Siapa sih yang nggak suka donat? Teksturnya yang lembut dan bikin nagih selalu membuat semua orang nggak bisa menolak untuk memakannya.

Makanan berbentuk bulat ini juga enak banget disajikan dengan topping apapun. Baik dengan topping gula, coklat, caramel, keju, ataupun topping lainnya, donat nggak pernah membuat kecewa ketika meleleh di mulut.

Mungkin selama ini kamu hanya memakan donat yang dijual di toko-toko. Tapi untuk merasakan cita rasa donat yang lebih kaya dengan rasa, kamu wajib mencoba membuat donat di rumah.

Cita rasa yang kamu dapatkan akan sangat berbeda dengan yang ada di toko karena kamu bisa mengatur takaran topping dan rasa sesuka hatimu! Yuk, coba intip kelima rasa donat yang hanya bisa kamu dapatkan saat membuatnya sendiri.

1. Donat Nutella dengan topping Nutella

donat-nutellaVia Vegetarian Baker

Apakah kamu salah satu penggemar berat selai cokelat Nutella? Kalau iya, kamu bisa banget menjadikan Nutella sebagai bahan dasar donatmu dan juga topping-nya.

Pertama buatlah dulu adonan donat dengan mengaduk rata tepung, bubuk coklat, baking powder (soda kue) dan juga garam. Kemudian di mangkuk yang berbeda, campurkan gula pasir dengan gula merah, Nutella dan juga mentega hingga merata.

Lalu masukkan telur dan vanila ke dalam campuran tersebut. Setelah tercampur dengan merata, masukkanlah adonan tepung ke dalamnya sambil menuangkan susu dan kemudian ulen hingga merata. Saat adonan selesai, kamu tinggal memanggangnya deh.

Sambil menunggu donat matang, kamu bisa membuat topping-nya dengan mencampurkan Nutella, susu dan ekstrak vanila. Kamu tinggal mencelup donatnya ke dalam adonan topping deh.

Supaya tampilan lebih cantik, kamu bisa menambahkan sprinkledan juga meses ke bagian atas donat. Sekarang kamu bisa makan donat Nutella dengan topping Nutella yang melimpah! Yummy!

2. Donat apeldonat-apel

Via Delicious Dishings

Tentunya kamu tahu kalau memakan buah apel setiap hari bisa menjauhkanmu dari berbagai macam penyakit. Nah, bagaimana kalau apel dikombinasikan dengan donat? Pastinya bisa membuat donatmu nggak hanya terasa enak di mulut namun juga baik untuk tubuh!

Untuk membuat donat apel ini, pertama-tama aduklah tepung, gula, baking powder, garam dan bubuk kayu manis. Kemudian buat adonan lain dengan mencampur telur, mentega susu, vanila, dan juga sari apel yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

Tuangkan adonan tepung kedalamnya dan uleni hingga merata. Setelah itu, kamu bisa langsung memanggangnya.

Untuk menempelkan topping hingga merata, oleskanlah dulu mentega yang sudah dicairkan ke permukaan donat. Kemudian celup donat ke campuran gula dan bubuk kayu manis. Sekarang donat apel sudah siap untuk dimakan!

3. Donat daging cincang

donat-daging-cincang

Via Apocalypse Bakery

Siapa bilang donat hanya boleh diberi topping yang manis? Rasanya donat dengan topping daging nggak kalah enak lho dari donat yang biasanya.

Terlebih lagi kamu bisa mengatur sendiri seberapa banyak yang daging yang kamu inginkan untuk topping. Nggak cuma pizza yang bisa dibuat ala meat lovers!

Langkah pertama, campur tepung, gula, garam, mentega dan juga ragi. Lalu, tambah susu dan telur ke dalam adonan tersebut kemudian uleni hingga halus. Tinggalkan saja adonan tersebut hingga mengembang.

Setelah satu jam, uleni lagi adonannya sebentar. Lalu, ambil adonan secukupnya untuk satu donat, gepengkan kemudian isi adonan tersebut dengan daging cincang. Bentuklah adonan berisi daging tersebut menjadi seperti bola kemudian pangganglah adonan tersebut.

Saat matang, kamu bisa mengolesinya dengan larutan gula dan kayu manis sebagai topping-nya. Kini, kamu bisa merasakan kelezatan dari donat serta daging panggang yang bisa bikin terus nagih!


BACA JUGAΒ 7 Alat Lucu yang Bisa Membuat Memasak Lebih Praktis dan Menyenangkan


4. Donat dengan lapisan stroberi

donat-lapisan-strawberry

Via Brit

Donat rasa stroberi memang sudah menjadi rasa yang umum dijual oleh semua toko penjual donat. Tapi kalau kamu membeli donat stroberi dari mereka, kamu pasti nggak akan puas karena donat stroberi mereka nggak terasa rasa buah stoberinya.

Daripada sebel sama mereka, lebih baik kamu buat sendiri saja donat stroberi di rumah. Kamu akan lebih puas dengan rasanya deh kalau membuatnya sendiri.

Untuk membuatnya, aduklah tepung, gula, baking soda dan garam di dalam suatu wadah. Lalu, campurlah mentega susu, minyak sayur, vanila dan juga telur di wadah lain. Setelah diaduk, masukkanlah adonan tersebut ke wadah tepung dan kemudian ulenilah hingga merata.

Masukkan juga stroberi yang sudah kamu potong kecil-kecil ke dalam adonan tersebut kemudian pangganglah adonannya.

Untuk topping-nya, kamu hanya perlu mengaduk potongan stroberi dengan gula halus hingga cair. Saat sudah mencapai konsistensi yang tepat untuk menjadi topping donat, segera celupkanlah donat ke dalamnya. Done!

5. Donat Pandan

donat-pandan

Via Jackpot Eats

Bagi kamu yang menyukai cita rasa kue-kue Indonesia, sekarang kamu bisa mencoba membuat donat yang rasanya Indonesia banget: dengan pandan! Keharuman pandan yang semerbak digabung dengan donat yang lembut pasti membuat kamu jatuh cinta pada donat ini.

Untuk membuatnya, pertama-tama kamu harus mencapur tepung, gula, whip cream, ragi dan juga garam. Lalu masukkanlah adonan dari pasta pandan, kuning telur, margarin dan susu cair ke dalam adonan tepung tersebut dan ulenlah hingga adonan menjadi elastis.

Pangganglah adonan tersebut kemudian biarkanlah mendingin. Setelah 1 jam, taburkanlah gula donat ke atasnya. Donat pandan pun siap disajikan!

Kelima resep donat ini tentunya nggak bisa kamu nikmati jika kamu nggak membuatnya sendiri bukan?

Mungkin selama ini kamu sudah memiliki niat untuk mencoba membuat donat sendiri di rumah. Tapi akhirnya kamu pun malas karena nggak punya alat-alat seperti cetakan dan juga oven untuk membuatnya.

Bagi kamu yang mengalami hal seperti ini sekarang nggak perlu lagi sedih, karena Blibli sedang memiliki promo untuk produk donut maker! Dengan alat ini, kamu nggak perlu lagi menyiapkan berbagai alat untuk membuat donat.

Proses membuat donat pun menjadi lebih gampang dan ringkas. Nah, apa kamu sudah siap untuk mencoba membuat kelima resep donat lezat ini? Selamat mencoba!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY