Bukan Cuma Asal Nyaman, Simak Tips Pilih Motor untuk Jalanan Kota

Indonesia jadi pasar yang sangat besar untuk sepeda motor dan kamu bisa melihatnya di hampir setiap sudut jalanan. Untuk urusan kepemilikan motor, bisa dibilang satu orang hampir pasti punya satu motor. Mungkin kamu juga sudah punya satu motor yang dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, sudah benarkah motor yang kamu pilih sekarang?

Selalu ada yang spesial untuk jalanan kota, khususnya kota-kota besar di Indonesia. Jalanan padat di tengah suhu yang panas sudah pasti jadi makanan sehari-hari yang akan ditemui. Ada banyak lagi yang harus diperhatikan kala memilih motor untuk dipakai sehari-hari di wilayah perkotaan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Motor Matic Kecil Hanya untuk Perjalanan Dekat

Photo by wahanahonda.com

Motor matic memang jadi favorit banyak orang. Mengendarai tipe motor yang satu ini memang tidak butuh banyak hal untuk bisa menjalankannya. Kamu cukup menarik gas dan menekan tuas rem untuk bisa sampai ke lokasi tujuan. Motor matic pun sudah banyak pilihan kapasitas mesin.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengandalkan motor matickecil untuk melakukan perjalanan panjang dari kota satelit ke pusat kota setiap harinya. Mesin motor kamu akan cepat terasa tidak enak hanya dalam kurun waktu yang singkat jika terus dilanjutkan. Pasalnya, motor matic memang bukan dibuat untuk perjalanan jauh dalam kurun waktu yang panjang.

Kekuarangan motor matic lainnya adalah ban kecil yang sangat tidak cocok untuk melewati jalanan basah, berbatu, dan berpasir. Karena bodinya yang kecil, motor ini jadi lebih mudah tergelincir dan itu sangat berbahaya buat kamu saat mengendarainya. Jadi, pertimbangkan lagi jarak dan medan yang kamu temui setiap hari.

PILIHAN MOTOR MATIC UNTUK BEPERGIAN JARAK DEKAT

2. Pilih Motor dengan Bagasi Besar untuk Boncengan

 

Photo by Pertamax7.com

Helm merupakan aksesori esensial yang harus selalu ada saat naik motor. Kamu tidak bisa mengendarai motor tanpa menggunakan helm karena itu sangat berbahaya. Permasalahannya, kamu harus memikirkan ruang penyimpanan di motor kamu saat mebawa helm. Kalau memang tidak mau repot, pilih motor dengan bagasi besar yang bisa memuat satu helm di dalamnya.

Adanya bagasi besar juga berfungsi untuk membawa helm cadangan untuk dipakai boncengan. Sebagian besar motor maticbaru sudah memiliki bagasi besar untuk menyimpan helm fullface. Jika kamu bukan orang yang menyimpan satu helm utama di bagasi dan membawanya saat parkir, berarti ada satu ruang untuk helm cadangan.

Kamu bisa jadi orang yang baik saat teman kamu kamu minta diantar sampai ke stasiun, terminal, atau halte bus dalam perjalanan pulang. Bukan tidak mungkin juga kamu bisa mengantar gebetan pulang saat ada kesempatan.

MOTOR MATIC DENGAN PILIHAN KAPASITAS BAGASI BESAR ADA DI SINI

3. Motor Bebek untuk Kepraktisan

Yamaha MX King 150 Red King Sepeda Motor
Yamaha MX King 150 Red King Sepeda Motor

Parkiran motor di kota-kota besar pasti selalu penuh dan ini sering jadi tantangan untuk sebagian orang. Nah, motor bebek bisa jadi pilihan buat kamu untuk kasus yang satu ini. Bodi motor bebek bisa dibilang cukup ramping untuk diselipkan di antara motor-motor lain yang di parkiran. Bobotnya pun tidak terlalu berat buat saat mau diangkat untuk menggesernya.

Dari sisi daya tahan, motor bebek juga bisa lebih kuat dibanding motor matic kecil. Jadi, pertimbangkan jenis motor ini juga jarak tempuh harian kamu sedikit jauh untuk dilalui oleh motor matickecil. Motor bebek juga bisa dibilang lebih irit dalam konsumsi bahan bakar ketimbang tipe motor lainnya. kamu harus terus memainkan gigi (gear) saat mengendarainya.

MOTOR BEBEK YAMAHA YANG COCOK UNTUK JALANAN KOTA

4. Motor Sport & Touring untuk Perjalanan Medan Berat

Yamaha All New Vixion The Legend Sepeda Motor
Yamaha All New Vixion The Legend Sepeda Motor

Mungkin kamu merasa menarik kopling sangat melelahkan yang buat banyak orang malas memilih motor tipe ini di jalanan kota. Di sisi lain, adanya kopling buat motor sport dan touring punya performa mesin yang lebih baik dibandingkan dengan motor lainnya. Ya, kan tidak perlu menarik kopling setiap saat juga. Kamu bisa melepas kopling saat berhenti di lampu merah dan melemaskan tangan.

Motor seperti ini memang lebih cocok untuk perjalanan panjang yang melalui banyak medan jalanan. Biarpun sebenarnya kamu akan gunakan di jalanan kota, bukan berarti kamu akan terhindar dari jalanan buruk. Ada kalany kamu harus menerjang jalanan berlubang, melewati genangan air, dan beberapa jalanan berbatu. Karena ban dari motor touring juga dibuat lebih besar, keseimbangan yang kamu dapatkan saat mengendarainnya juga lebih bagus.

Buat kamu yang memiliki tubuh besar, motor tipe touring juga bisa jadi pilihan dibanding memilih motor matic atau bebek berbodi kecil. Jadi, kamu tetap bisa nyaman saat bekendara. Kalau memang takut kena macet, ya berangkat saja lebih pagi dam nimatoi performa motor tersebut.

YAHAMA VIXION BARU PALING COCOK UNTUK JALANAN KOTA

Jadi, sudah menentukan motor mana yang mau kamu pilih? Ya, semua tergantung dari jarak, medan, dan bawaan kamu pastinya. Nah, buat kamu yang ingin ganti motor baru, Blibli.com punya Merdeka Sale khusus untuk sepeda motor Yamaha. Kamu bisa mendapatkan kredit motor mulai dari Rp600 ribuan/bulan. Yuk, beli segera motor baru kamu karena promo ini hanya berlaku sampai 31 Agustus 2019.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY