Bul Creative Art: Kerajinan Resin Unik dari Sumedang

Bul Creative Art

Tanpa kamu sadari, ide bisnis bisa muncul kapan dan di mana saja, lho. Ada banyak banget hal yang bisa dimanfaatkan jadi peluang usaha. Nggak usah repot-repot mikir kejauhan, coba aja mulai dengan apa yang ada di sekitarmu.

Ngomongin soal usaha yang berawal dari hal terdekat, Iqbal Syaefulloh telah berhasil menerapkannya dalam Bul Creative Art. Nggak hanya sekadar berkembang, usaha yang dirintisnya ini bahkan dapat pengakuan dari pemerintah setempat dan lolos jadi finalis Top 20 Blibli Big Start Season 4! Apa sih, Bul Creative Art itu? Yuk, temukan jawaban selengkapnya!

SIMAK DULU CERITA INSPIRATIF DARI PESERTA BBS INDONESIA SEASON 4!!!

Usaha produktif saat menganggur

Bul Creative Art

Menjadi seorang pengusaha kriya nggak pernah terlintas di benak seorang Iqbal. Seperti orang kebanyakan, selepas mendapatkan gelar sarjananya pada 2017 lalu, pria asli Jawa Barat ini sibuk melamar pekerjaan. Sembari menunggu panggilan kerja, Iqbal nggak ingin hanya berdiam diri saja. Tanpa sengaja, Iqbal dipertemukan dengan seseorang yang menggeluti dunia resin otomotif untuk pembuatan bemper motor dan mobil. Melihat resin yang unik, dirinya pun tertarik untuk ikut mendalaminya.

Di awal 2018, Iqbal yang telah mendalami seni resin mulai mencoba membuat kerajinan sendiri. Nggak ingin terjun ke kreasi resin otomotif yang sama dengan temannya, Iqbal memilih untuk memanfaatkan peluang gantungan kunci tahu sumedang dalam merek Bul Creative Art. Pemilihan gantungan kunci tahu ini bukan asal-asalan, lho. Ada beberapa alasan yang jadi pertimbangan.

Pertama, saat akan memulai bisnis resin, Iqbal telah melakukan sebuah riset. Dari riset itu, ditemukan fakta bahwa gantungan kunci memiliki segmentasi yang sangat luas, semua orang dari berbagai lapisan sosial pasti memilikinya. Kedua, dirinya yakin orang-orang menyukai sesuatu yang unik, termasuk halnya bentuk imitasi yang serupa dengan aslinya. Ketiga, sebagai orang Sumedang, Iqbal mengaku bangga dengan ikon kotanya. Dirinya pun yakin bahwa orang Sumedang pun merasakan kebanggaan yang sama. Keempat, nggak hanya sebagai ikon Kota Sumedang, tahu juga udah jadi makanan nasional, sangat relevan untuk masyarakat Indonesia!

PENCINTA SENI? TEMUKAN KARYA SENI FAVORITMU DI BBS INDONESIA SEASON 4

Mewakili para penjual tahu di Sumedang

Bul Creative Art

Bul Creative Art sukses menembus pasar. Dengan cepat, gantungan kunci tersebut jadi oleh-oleh wajib khas kota setempat. Kalau diperhatikan baik-baik, bentuk tahu sumedang versi Bul Creative Art ini berbeda-beda, lho. Iqbal mengaku bahwa ada 5 jenis tahu yang digunakan sebagai model resin. “Sumedang itu punya banyak jenis tahu. Setiap tahu punya lebar dan ketebalan yang berbeda. Nah, setiap tahu di Sumedang juga harganya beda-beda. Dari sekian banyak tahu, saya pilih 5 yang paling terkenal di Sumedang, agar mewakili sebagian besar penjual tahu yang ada,” jelasnya singkat.

Usaha Iqbal untuk mewakili penjual tahu sumedang nggak sia-sia. Pemerintah daerah setempat melirik usahanya dan memberikan apresiasi pada Bul Creative Art dengan cara menjadikan gantungan kunci tahu sebagai suvenir atau cinderamata unggulan. “Saya belum bisa memberikan apa-apa, tapi ternyata (bisnis) resin saya bisa mewakili dan mengharumkan Kota Sumedang,” tukasnya bangga.

Nggak hanya diminati pemerintah, Bul Creative Art juga disukai masyarakat Indonesia. Buktinya, pesanan terus datang dari berbagai daerah. Sayangnya, belum banyak orang yang bisa terlibat dalam produksi resinnya ini. Iqbal mengatakan bahwa untuk membuat seni resin, diperlukan kesabaran dan kejelian yang ekstra. Soalnya, ada banyak banget hal yang perlu dilakukan, terutama saat mewarnai.

Untuk mendapatkan warna cokelat tahu yang realistis misalnya, diperlukan campuran tiga pigmen sekaligus, yaitu merah, kuning, dan cokelat. Setelah diwarnai dengan pigmen hasil campuran tersebut, untuk membuatnya lebih realistis, Iqbal juga perlu memberikan gradasi warna serta kesan berminyak sehabis digoreng.

KREASI ANAK BANGSA DARI PENJURU NUSANTARA ADA DI BBS INDONESIA SEASON 4, LHO!!!

Blibli Big Start Indonesia Season 4 sebagai upaya memajukan bisnis

Bul Creative Art

Sadar akan potensi bisnis yang bisa dikembangkan Bul Creative Art, salah seorang teman kampusnya menyarankan Iqbal untuk Blibli Big Start 4. Saran tersebut diperkuat dengan fakta bahwa Imas Mintarsih, temannya sendiri, sukses mengantarkan Oyoh De Kerupuk Jengkol menjadi juara 3 di season sebelumnya. Melihat teman dekatnya bisa sukses, Iqbal pun memupuk rasa percaya dirinya.

Kedepannya, setelah menyelesaikan kompetisi dan menjadi juara, Iqbal ingin mengembangkan Bul Creative Art menjadi lebih besar. Nggak hanya menambah jumlah rekan kerja dan produksi gantungan kunci tahu, dirinya ingin melakukan ekspansi yang lebih. Ekspansi yang dimaksud yaitu memperbanyak variasi bentuk seni resin dalam bentuk berbagai makanan khas daerah Jawa Barat. Iqbal ingin memajukan seni kriya Jawa Barat dalam bentuk resin.

SIMAK KESERUAN PESERTA BBS INDONESIA SEASON DI SINI!!!


Nah, itu dia cerita singkat dari Bul Creative Art yang memanfaatkan peluang dari hal terdekat. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, lho! Cukup lihat sekitarmu dan temukan peluang apa yang bisa dicoba.

Supaya lebih kaya inspirasi dan tambah termotivasi, simak juga cerita dari para finalis Blibli Big Start Season 4 lainnya. Penasaran produk dan kisah apa saja di baliknya? Jangan lupa tunggu dan selalu baca di sini, ya!

KLIK DI SINI UNTUK DAPAT INFO TERBARU BBS INDONESIA SEASON 4!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY