Sudah baca kan artikel mengenai Kumamon yang terbit kemarin? Kalau sudah, kamu mestinya sudah tahu kalau maskot dari prefektur Kumamoto ini dapat digunakan secara bebas oleh perusahaan ataupun pihak manapun.

Di Jepang, terdapat banyak usaha kecil yang menggunakan gambar maskot Kumamon sebagai hiasan dalam packaging mereka. Namun, ternyata bukan usaha kecil saja yang tertarik untuk menggunakan maskot beruang hitam ini. Beberapa perusahaan besar bahkan sampai membuat produk eksklusif bertema Kumamon!

Penasaran perusahaan mana saja yang sudah bekerja sama dengan si beruang hitam?

1. Honda Motorshonda

Via TheGaspol

Salah satu perusahaan otomotif paling besar, Honda ternyata meluncurkan motor Kumamon Monkey di tahun 2014. Motor eksklusif ini hanya diproduksi 500 buah saja dan dirancang spesial dengan tema Kumamon.

Kumamon Monkey Z50 memiliki warna dominan hitam dengan corak merah di jok, tangki bensin, dan kerangka ban. Sama seperti Kumamon yang memiliki warna dominan hitam dengan rona merah di pipinya.

Nggak lupa, wajah Kumamon sendiri terukir di samping logo Honda sebagai tanda kolaborasi mereka. Bentuknya yang lebih mungil (namun jantan), cocok untuk dikendarai dalam situasi yang rekreasional.

Meskipun Kumamon Monkey ini merupakan motor mini yang hanya memiliki mesin 49 cc, motor ini masih kuat membawa Kumamon sendiri, lho!

2. Mini Cooper-nya BMWmini-cooper-bmw

Via Press BMW Group

Ketika pabrik BMW di Oxford, Inggris merayakan ulang tahun yang ke-100, mereka mendapat tamu spesial yang meramaikan pesta. Ya, tamu spesial yang jauh-jauh datang dari Jepang ini adalah si beruang konyol, Kumamon.

Untuk Kumamon yang jauh-jauh datang dari negeri matahari terbit, BMW juga meluncurkan mobil Mini Cooper spesial.

Mobil ini memiliki tampilan depan yang serupa dengan wajah Kumamon. Lihat saja! Warna putih pada bagian depan kap serta warna hitam pada bumper dan logo dibuat menyerupai mulut dan hidung Kumamon. Lampu bawah dengan pinggiran merah adalah pipinya.

Kalau kamu perhatikan, lampu utama mobil ini memiliki bintik hitam kecil di tengah, sama seperti mata Kumamon. Nggak lupa juga, spion hitam yang memiliki lingkaran putih adalah telinganya.

Bagi orang yang nggak tahu Kumamon dan keheranan bila melihat mobil ini, pada bagian belakang terdapat gambar Kumamon dan tulisan “Hi! I’m KUMAMON from Japan!”.

3. Pocky ala Kumamotokumamon-pocky

Via Pinterest

Snack Pocky juga nggak mau kalah meluncurkan produk Kumamon. Berbeda dengan Pocky yang biasanya memiliki kemasan berwarna merah cerah ataupun pink, Pocky Kumamon memiliki kemasan berwarna hitam.

Tentu saja Pocky nggak lupa menambahkan sepasang telinga mungil di edisi spesialnya. Kalau nggak, mana mirip dengan Kumamon?

Lalu, apa sih rasa dari Pocky ini? Apa jangan-jangan rasanya seperti daging beruang?Ternyata nggak. Rasa Pocky ini adalah cokelat susu dan konon susunya menggunakan susu sapi segar dari prefektur Kumamoto.

Kalau bukan Kumamon maskot prefektur paling keren, siapa lagi?

4. Kamera Leicaleica-kumamon

Via Akihabara News

Kali ini, perusahaan Jerman juga ikut mengundang Kumamon untuk mengunjungi markas besar mereka. Pada 12 Maret 2015, Kumamon berkunjung ke markas baru Leica di Leitz-Park. Seiring dengan kunjungan si beruang, Leica juga mengumumkan produk Kumamon no Leica C.

Kamera Kumamon no Leica C memiliki 1/1,7-inci 12,1 MP Mos sensor dan lensa Leica DC Vario-Summicron. Kamera hitam bernuansa ini hanya dibuat 50 buah saja loh. Selain itu, para pembelinya juga dihadiahi foto-foto kunjungan Kumamon ke Leica. Lengkap dengan tanda tangan dari si beruang juga!


BACA JUGA 7 Hal Mengagumkan, Mengesankan, dan Mengharukan Soal Kumamon!


5. Tamiya (raksasa)tamiya

Via YouTube

Ternyata, perusahaan mainan mobil balap yang satu ini cukup sering lho mengeluarkan produk bertema Kumamon. Salah satunya adalah Tamiya WR-02G.

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa Kumamon dipasangkan dengan mobil traktor? Jawabannya cukup sederhana. Sepopuler apapun dia di dunia internasional, Kumamon adalah maskot dari prefektur Kumamoto. Apa yang paling terkenal dari Kumamoto?

Ternyata tempat kelahiran Kumamon terkenal dengan pertanian dan perkebunannya. Wah, pantas Kumamon digambarkan dengan mobil traktor. Petani mana sih yang nggak mau traktor model kece begitu?

Tapi, kalau kamu merasa aneh dengan Tamiya yang berbentuk traktor, masih ada produk Tamiya bertema Kumamon lainnya. Seperti Tamiya 4 WD klasik yang dikendarai oleh Kumamon. Winning Run bersama Kumamon!

Selain produk-produk di atas, ada banyak sekali produk yang dibuat dengan tema Kumamon. Mulai dari yang sederhana seperti baju dan jaket, hingga yang agak aneh seperti pemukul nyamuk dan cetakan onigiri Kumamon.

Kamu juga bisa menemukan sejumlah produk Kumamon di Blibli.com, lho. Lihat saja mainan Tomica Kumamon Black Diecast ataupun Loz Blocks Kumamon Chess. Dua-duanya bisa kamu temukan di Blibli!

Nggak heran mengingat produk Kumamon ini biasanya dibuat dengan jumlah terbatas. Selain itu, produk Kumamon juga digandrungi oleh kolektor dan fans. Jangan sampai kamu menyesal kalau kehabisan ya!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY