me

Daftar Buku tentang Pemuda yang Wajib Kamu Baca

Nov 11, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Tepat tanggal 28 Oktober kemarin, rakyat Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda. Sebagai pemuda Indonesia, sudah pasti kamu harus memperingatinya dengan khidmat. Di hari itulah, muda-mudi Indonesia mencetak sejarah dalam menggerakkan kemerdekaan Indonesia. Ada banyak banget lho cara buat merayakan hari bersejarah ini. Salah satu caranya adalah dengan baca daftar buku tentang pemuda. Kamu sudah koleksi buku-buku ini, belum?

BACA JUGA: Buku-Buku Karya Sapardi Djoko Damono

____________________

  1. Bumi Manusia

Bumi Manusia. Pramoedya Ananta Toer. Lentera Dipantara Jakarta. 2005.

Salah satu dari rekomendasi buku tentang pemuda yang wajib banget kamu baca adalah “Bumi Manusia”. Buku novel karangan Pramoedya Ananda Toer ini berkisah tentang penderitaan dan perjuangan masyarakat Indonesia saat masa kependudukan Belanda. Kisah sejarah ini dibalut dengan apik dalam alur cerita dengan bumbu-bumbu cinta antara tokoh utama Minke dan Annelies.

Selain bikin kamu termehek-mehek dengan kisah romantis, Blibli Friends juga akan dibuat lebih melek sejarah tentang gambaran kesewenang-wenangan pemerintah kolonial saat itu. Tapi, kamu juga akan dibuat kagum dengan kegigihan para pejuang, yang notabene berasal dari rakyat jelata.

  1. Catatan Seorang Demonstran

 

Catatan Seorang Demonstran | MOJOKSTORE.COM

Source by twitter.com

Nama Soe Hok Gie pastilah terdengar akrab banget di telingamu. Soe Hok Gie adalah salah satu tokoh legendaris yang dijadikan panutan oleh mahasiswa Indonesia. Soe Hok Gie dipuja karena ia memiliki pemikiran yang kritis dan keberanian dalam menyuarakan aspirasinya. Kamu bisa melihat jelas betapa cemerlangnya tokoh mahasiswa ini dalam buku karangannya sendiri yang berjudul “Catatan Seorang Demonstran”. Buku ini berkisah tentang kisah hidup Soe Hok Gie, sekaligus perjuangannya dalam menegakkan aspirasi masyarakat yang tertindas. Mahasiswa keren wajib punya buku ini, deh.

  1. Bung Tomo

BUNG TOMO | Shopee Indonesia

Source by twitter.com

Arek-arek Suroboyo pasti kenal dengan sosok pahlawan satu ini. Bung Tomo adalah salah satu pemuda Surabaya yang berhasil menggerakkan hati para pejuang dengan orasinya. Kisah hidup sang pejuang dituangkan dengan apik dalam buku “Bung Tomo” yang dikarang oleh Abdul Waid. Semua informasi yang dituangkan di dalam buku ini sudah terbukti kesahihannya. Jadi, Blibli Friends nggak perlu khawatir dengan adanya information bias atau misinformasi. Yang jelas, kamu bisa dapatkan berbagai fakta menarik tentang kehidupan Bung Tomo.

  1. Ini Bukan Kudeta

INI BUKAN KUDETA

Salim Haji Said adalah seorang pakar ilmu politik dan militer yang terpandang di Indonesia. Beliau menuangkan ilmunya di dalam buku “Ini Bukan Kudeta”. Di dalam buku ini, kamu akan diajak menjelajahi negara-negara yang mengalami pergantian sistem pemerintahan, yaitu dari sistem pemerintahan militer ke sistem pemerintahan sipil. Indonesia sudah jelas menjadi salah satunya. Selain itu, kamu juga mengetahui kalau revolusi serupa juga terjadi di negara-negara lainnya, seperti Mesir, Korea Selatan, dan Thailand. Blibli Friends jadi bisa mengetahui kesamaan serta perbedaan dari masing-masing revolusi sistem tersebut. Kamu juga bisa menarik pelajaran yang berharga lho dari peristiwa tersebut.

  1. Madilog

Madilog; Materialisme, Dialektika, dan Logika

Tan Malaka adalah salah seorang cendekiawan Indonesia yang sayangnya dihabisi oleh bangsanya sendiri. Bahkan, karya-karya Tan Malaka juga sempat dilarang untuk beredar. Salah satunya, adala buku berjudul “Madilog” ini. Di dalam buku bertema Ilmu Filsafat ini, kamu bisa menyelami pemikiran kritis yang dituangkan oleh Tan Malaka. Bahkan, buku ini juga sempat menjadi dasar dari gagasan kebangsaan. Keren, kan? Makanya, buku ini wajib banget kamu miliki.

____________________

BACA JUGA: Yuk Bacakan Buku-Buku Ini Untuk Mengisi Waktu Luang Si Kecil di Rumah!

Itulah beberapa daftar buku tentang pemuda yang menarik buat kamu baca. Blibli Friends bisa belanja buku-buku tersebut di Blibli, lho. Di toko online ini kamu bisa belanja berbagai macam buku bertemakan pemikiran para pemuda Indonesia dengan gampang dan dengan harga yang terjangkau. Blibli tawarkan keuntungan free ongkir dan promo diskon menggiurkan. Yuk, rajin baca buku buat memperluas pengetahuan dan memperkaya pemikiranmu.

DAPATKAN KOLEKSI BUKU TERBAIK DI SINI!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya