keempat adalah asuransi properti. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap properti yang kamu punya. Misalnya rumah pribadi.

Jadi saat ada bencana alam atau kerusakan, asuransi ini akan menutupi biaya perbaikan rumah kamu. Jenis kelima adalah asuransi perjalanan. Asuransi ini akan memberikan perlindungan bagi kamu yang sering melakukan perjalanan. Mulai dari perlindungan akan biaya pengobatan kecelakaan, biaya ganti rugi barang yang hilang, biaya ganti rugi atas perjalanan yang terhambat, dan masih banyak lainnya.

Contoh Premi Asuransi

Hitungan premi asuransi yang harus kamu bayarkan bisa kamu ketahui dengan rumus berikut. Rumus tersebut adalah Tarif Premi dikali dengan Total Harga Pertanggungan. Perkalian inilah yang akan menghasilkan Jumlah Premi yang akan kamu bayarkan setiap bulannya. Nah untuk tarif preminya sendiri, bagian ini tergantung dari pihak penyedia layanan asuransi. Hal ini karena tarifnya berbeda-beda.

Sebagai contoh, kamu ingin mendaftarkan mobil seharga 200 juta milikmu untuk asuransi kesehatan. Dengan harga kendaraan tersebut, kamu bisa memilih dua jenis perlindungan. Kedua jenis perlindungan tersebut adalah All Risk (Comprehensive) atau TLO (Total Loss Only). Untuk perlindungan All Risk (Comprehensive) sendiri jumlah preminya bisa mencapai Rp. 445.000 per bulannya.

Di sisi lain, untuk perlindungan TLO (Total Loss Only) sendiri jumlah preminya bisa mencapai Rp. 105.000 per bulannya. Jumlah premi yang berbeda ini dikarenakan jenis perlindungan yang diberikan juga berbeda. Jadi pastikan kamu memilih jenis perlindungan atau asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi kamu. Lakukan juga perhitungan jumlah preminya dengan benar sebelum tanda tangan polis.

Cara Bayar Premi Asuransi

Kamu sudah mendaftarkan diri atau asetmu pada salah satu layanan asuransi? Bagus! Kini kamu cuma perlu membayarkan tagihan premi setiap bulannya. Supaya lebih mudah, kamu bisa menggunakan layanan dari Blibli Dengan Blibli, kamu nggak perlu lagi datang ke kantor asuransi secara langsung atau melakukan pembayaran melalui loket pembayaran. Cukup ikuti langkah bayar premi asuransi berikut!

  • Kunjungi situs resmi Blibli menggunakan web browser kamu
  • Pada halaman utama Blibli, pilih menu ‘Tagihan dan Isi Ulang’
  • Selanjutnya, pada halaman yang ditampilkan pilih menu ‘Premi Asuransi’ pada sub menu ‘Tagihan’
  • Setelah itu, kamu bisa memilih nama perusahaan asuransi yang kamu gunakan
  • Lalu masukkan nomor polis kamu dengan baik dan benar
  • Klik ‘Lihat Tagihan’ untuk memunculkan jumlah premi asuransi yang harus kamu bayar
  • Terakhir, selesaikan pembayaran premi asuransimu

Mudah dan praktis banget bukan langkah bayar premi asuransi yang ada di atas? Kamu bisa mengikuti langkah di atas hingga langkah ke enam untuk sekedar cek jumlah tagihan premi asuransimu. Kamu juga bisa mengikuti langkahnya hingga akhir untuk sekalian membayar tagihan premi asuransimu. Memang cuma Blibli yang bisa memberikanmu kemudahan untuk segala transaksi pembayaran secara online.


BACA JUGA: Belanja Pakai Combine Payment with Blipay

Kalau ada cara cek dan bayar tagihan premi asuransi yang mudah dengan Blibli, ngapain cari yang sulit? cuma dengan Blibli kamu bisa melakukan pembayaran tagihan premi asuransi maupun tagihan lainnya dengan cepat, mudah, dan pastinya aman. 

Apalagi Blibli sudah bekerjasama dengan banyak lembaga asuransi. Jadi nggak ada alasan lagi untuk ragu menggunakan layanan dari Blibli untuk bayar premimu! Yuk, buruan deh kunjungi Blibli dan cek dan bayar tagihan premi asuransi di sini untuk dapetin banyak bonus menarik di setiap harinya.

Tag: