Si Kecil Susah Minum Air Putih? Atasi dengan Cara Ini Moms!

Memenuhi cairan tubuh sangatlah penting. Salah satunya bisa dipenuhi dengan minum air putih yang cukup. Nggak pandang berapa usianya, minum air putih, sudah wajib hukumnya!

Bagi orang dewasa, tentunya sudah paham akan mencukupi hidrasi tubuh. Dengan sendirinya, kita akan minum air putih kapan saja, dan terutama di saat kita haus.

Tapi ternyata, hal ini nggak terjadi pada anak kecil. Air putih memiliki rasa tawar. Bahkan warnanya juga bening, sehingga kurang menarik bagi anak-anak. Bahkan banyak juga Moms yang mengalami kesulitan untuk menyuruh sang buah hati minum air putih.

Sebenarnya, ada nggak sih cara mudah untuk menjadikan si kecil mudah minum air putih?

Minum Air Putih Bersama 

Moms, anak kecil perlu pendampingan dan contoh untuk membiasakan dirinya pada hal baru. Banyak hal yang dipelajari oleh anak-anak, dan biasanya mulai dari yang terdekat. Sebagai orangtua, kita wajib memberi contoh pada anak. Jangan cuma menyuruh si kecil untuk minum air putih, mulailah dengan mengajaknya minum bersama sehingga ini akan jadi contoh yang baik baginya.

TEMPAT MINUM CANTIK BERKARAKTER ELSA AGAR SI KECIL LEBIH SEMANGAT MINUM

Jadikan Sebagai Permainan

Jika membiasakan minum bersama tidak efektif, jangan putus asa! Jadikan minum air putih sebagai kompetisi, sehingga membuat sang anak merasa tertantang dan merasa fun. Dengan cara ini, biasanya si kecil akan semangat untuk berkompetisi.

Berikan Reward

Oke, si kecil mulai pintar untuk minum air putih? Saatnya memberi reward agar ia merasa senang. Di saat sudah mulai timbul kesadaran minum air putih, maka berikan hadiah kecil yang ia suka untuk meyakini bahwa kesadaran tersebut sangatlah positif dan baik dilakukan.

KOLEKSI MAINAN BERTEMA FROZEN SEBAGAI REWARD UNTUK SI KECIL

Kasih Pengertian yang Sederhana 

Menyikapi anak kecil memang harus dihadapi secara spesial. Anak kecil perlu diberi pemahaman atas apa yang ia nggak suka. Jika ia menangis dan selalu menolak minum air putih, maka berikan penjelasan mengapa minum air putih itu penting.

Jelaskan apa manfaatnya dan apa efek buruknya jika nggak suka minum air putih. Buatlah cerita semenarik mungkin dan secara sederhana, sehingga anak dapat mencerna dengan mudah apa yang kamu sampaikan.

KOLEKSI PERLENGKAPAN MAKAN ANAK BERTEMA FROZEN

Jangan Memaksa

Marah-marah dan menghukum bukanlah solusi. Justru hal tersebut bisa menimbulkan trauma bagi anak. Usahakan untuk tidak menimbulkan kesan yang nggak menyenangkan, yang jadinya membuat dirinya benar-benar nggak suka dengan air putih.

Pilih Gelas atau Botol Minum Seru 

qua Kids Frozen Edition Air Mineral
qua Kids Frozen Edition Air Mineral

Ini trik paling jitu! Pilihlah botol minum atau gelas yang lucu dengan karakter favorit atau warna-warna menarik yang bisa bikin si kecil tertarik. Dengan cara ini biasanya si kecil akan jadi lebih mudah untuk mInum air putih tanpa perlu disuruh.

Nah, Blibli.com mempunyai koleksi menarik berupa Air Mineral Edisi Spesial dengan karakter-karakter Frozen mulai dari Elsa, Olaf, dan sosok lainnya sehingga Moms bisa memiliki ragam variannya sebagai koleksi di rumah dan membantu si kecil agar lebih suka minum air putih. Koleksi spesial ini bisa jadi pilihan air putih yang praktis untuk dikonsumsi di rumah, atau untuk dibawa sekolah hingga jalan-jalan.

Nggak perlu bingung beli di mana, karena tinggal klik dan pesan maka barang dengan cepat sampai di depan pintu rumah. Beli aja di Blibli.com untuk pilihan pembayaran yang mudah dan keamanan terjamin. Cek di sini untuk lihat promo selengkapnya.  

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

1 COMMENT

  1. Mirip-mirip tips agar anak mau makan ya.
    Tapi menarik!
    Kalau anak saya, yang kedua tuh paling hobi minum air putih, apa mungkin dia nggak minum sufor kali ya.
    Udah 2 tahun tapi saya belum tega menyapih karena dia nggak suka minum susu.
    Dia minumnya air putih, siang malam, gelas minumnya harus selalu penuh. Jadi kalau udah habis segera diisi dan taruh di tempat yang dia bisa jangkau.

    Nah kebalik dengan anak kedua, anak pertama saya paling sulit minum air putih, harus diingatkan terus, capek juga mulut mamak hahaha.
    Anak pertama saya memang dulunya minum sufor, sekarang kurang suka susu sih, seringnya minta teh jahe.

LEAVE A REPLY