Wanita mana sih yang nggak mau punya tampilan wajah yang cantik dan sehat. Apapun rasanya akan dilakukan untuk mempercantik bagian tubuh yang satu ini. Mulai dari mengatur makan, membeli kosmetik, hingga mendatangi dokter kecantikan luar negeri.

Beberapa wanita bahkan rela menghabiskan biaya hingga jutaan rupiah untuk setiap perawatannya. Padahal ada cara mudah dan sederhana yang bisa mempertahankan kesehatan kulit wajah loh!

Kali ini, Blibli Friends akan membagikan 10 rahasia sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan kulit wajahmu! Apa saja? Yuk, simak!

1. Hindari posisi tengkurap saat tidur

Via – The Huffington Post

Posisi tengkurap saat tidur memungkinkan wajahmu menempel pada bantal semalaman. Hal ini membuat kulit tertekan bantal dan kekurangan oksigen. Posisi ini juga menimbulkan sleeping line pada wajah, leher, dan dada. Jika dilakukan terus-menerus akan menyebabkan perubahan struktur kulit permanen bahkan memicu keriput.

2. Hapus makeup secara lembut

Via – healthandlovepage

Menghapus riasan pada wajah sebelum tidur memang penting. Gunanya untuk menghindari penyumbatan pori-pori saat tidur sehingga dapat menghindari timbulnya jerawat.

Hanya saja, kamu perlu hati-hati dalam membersihkannya. Pelan-pelan menghapus makeup akan menjauhkan wajahmu dari iritasi. Gosoklah dengan lembut menggunakan tisu atau kapas sambil sesekali dipijat secara halus.

3. Membasuh muka dengan air bersuhu normal

Via – healthandlovepage

Banyak orang memilih air panas untuk membasuh muka. Alasannya beragam, mulai dari dapat membuka pori-pori hingga membunuh kuman atau bakteri yang menempel. Namun, air yang terlalu panas justru akan menghilangkan minyak alami wajah dan membuatnya kering, gatal, dan memerah. Untuk itu, sebaiknya selalu basuh mukamu dengan air bersuhu normal, ya!

4. Stop memencet jerawat!

Via – Virtu

Ingin kulit wajahmu tetap mulus? Sebaiknya kamu hindari memencet atau memegang jerawat. Kebiasaan yang satu ini hanya akan meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Terlebih jika tanganmu dalam keadaan kotor! Jerawat bukannya sembuh, malah semakin parah. Memang butuh kontrol diri tinggi untuk ini.

5. Hindari facial foam berbentuk scrub

Via – The Independent

Sabun cuci muka jenis scrub memang banyak dipilih karena kemampuannya dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Namun jika sering dipakai, apalagi jika kamu menggosokkannya secara kasar, maka kulit wajah menjadi mudah keriput dan kering. Terlebih jika kulit wajahmu sensitif, jangan heran jika mudah iritasi.

6. Istirahat yang cukup dan jangan begadang

Via – HealthFacts

Tidur merupakan waktu yang sangat penting bagi sel-sel kulit untuk memperbaiki diri dari kerusakan. Saat kamu tidur, hormon perbaikan sel-sel akan diproduksi lebih banyak.

Jadi, jika kurang tidur, maka proses regenerasi kulit nggak akan berjalan optimal. Akibatnya, lapisan kulit melemah. Kulit akan menjadi kusam, keriput sebelum waktunya (cepat tua) dan mudah timbul jerawat.

7. Pakai sunscreen setiap kali keluar rumah

Via – Reader’s Digest

Pemakaian tabir surya masih sering disepelekan oleh banyak wanita. Padahal, sunscreen dapat melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar ultra violet. Meski hanya beberapa menit, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan menimbulkan kerutan. Lebih mengerikan lagi, kerusakan kulit yang serius bisa menyebabkan kanker kulit melanoma.

8. Remajakan kulit wajah dengan spa

Via – marinasandbay

Spa wajah juga perlu loh, agar kulit wajah kamu tetap kencang dan berseri. Jika dilakukan secara rutin, pori-pori di wajahmu akan mengecil dan membuat kulit wajahmu cerah merona. Untuk itu, sesekali luangkan waktumu untuk mengunjungi salon kecantikan untuk melakukan hal yang satu ini, ya!

9. Buat masker alami untuk wajah

Via – Makeup Jurnal

Wajah memang perlu dimasker agar kelenturannya tetap terjaga dan selalu sehat. Jika kamu ingin kulit wajahmu tetap sehat, buatlah masker alami yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran. Seperti tomat, alpukat, dan mentimum. Jika tak ada waktu, kamu juga bisa menggunakan masker yang kualitasnya sudah terpercaya dengan membelinya di Blibli.com.

10. Jangan menempelkan ponsel ke wajah

Tahukah nggak, penelitian baru-baru ini menunjukkan kalau ponsel memiliki bakteri yang lebih banyak daripada dudukan toilet? HAH?!

Tentunya kamu nggak mau kan, bakteri-bakteri tersebut berpindah ke wajah kamu? Untuk itu mulai sekarang coba untuk menghindari kebiasaani menempelkan ponsel ke wajah saat menelepon. Alternatifnya kamu bisa gunakan speaker atau headset saat menerima panggilan.

Ternyata banyak juga, ya hal sepele yang bisa membantu menjaga kulit wajahmu agar tetap sehat. Merawat kulit wajah memang nggak boleh dianggap remeh, karena wajah merupakan aset seumur hidup. Sanggupkah kamu melakukan 10 hal di atas?

Nah, agar wajahmu tetap sehat hingga tua nanti, Blibli.com punya segudang pilihan perawatan kecantikan yang bisa kamu pilih. Mulai dari moisturizer, pencuci muka, hingga serum wajah dan masih banyak lagi! Tunggu apa lagi, yuk sehatkan kulit wajahmu sekarang juga!

11. - November 15, 2017