Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android Lemot

Penyakit smartphone memang bermacam-macam apalagi kalau kamu sudah menggunakan satu smartphone dalam waktu yang lama. Dari fisik, bisa saja smartphone kamu sudah banyak goresan pada bodi atau layar. Kalau urusan ini, kamu bisa cegah dengan pakai case atau simpan di dalam sebuah pouch saat tidak dipakai. Namun, apa jadinya kalau urusannya sudah smartphonelemot?

Apa pun merek dan variannya, semua smartphone Android bisa saja menurun kerjanya dan menjadi lemot. Ada banyak sebab yang bisa buat smartphone Android kamu mengalami hal seperti itu, Friends. Ada kalanya lemot karena kesalahan kamu, tapi kadang terjadi dari dalam sistemnya.

Kalau ada masalah, pasti ada solusinya, kan. Yuk, cari tahu cara mengatasi smartphone Android yang mendadak lemot supaya bisa kembali ngebut!

1. Mengurangi Pemakaian Memori

 

Ada dua memori yang sangat memengaruhi performa smartphone. Random-Access Memory atau yang biasa disebut RAM jadi bagian yang sering jadi penyebab utamanya. RAM biasa diibaratkan sebagai sebuah ‘roda’ untuk menjalankan aplikasi dalam smartphone. Semakin besar RAM, semakin banyak dan cepat pula aplikasi yang bisa dijalankan dalam satu waktu.

Nah, sekarang coba perhatikan kapasitas RAM yang ada dalam smartphone kamu. Jika tidak lebih besar dari 4 GB, sebaiknya kamu tidak menjalankan banyak aplikasi. Jangan lupa untuk menutup aplikasi saat tidak digunakan.

Selain itu, memori penyimpanan pun sedikit-banyak akan memengaruhi performa smartphone. Semakin banyak kamu menyimpan data seperti aplikasi, foto, video, atau dokumen di dalam smartphone, performanya akan menurun. Alangkah baiknya menghapus aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan dan memindahkan foto ke layanan cloud.

PILIHAN SMARTPHONE DENGAN MEMORI BESAR ADA DI SINI

2. Tidak Pakai Launcher Berat dan Widget Berlebihan

Via menosfios.com

Launcher mungkin akan buat smartphone kamu lebih personal. Sayangnya, beberapa launcher malah bisa bikin smartphone kamu berjalan lebih lambat. Kadang ada launcher yang menggunakan animasi 3-D yang memakan lebih banyak RAM. Nah, sebaiknya pilih launcher yang ringan, tapi tetap bikin smartphone kamu terlihat lebih keren.

Kalau memang tidak terlalu perlu, sebaiknya tidak memasang widget terlalu banyak juga, Friends. Fitur pemberitahuan cuaca atau kolom pencarian singkat juga sebenarnya tidak terlalu penting, loh. Kamu bisa mencarinya semuanya di dalam kumpulan aplikasi di smartphone, kan?

INILAH PILIHAN SMARTPHONE DENGAN HARGA TERJANGKAU

3. Tidak Lupa Menghapus Cache secara Rutin

Cache adalah ruangan untuk menyimpan data sementara dari aplikasi atau browser yang pernah kamu gunakan sebelumnya. Dengan adanya cache, kamu akan lebih cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan apalagi kalau aplikasi tersebut sering digunakan. Masalahnya, cache juga akan menumpuk dalam memori dan bikin smartphone Android kamu lemot.

Untuk mengatasinya, kamu harus rutin menghapus cache dari aplikasi setting di smartphone Android kamu. Bukan hanya cache, semua data yang pernah kamu download dan history yang ada di aplikasi pencarian pun harus dihilangkan dengan rutin.

CEK SMARTPHONE ANDROID TERBAIK DI SINI

4. Update Software Dalam Smartphone

Jangan pernah abaikan notifikasi untuk meng-update software di smartphone kamu. Meng-update software pastinya akan buat performa menjadi meningkat karena penyedia layanannya akan terus memperbaiki sistem yang ada. Bukan hanya sistem operasinya saja, loh, kamu juga perlu meng-update semua aplikasi yang ada di dalam smartphone.

Melakukan pembaruan sistem dan software yang ada pun akan mengetahui sisa umur smartphone kamu. Saat kamu sudah tidak lagi mendapatkan update dari penyedia layanannya, itu tandanya smartphone kamu yang sudah saatnya harus diganti dengan yang baru.

SMARTPHONE DENGAN SISTEM OPERASI TERBARU DI SINI

Kalau performa smartphone kamu sekarang sudah mulai menurun, coba deh lakukan cara-cara di atas. Namun, tidak ada salahnya juga kalau kamu mau mengganti smartphone baru yang punya spesifikasi lebih tinggi dari yang kamu punya sekarang. Langsung cek halaman Blibli.com ya untuk cari pilihan smartpnone yang cocok untuk kamu.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY