me

Cara Bayar Pajak Daerah, Mudah Banget Ternyata

Jul 04, 2022.By
Bagikan

image source: www.pexels.com

Pajak daerah ini merupakan kontribusi wajib pada daerah yang bersifat perorangan atau badan, yang nantinya dipakai untuk keperluan daerah. Dengan kata lain, uang dari pajak daerah ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintahan yang mencakup masyarakat, sarana dan prasarana. Pajak daerah ini bersifat wajib, lho. Jadi, Blibli Friends harus rutin ya bayar pajak daerahnya.

Sebagai warga negara yang baik, sudah selayaknya kita perlu bayar pajak, termasuk pajak daerah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan anggaran pendapatan daerah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Buat yang masih bingung gimana cara bayar yang mudah, simak cara bayar pajak daerah berikut ini, yuk!

banner artikel digital

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Kredit BCA di Blibli


Cara Bayar Pajak Daerah, Mudah Banget Ternyata

Di era yang seba digital ini, semua hal bisa dilakukan secara online, yang artinya semuanya bisa menjadi lebih mudah dan simple. Perkembangan teknologi saat ini patut diacungi jempol, karena bisa memudahkan aktivitas Blibli Friends, mulai dari shopping keperluan fashion, perlengkapan rumah, peralatan dapur, dan lain sebagainya. 

Blibli Friends juga bisa melakukan pembayaran untuk pendidikan, PLN, PDAM, internet, hingga pajak daerah, lho. Selain itu, banyak pula pembayaran lain yang bisa dilakukan secara online. Pembayaran pajak pun terasa mudah dan nggak perlu ribet lagi Blibli Friends nggak harus datang ke kantor pajak dan segala macamnya. 

Cukup dengan mengakses salah satu aplikasi yang ada pada smartphone Blibli Friends masing-masing, maka proses pembayaran bisa dilakukan dengan simple melalui metode pembayaran yang sudah tersedia, misalnya dari transfer antar atm, mobile banking, mini market, lalu e-wallet lainnya.

Pengertian Pajak Daerah

Pajak daerah merupakan sebuah tagihan yang ditanggungkan pada Blibli Friends yang tinggal di sebuah daerah tertentu dan bersifat wajib. Pajak daerah ini bisa menjadi kontribusi Blibli Friends sebagai warga masyarakat yang tinggal di daerah tertentu, agar bisa digunakan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik lagi.

Nah, dari pajak daerah inilah, pemerintah daerah bisa menggunakannya buat membiayai pelaksanaan kegiatan atau agenda dari pemerintah daerah tersebut. Biaya pelaksanaan kegiatan tersebut pada akhirnya bisa membantu meningkatkan pelayanan, kemandirian, dan kemakmuran kepada warga masyarakat sekitarnya.

Blibli Friends perlu tahu nih apa saja yang termasuk ke dalam pajak daerah. Pajak daerah ini dibagi menjadi dua, yaitu pajak provinsi dan pajak kota atau kabupaten. Kedua jenis pajak ini sama-sama memberikan kontribusi untuk pembangunan, perbaikan fasilitas umum, serta kontribusi untuk peningkatan kemakmuran warga masyarakat daerah tersebut.

Jenis-jenis dan Tarif Pajak Daerah

Jika dilihat dari jenis-jenis pajak daerah, pemerintah sudah membaginya ke dalam dua jenis, yaitu Pajak Propinsi dan Pajak Kota atau Kabupaten. Nah, ini yang perlu Blibli Friends pahami agar tahu lebih detail tentang pajak yang sudah diatur ke dalam UU No. 28 Tahun 2009. Yuk, simak lebih lanjut lagi, apa sih jenis-jenis pajak yang ada di daerah.

Jenis pajak pertama adalah Pajak Provinsi. Pajak Propinsi ini terdiri dari; Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Pajak Rokok, Pajak Air Permukaan, dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Sedangkan untuk jenis pajak kedua adalah Pajak Kota atau Kabupaten, yang terdiri dari; Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Restoran, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, Pajak Sarang Burung Walet, serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.

Tarif pajak daerah pun sudah diatur juga oleh pemerintah, misalnya untuk Pajak Kendaraan Bermotor pertama dikenakan 2%, dan akan meningkat sebesar 0.5% setiap pemindahan kepemilikan. Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dikenakan 5%, Pajak Rokok ini dikenakan sebesar 10%, Pajak Air Permukaan dikenakan 20%, dan lain sebagainya.

Cara Bayar Pajak Daerah Menggunakan Blibli

Dilihat dari perkembangan teknologi yang semakin baik, hal ini juga membuat banyaknya badan usaha atau bahkan badan pemerintahan yang memanfaatkannya, terutama dalam jaringan internet. Nah, adanya jaringan internet ini sama saja memudahkan semua aktivitas Blibli Friends untuk melakukan semua kebutuhannya, mulai dari berbelanja, membayar tagihan listrik dari PLN, hingga pajak.

Selain itu, dari perkembangan teknologi, banyak pula bermunculan aplikasi-aplikasi yang bisa memudahkan Blibli Friends untuk melakukan aktivitas berbelanja dan pembayaran hal-hal yang dibutuhkan, misalnya salah satunya adalah Blibli. Berikut adalah cara bayar pajak daerah menggunakan Blibli :

  • Blibli Friends harus memastikan untuk men-download dan meng-install aplikasi Blibli pada smartphone atau mengaksesnya melalui browser.
  • Blibli Friends harus membuat akun untuk memudahkan aktivitasnya di Blibli.
  • Setelah memiliki akun, Blibli Friends bisa langsung mengakses halaman utama Blibli, dan pilih ‘Lihat Semua’ pada menu kategori yang tersedia.
  • Setelah itu, Blibli Friends bisa memilih menu ‘Pajak Daerah’ yang tersedia, isilah dengan wilayah sesuai dengan tempat tinggal, serta Nomor Objek Pajak (NOP).
  • Langkah terakhir, Blibli Friends bisa melihat tagihan yang ditanggungkan, dan memilih metode pembayaran yang tersedia.

Dengan adanya Blibli, Blibli Friends nggak perlu repot harus datang ke kantor pajak untuk membayar pajak daerah, karena hanya dengan menggunakan smartphone, semuanya bisa teratasi dengan mudah dan cepat.

Apa Bayar Pajak Menggunakan Blibli Aman

Setiap hal yang berhubungan dengan aktivitas keuangan Blibli Friends, tentu harus dipastikan keamanannya, dong. Lalu, gimana sih caranya Blibli Friends memastikan kalau aktivitas keuangan yang dilakukan sudah terjamin keamanannya? Apalagi, saat ini banyak sekali terjadi tindak penipuan dari pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab. 

Salah satu hal yang mudah untuk dilakukan dalam memastikan keamanan yang akan dilakukan dalam aktivitas keuangan adalah sudah terdaftarnya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nah, bagi Blibli Friends yang masih bingung memilih aplikasi manakah yang aman untuk aktivitas keuangannya, jawabannya adalah di Blibli.

Blibli berani menjamin keamanan data dan aktivitas keuangan Blibli Friends, karena setiap transaksinya akan dilindungi. Di Blibli, setiap akun akan diverifikasi dengan lebih lanjut untuk menghindari kemungkinan terjadinya tindak penipuan. Selain itu, Blibli juga bisa melakukan pembekuan dana apabila diduga sudah terjadi kecurangan yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Makanya, Blibli Friends nggak perlu khawatir akan terjadi tindak penipuan, karena sebelum uang masuk ke rekening penyedia jasa, uang tersebut akan terlebih dulu masuk ke rekening Blibli. Masih kurang aman gimana lagi coba, bayar pajak di sini?


BACA JUGA: Cara Beli Sayur Online di Bliblimart

Gimana Blibli Friends, masih kurang yakin bayar pajak daerah di Blibli? Akun penyedia jasa sudah terverifikasi oleh Blibli, jadi sudah bisa dipastikan bayar pajak daerah menggunakan Blibli sangat aman dan terjamin. Yuk, segera bayar pajak daerah di sini sekarang juga!

Tag:
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel