Ini Dia 6 Cara Ampuh Basmi Tungau di Rumah

Hunian nyaman adalah idaman bagi setiap orang. Kenyamanan hunian nggak hanya ditentukan dari dekorasi yang tertata cantik saja. Rumah yang nyaman juga harus bersih dan sehat. Nah, salah satu hal yang kerap ditemukan dan sangat mengganggu para penghuni rumah adalah kehadiran tungau.

Ya! Makhluk mikro ini yang tak (selalu) kasat mata ini kehadirannya benar-benar sangat menyebalkan.

Gimana nggak? Gigitan tungau bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu di kulit, belum lagi memicu alergi. Tentunya hal ini akan mengurangi kenyamanan bagi para penghuni rumah. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tungau di rumah?

Simak tips dan triknya berikut ini.

1.Jangan biarkan ruangan lembap

Photo by Pexels

Ruangan lembap menjadi tempat ideal bagi tungau untuk berkembang. Pastikan agar sirkulasi ruangan di rumah tetap lancar dengan cara rajin membuka jendela agar terjadi pergantian udara. Selain itu, Friends juga bisa menyiasatinya dengan air purifier yang membuat kualitas udara tetap bersih dan terjaga.

JAGA KUALITAS UDARA DENGAN PILIHAN AIR PURIFIER INI

2. Rajin mengganti perangkat tidur

Photo by Pexels

Tahukah Friends kalau tungau suka memakan sel-sel kulit mati dari manusia? Saat tidur biasanya pelepasan sel kulit mati terjadi dan mengendap di perangkat tidur. Alhasil, itu menjadi sumber makanan bagi para tungau.

Itu sebabnya, pastikan kamu rajin mengganti seprai, sarung bantal, dan selimut minimal satu minggu sekali. Ketika mencuci tekstil tersebut, ada baiknya gunakan air panas (yang bisa ditolerir tekstil tersebut) untuk membantu membasmi tungau yang menempel di sana.

3. Jemur kasur secara rutin

Photo by Pexels

Kasur atau matras merupakan tempat tinggal favorit para tungau. Jangan biarkan mereka menjadikan tempat istirahat ternyaman itu menjadi ‘kerajaannya’. Salah satu cara mencegah hal itu terjadi adalah dengan menjemur kasur, bantal, dan guling secara rutin. Dengan menjemur di bawah sinar matahari, maka tungau pun akan enggan untuk bersarang di kasur.

4. Gunakan air garam

Photo by Pexels

Cara simpel lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat larutan garam dan air yang lalu disemprotkan pada area kasur yang berpotensi menjadi sarang tungau. Setelah disemprotkan, tungau akan keluar dari sarangnya dan mati.

5. Jaga kebersihan kamar

Photo by Pexels

Ternyata, membersihkan kasur saja tidak cukup. Kamu juga harus membersihkan kamar secara rutin. Pastikan agar tak ada debu yang menumpuk di pojok kamar ataupun sisi lainnya. Dengan cara ini maka tungau pun tak akan betah untuk bersarang dalam ruangan kamarmu yang bersih.

6. Andalkan vacuum cleaner

Photo by Pixebay

Vacuum cleaner bisa diandalkan untuk mengatasi tungau di rumah. Kamu bisa menggunakannya juga untuk menyedot debu pada karpet, kasur, dan boneka, dan lain sebagainya sehingga tak ada lagi debu yang tersisa. Pilih produk vacuum cleaner yang praktis dengan daya sedot yang kuat sehingga mampu menyedot partikel kecil, termasuk tungau di dalam rumah.

Blibli.com menghadirkan produk vacuum cleaner yang tepat untuk menjadikan rumah lebih bersih dan nyaman. Mamibot UV Lite 100 Mite & Allergen Vacuum Cleaner dapat membersihkan rumah berkat kemampuannya menyedot tungau, debu, atau partikel mikro penyebab penyakit di dalam rumah. Uniknya, vacuum cleaner berukuran kecil ini bisa membersihkan rumah secara leluasa karena nirkabel atay tanpa kabel. Hmm, penasaran? Cek info selengkapnya serta promo menariknya di sini.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY