me

Cara Bayar E-Samsat

Jul 05, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: e-samsat.id

Cara Bayar E-Samsat – Pernah dengar istilah E-Samsat? Namanya mungkin sudah nggak asing lagi karena mengingatkan kamu sama tempat bayar pajak kendaraan. E-Samsat memang bagian dari program Samsat yang dibuat untuk membantu kamu mengakses fitur dan program yang ada di Samsat.

Nah, Blibli Friends udah tau belum kalau bayar pajak kendaraan sekarang ga perlu ke samsat lagi? E-Samsat tadi dibuat dengan tujuan menjembatani masalah pembayaran pajak tadi. Pas banget kan? Kamu bisa cek cara bayar E Samsat yang pastinya mudah dan cepat berikut ini.

banner artikel digital

BACA JUGA: Perbedaan Prabayar dan Pascabayar, Cek Selengkapnya


Sekilas Tentang E-Samsat

Sekilas tentang E-Samsat yang perlu kamu ketahui! Kalau dari namanya kamu mungkin sudah punya sedikit gambaran tentang apa itu E-Samsat dan kenapa Samsat menawarkan jasa online. Pertama-tama, diberi nama e-Samsat karena untuk memudahkan pelanggan mengingat Samsat. E-Samsat saja dengan istilah samsat online. Samsat jenis ini disediakan untuk menjadikan proses bayar pajak terasa lebih ringan dan cepat. Kamu bisa menggunakan E-Samsat untuk melakukan pembayaran tahunan. .

Apa saja yang dilayani oleh E-Samsat? Tentunya semua produk yang membutuhkan jasa petugas Samsat. Hal-hal yang bisa kamu lakukan lewat E-Samsat adalah mengesahkan STNK dan pembayaran PKB. Semuanya bisa dilakukan secara online karena setiap pihak berusaha agar pelayanan online bisa bekerja lebih baik. Cara seperti ini akan membantu setiap pihak merasa nggak terbebani oleh pekerjaan yang berkaitan dengan Samsat. Nggak cuman kamu aja tapi hampir semua pekerja E-Samsat merasa sulit kalau antrian yang harus mereka layani tinggi.

Kelebihan E-Samsat yang akan kamu rasakan saat menggunakan produk ini adalah kamu bisa mengakses setiap informasinya secara lebih cepat. Akses informasi disini nggak sekedar informasi seputar pembayaran aja  tapi juga mencari informasi seputar berapa harga tagihan yang harus dibayar. Kamu bisa cek informasinya dan bisa menyiapkan tabungan menjelang jadwal bayaran tiba. Kamu juga bisa membuat pengingat tiap bulannya agar nggak males dan nggak terlewat.

Kelebihan lainnya dari E-Samsat yang bisa kamu pelajari adalah situsnya bisa dikunjungi kapanpun dan nggak akan bikin aplikasi atau situs Samsat jadi down. Semuanya bisa tercover dengan sempurna dan dengan kecepatan akses internet yang sempurna juga. Kamu bisa lakukan cek produk kapanpun kamu membutuhkannya. Berbeda dengan dunia nyata yang membutuhkan antri, berkunjung ke E-Samsat bisa dilakukan bareng di waktu yang sama tanpa perlu khawatir situs atau aplikasi E-Samsat jadi bermasalah karena kunjungan kamu.

Syarat dan Ketentuan Bayar E-Samsat

Sudah tau kan apa itu E-Samsat dan apa saja kelebihan E-Samsat yang bisa kamu dapatkan sejak pemakaian dan perkenalan awal. Sekarang waktunya bahas apa saja syarat atau ketentuan yang kamu butuhkan untuk bayar E-Samsat. Sebenernya syarat dan ketentuan bayar ini sama saja kayak syarat san ketentuan bayar secara manual. Bedanya hanya pada format berkas. Jika manual, seluruh berkas bisa di print dan diserahkan langsung. Masalahnya hal tersebut nggak berlaku untuk pembayaran E-Samsat.

Syarat bayar E-Samsat pertama yang perlu kamu perhatikan, pertama kendaraan kamu merupakan kendaraan yang aman. Nggak ada kendaraan bahaya, nggak ada pengawasan di jalan dan pastikan motor yang kamu pakai adalah motor bersih yang bukan hasil curanmor. Kedua, siapkan nomor telepon seluler yang aktif. Nomor telepon ini nantinya akan digunakan untuk data pribadi kamu. Jika sewaktu-waktu ada kendala terkait syarat dan ketentuan yang berlaku, pihak samsat bisa langsung menghubungi nomor yang bersangkutan.

Syarat dan ketentuan lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah, menyiapkan nomor rekening dan ATM. Untuk ATM yang bisa kamu gunakan adalah ATM dari bank BJB, BNI dan BCA. Kalau kamu belum punya ATM dari salah satu bank yang sudah disiapkan di atas berarti kamu wajib bikin dulu. Kalau memang nggak ada dan bingung mau pakai ATM apa, kamu bisa meluangkan waktu bikin akun baru.

Ketentuan lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah, pembayaran pajak ini berlaku untuk jenis pembayaran tahunan. Kamu ngga bisa memanfaatkan layanan ini untuk melakukan pembayaran sekaligus pergantian STNK. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah, hanya bisa berlaku perseorangan. Syarat ini nggak terlalu rumit karena aksesnya bisa didapat  dengan cara yang lebih mudah dan kamu bisa memenuhi setiap syaratnya. Sisanya, kamu tinggal mengikuti arahan yang muncul selama membuka halaman Blibli.

Hal yang nantinya perlu kamu siapkan adalah membiasakan diri untuk bertransaksi secara online. Pilihan media bayar yang tersedia dibuat agak bermotif agar kamu bisa berpindah dari satu situasi ke jarak tertentu dengan lebih siap. Cara ini memungkinkan kamu untuk mencoba berbagai metode transaksi dan mencari materi yang lebih mudah lagk.

Cara Bayar E-Samsat dengan Blibli

Oke, dua pembahasan sebelumnya sudah cukup mewakili rasa penasaran yang muncul dan alasan kenapa harus bertransaksi menggunakan e-Samsat. Sekarang waktunya belajar gimana bayar tagihan Samsat. Bayar tagihan Samsat ini bisa kamu lakukan via Blibli, lho. Berikut tata caranya:

  • Ketuk jendela Blibli jika menggunakan laptop. Tapi kalau kamu nggak punya aplikasinya, kamu bisa membukanya menggunakan website.
  • Pilih opsi “pilih semua” untuk membuka lebih banyak informasi dan layanan yang diberikan lebih Blibli.
  • Cari ikon bertuliskan “digital” . Jika sudah ketemu, bisa langsung Anda akan sesuai kebutuhan kamu
  • Jika jendela yang kamu pilih adalah jendela yang tepat, kamu akan menemukan tulisan Salmonas.
  • Kamu akan diminta menulis nomor tagihan yang dulu didaftarkan untuk mengecek nominal tagihan yang dibutuhkan.

Selanjutnya kamu bisa langsung bayar dari Blibli atau menggunakan jasa.lainnya? Jawabannya tergantung pada kenyaman kamu. Kamu bisa pilih metode bayar secara bebas atau minimal menggunakan metode bayar yang biasa kamu gunakan di rumah. Pada dasarnya Blibli memberikan ruang dan tawaran metode bayar yang lumayanlah lengkap seperti pembayaran melalui gerak Alfamart dan Indomaret, pembayaran menggunakan Blipay dan masih banyak lagi.

Hal yang kamu inget adalah, semua hal ini diciptakan agar kamu bisa lebih santai dan lebih siap menggunakan E-Samsat dalam melakukan pembayaran jenis apapun yang mereka butuhkan. Jadi kalau kamu merasa informasi ini terlalu rumit, kamu bisa rutin belajar lagi dan membacanya lagi nanti saat pikiranmu sudah lebih siap. Kamu akan melihat kalau orang-orang di sekitarmu memiliki niat belajar tinggi dan nantinya kamu akan menjadi pelajar juga.


BACA JUGA: Waktu yang Tepat Bayar Tagihan, Dapat Cashback dan Cicilan 0%

Gimana, gampang kan proses pembayarannya? Kamu nggak perlu ngeluarin banyak tenaga dan nggak perlu buang-buang waktu demi bayar pajak. Jadi bisa nih kamu bayar pajaknya dari manapun saat masa pembayarannya tiba. Kamu juga bisa memasang pengingat untuk memastikan jadwal pembayarannya nggak terlewat.

Nah, untuk kemudahan aksesnya kamu bisa cobain pembayaran E-Samsat lewat Blibli ya. Langkah-langkah pembayarannya sudah tersedia di ulasan sebelumnya, kamu tinggal baca ulang dan praktekkan langsung. Biar bisa langsung praktek yuk bayar E-Samsat di sini.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya