Cara Aman Belanja Online supaya Lebih Nyaman dan Menenangkan

cara aman belanja online

Cara Aman Belanja Online ー Saat ini semakin banyak orang yang lebih memilih untuk belanja secara online. Selain lebih menghemat waktu, belanja online juga terkenal dengan harganya yang murah. Sekalipun perlu membayar biaya ongkos kirim, nyatanya banyak situs online yang kerap menawarkan promo gratis ongkir. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari belanja online. Nggak heran, kian hari akan semakin banyak orang yang tertarik dan memutuskan untuk belanja online.

Meski begitu, masih ada juga orang-orang yang merasa ragu dan was-was saat akan belanja online. Ketakutan akan mengalami tindak penipuan selalu terbesit di benak mereka yang masih ragu. Hal ini terbilang masuk akal mengingat belanja online membuat kamu nggak bisa melihat barangnya secara langsung. Tapi, bukan berarti kamu langsung memutuskan untuk nggak belanja online, ya. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat aktivitas belanja online menjadi lebih aman. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut sampai habis, ya.

BACA JUGA: TIPS PINTAR MEMAKSIMALKAN PROMO BANK

_________________

  1. Belanja di Situs Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk belanja, kamu perlu terlebih dahulu mencari tahu reputasi dari situs yang kamu pilih. Hindari belanja online di situs abal-abal, sekalipun mereka menawarkan promo dan harga yang murah. Situs jual beli online yang terpercaya tentu akan dilengkapi dengan informasi mengenai perusahaannya, diantaranya seperti nomor telepon Customer Service dan alamat email. Cari tahu juga informasi melalui internet atau kerabat dekat yang pernah belanja online di situs pilihan kamu. Jika memang terbukti terpercaya, kamu nggak perlu lagi ragu untuk mencari produk kebutuhanmu.

  1. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Proses pembayaran belanja online juga seringkali dilakukan tanpa tatap muka secara langsung. Sehingga Blibli Friends perlu benar-benar memilih metode pembayaran yang aman. Jika metode pembayaran yang kamu pilih terasa mencurigakan, sebaiknya cari tahu metode pembayaran lain yang memang terbukti aman. Jika memang harus melalui transfer, pastikan nomor rekening penerima bukanlah nomor rekening palsu dari oknum tak bertanggung jawab. Biar lebih aman lagi, sebaiknya kamu belanja di e-commerce yang memang terbukti aman karena transfer uang akan dikirimkan langsung pada rekening perusahaan. Untuk membuat kamu lebih aman lagi, nggak ada salahnya jika kamu memilih metode pembayaran COD atau cash on delivery.

  1. Pastikan Menggunakan Koneksi Pribadi (Bukan Wifi Umum)

Saat kamu melakukan proses belanja online, sebaiknya kamu menggunakan koneksi jaringan pribadi. Menggunakan koneksi jaringan WiFi yang bisa diakses secara umum hanya membuka lebar kesempatan bagi para hacker untuk mendapatkan informasi data diri kamu secara detail. Jika hal ini terjadi, tentu akan sangat membahayakan. Untuk menghindarinya, lebih baik gunakan kuota data atau WiFi pribadi saat kamu akan melakukan belanja online. Lebih baik waspada untuk menghindari hal buruk, kan?

  1. Simpan Bukti Transaksi

Setiap kali selesai melakukan pembayaran, kamu akan langsung mendapatkan bukti transaksi yang biasanya dikirim melalui email. Simpan bukti transaksi tersebut dengan baik untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Jika terjadi kesalah pahaman antara kamu dan penjual, kamu bisa membuktikannya dengan bukti transaksi yang sudah disimpan. Sebelum barang pesanan kamu tiba di rumah, selalu simpan bukti transaksi dengan baik, ya?

_________________

BACA JUGA: HAL YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM BERBURU MIDNIGHT SALE

Dengan menerapkan empat cara yang telah disebutkan di atas, bisa dipastikan bahwa aktivitas belanja online kamu terjamin keamananya ya! Jika sudah semakin yakin untuk belanja, stay tuned terus di Blibli karena akan ada kejutan yang buat pengalaman belanja kamu jadi lebih menyenangkan. Tunggu tanggal mainnya, ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY