Luar negeri itu mahal. Buat kamu yang pengen jalan-jalan, tapi punya budget yang super terbatas, bisa mulai dari Indonesia dulu! Kali ini, Blibli Friends akan membagikan beberapa lokasi super wah di Tanah Air dari timur ke barat yang bisa kamu kunjungi hanya dengan budget 3 juta.

Kalau nggak percaya, lihat aja! Beneran cuma butuh budget 3 juta (bahkan kurang)!

1. Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara

budget 3 juta
via – Backpacker Jakarta

Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini kabarnya masih jarang terekspos ini terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Wisatawan lebih mengenal tempat ini dengan nama Kawah Putih Tinggi Raja, mungkin karena mirip dengan Kawah Putih di Ciwidey, Bandung. Kawah ini muncul dan berada di antara bukit kapur yang memiliki eksotisme tersendiri.

Keunikan dari kawasan ini adalah potensi sumber air panas yang berasal dari endapan-endapan kapur yang terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang, yang sekilas terlihat seperti es. Aliran air panas tersebut yang menyatu dengan air sungai, sehingga kamu bisa manfaatkan untuk mandi karena airnya terasa hangat-hangat kuku.

Estimasi biaya:

Tiket pesawat PP : Rp 1 jutaan (dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng)

Tarif masuk objek wisata: Gratis, parkir Rp 5.000

Penginapan: Rp 100.00an- Rp 300.000 per malam (sekitar Danau Toba)

2. Bukit Pangonan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

budget 3 juta
via – Dieng Backpacker

Beranjak ke Pulau Jawa, Kawasan Dieng di Wonosobo selalu menjadi favorit para wisatawan lokal dan luar negeri. Nah, bagi kamu yang suka mendaki atau anak gunung sejati, jangan lewatkan kesempatan untuk singgah di Bukit Pangonan.

Sebuah Bukit yang berada di sebelah selatan Dieng ini nggak terlalu tinggi untuk didaki (2300 mdpl). Sehingga nggak akan memakan banyak waktu dan tenaga untuk mencapainya. Meski begitu, kamu nggak akan kehilangan keseruan penjelajahan alam khas pegunungan Dieng.

Salah satu hal yang menarik dari Bukit Pangonan ini adalah keberadaan lembah luas di puncaknya. Bentuknya semacam cekungan bekas danau yang mengering, kemudian ditumbuhi ilalang dan membentuk padang savana yang hijau.

Estimasi biaya:

Tiket pesawat PP: Rp 600.000- Rp 700.000 (dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng)

Tarif masuk objek wisata: Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang

Homestay: Rp 75.000 – Rp 300.000 per malam

3. Gilli Nanggu, Lombok, Nusa Tenggara Barat

budget 3 juta
via – Tripvisto

Gili Nanggu merupakan salah satu pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju Gili Nanggu, wisatawan dapat naik perahu dari Sekotong. Di sini, wisatawan bisa sekedar bersantai untuk menikmati panorama pantai berpasir putih halus, menyelam, dan berenang di air laut yang biru.

Tempatnya yang tersembunyi, membuat suasana Gili Nanggu masih terlihat alami dan sepi. Cocok untuk kamu yang ingin berbulan madu bersama pasangan atau sekedar ingin menyepi.

Estimasi biaya:

Tiket pesawat PP: Rp 2 jutaan (dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng)

Tarif boat dari Pelabuhan Tawun ke Gili Nanggu: Rp 350.000

Sewa peralatan snorkeling: Rp 50.000 – Rp 100.000

Penginapan: Rp 350.000- Rp 700.000 per malam

4. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

budget 3 juta
via – strategidanbisnis

Kalimantan nggak hanya punya Pulau Derawan untuk dinikmati. Bagi kamu yang mencari wisata anti-mainstream di Kalimantan, cobalah berkunjung ke Danau Labuan Cermin. Danau ini terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Danau Labuan Cermin ini merupakan perpaduan air tawar dan air laut. Bukan hanya berisi air berwarna biru yang tenang, kombinasi di atas juga menciptakan lapisan tipis yang menyerupai efek cermin! Nggak heran jika perahu yang berada di atasnya akan tampak seperti melayang.

Untuk bisa menikmati keindahan Danau Labuan Cermin, kalian bisa naik pesawat dan mendarat di Bandar Udara Berau. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil sewa dari Berau ke Biduk-Biduk dengan waktu tempuh sekitar 6 sampai 7 jam. Sesampainya di Biduk-Biduk, lanjutkan perjalanan ke Desa Labuan Kelambu dan naik kapal yang tersedia menuju danau.

Estimasi biaya:

Tiket pesawat PP: Rp 2 jutaan (dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng)

Tarif kapal dari Desa Labuan ke danau: Rp 100.000

Penginapan: Rp 80.000- Rp 250.000 per malam

5. Ke’te Kesu, Makassar, Sulawesi Selatan

budget 3 juta
via – d’blackpackerz

Ke’te Kesu terletak sekitar 4 km arah tenggara dari Rantepao. Merupakan sebuah desa adat dan pusat kegiatan yang ada di Kota Makassar, mulai dari kehadiran kota, kerajinan ukiran, dan pemakaman menjadi hal yang nggak boleh kamu lewatkan di Makassar. Di sini, kamu bisa menemukan deretan rumah tradisional yang disebut Tongkonan, yang merupakan ikon dari kota ini.

Selain itu, terdapat juga gudang dan bangunan megalith di sekitar kompleks Ke’te Kesu. Sekitar 100 meter di belakang desa terdapat tebing dengan situs pemakaman dan dikubur bergantung dengan pagar yang mengelilinginya. Kota ini juga dikenal dengan keterampilan penduduknya serta lokasi yang tepat untuk membeli souvenir.

Estimasi biaya:

Tiket pesawat PP: 1,5 jutaan (dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng)

Tarif masuk objek wisata: Rp 10.000

Penginapan: Rp 100.000 – Rp 700.000 per malamB

agaimana? Apakah sekarang lebih mudah untuk merencanakan perjalanan wisata kamu selanjutnya? Nabung dulu dikit, nanti waktu long weekend atau libur Lebaran siap meluncur deh!

Intinya, lakukan pengecekan harga terlebih dahulu, karena nggak semua pengalaman orang itu sama. Nggak lupa juga untuk menjaga kesehatan, dan senantiasa membawa perlengkapan wisata yang penting banget, dari baju, kamera, koper, hingga uang!

Itulah destinasi-destinasi wah Indonesia yang bisa kamu kunjungi dengan budget 3 juta! Nggak perlu banyak biaya kan? Cukup nabung sedikit, dan kamu bisa mengunjungi tempat-tempat Indonesia dari Sumatra hingga Nusa Tenggara! Yuk, sebelum berangkat, cek semua kebutuhanmu di Blibli.com!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY