Tips Bikin Klepon Bulat Sempurna

Photo via pinterest.com

Hai hai Blibli Friends! Siapa yang di sini suka banget sama jajanan pasar? Mayoritas jajanan pasar merupakan jajanan tradisional Indonesia yang sudah gak bisa tandingin lagi rasanya mulai dari dadar gulung, kue talam, kue cucur, kelpon dan berbagai macam jajanan lainnya.

Hari ini Blibli akan bahas jajanan pasar yang sedang trending nih yaitu klepon. Klepon merupakan jajanan pasar yang terkenal dari daerah Jawa Tengah dan terbuat dari tepung beras dan juga gula jawa.

Uniknya lagi banyak yang menyebut ini klepon dan juga onde-onde. Biasanya onde-onde sebagai penyebutan untuk masyarakat yang tinggal di daerah Sumatra.

COBAIN BERBAGAI MACAM VARIAN DESSERT RASA KLEPON

Klepon menyerupai bola-bola kecil berwarna hijau dari pewarna pandan dengan taburan parutan kepala dan cara memasaknya juga tidak terlalu susah lho friends cukup di rebus aja. Biar adonan klepon kamu gak mudah pecah saat di rebus ikutin tips ini yuk:

  1. Kapur sirih

Kapur sirih bisa jadi alternative agar klepon gak mudah pecah nih dan juga menghasilkan klepon yang kenyal. Sebelum kamu membentuk adonan klepon tambahkan sedikit kapur sirih pada adonan.

  1. Pembentukan Klepon

Tips ini wajib kamu ikutin friends. Waktu pembulatan klepon itu penting banget, kamu bisa menyiapkan dahulu air yang mendidih baru membulatkan klepon tersebut, karena kalau kamu membulatkan sebelum direbus akan membuat gula merah kamu mencair.

  1. Takarin Gula Merah

Jangan terlalu banyak saat memasukkan gula merah keadonan klepon kamu. Usahakan menyesuaikan takaran gula merah dengan ukuran klepon yang akan kamu buat.

DAPATKAN GULA MERAH JAWA DI SINI

Ketiga tips di atas bisa kamu langsung cobain di rumah ya friends agar klepon kamu gak pecah, terlihat rapi dan menggiurkan. Kamu bisa hidangkan jajanan ini sebagai cemilan kamu bareng sahabat, kerabat dan keluarga. Yuk ke dapur sekarang friends!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY