Artikel ini buat kamu yang berbeda. Buat kamu yang dikatain ‘beruntung’. Buat kamu yang dianggap bebas menentukan pilihan makananmu. Buat kamu yang selalu dianggap ‘sehat’.

Ya! Kamu yang memiliki paras kurus, kecil, dan ‘kerempeng’. Kamu yang nggak bisa menaikkan berat badan seperti orang-orang pada biasanya, nggak peduli seberapa keras kamu mencoba.

Sebel nggak sih, kalau diledekin“hati-hati terbang karena saking ringannya?” Atau sering diejek ‘tulang’ doang?

Bahka yang lebih jengkel lagi, adalah ketika cobain baju atau celana ukuran S tapi masih kedodoran! Terkadang masih harus membeli pakaian anak-anak.

Terus mesti gimana dong? Padahal perasaan porsi makan kamu sudah banyak tapi tetap aja berat badan nggak naik-naik. Mau minum obat atau suntik tapi takut nggak efek samping.

Nggak usah khawatir! Kamu bisa mengikuti beberapa cara-cara sederhana berikut untuk menambah berat badan kamu! Ini juga namanya diet!

  1.  Lima cukup senam sempurnamakanan sehat

Ide yang paling sederhana adalah selalu mengisi perutmu. Selalu di sini artinya konstan dan rutin.

Jika kamu kurus banget, kemungkinan tubuhmu membakar lebih banyak energi secara cepat. Kadar lemak dalam tubuh juga pasti rendah. Hal tersebut berarti, tubuhmu sering ‘meminjam’ asupan energi dari otot, yang menyebabkan atropi (pengecilan).

Ide yang paling sederhana adalah selalu mengisi perutmu. Selalu di sini artinya konstan dan rutin. Minimal lima kali. Kalau bisa enam, mengapa nggak?

Nggak harus selalu makanan berat. Kamu juga bisa mengimbangi makan tiga kali sehari dengan tiga sesi makan cemilan penuh kalori seperti kacang, keju, alpukat, atau coklat batang.

Terkadang makanan ringan yang nggak sehat sedikit seperti keripik kentang dan mie instan, justru bisa membantu kamu menaikkan berat badan. Asal jangan kebanyakan.

2. Olahraga khususolahraga

Lho mau naikan berat badan kok malah disuruh olahraga? Bukannya olahraga malah bikin mengurangi berat badan?

Olahraga aerobik dan kardio biasanya membakar lemak dan nggak terlalu menunjang pertumbuhan otot. Jadi, kamu boleh melakukannya, namun jangan terlalu sering.

Sementara olahraga yang harus kamu kejar adalah olahraga anaerobik seperti melatih diri di gym. Tujuannya, biar kamu bisa mengembangkan massa otot kamu dengan lebih efektif.

Tentu, jenis pelatihannya nggan boleh sembarangan. Kamu bisa mencoba latihan intensif yang kilat, atau mencari trainer fitness untuk berkonsultasi.

3. Makan sebelum tidurmakan teratur

 Kalau orang-orang biasanya setelah makan bikin jadi ngantuk atau jangan makan sebelum tidur karena bisa jadi gemuk, maka hal ini berlaku juga sebaliknya untuk kamu!

Jangan malas makan! Sikat gigi harus menjadi hal yang terakhir kamu lakukan. Jangan beralasan sudah sikat gigi, terus malas makan.

Tidur adalah waktu ketika tubuh kamu menyimpan semua energi sisa menjadi cadangan makanan. Saatnya kamu istirahat dan membiarkan tubuh melakukan hal-hal yang diperlukan untuk mempertahankan hidup kamu.

Makanya, di masa-masa penting ini, kamu butuh asupan kalori yang cukup! Makan beberapa potong coklat dan susu, atau satu sandwhich daging misalnya.

Jangan terlalu kenyang ya! Nanti malah nggak bisa tidur dan tubuhmu nggak bisa memproses makanan dengan optimal. Malah jadi bumerang.


BACA JUGA 5 Penyebab Diet yang Kamu Lakukan Gagal Terus


4. Lumuri makananmu dengan minyak atau lemaksalad

Via brit.com

 Kok malah terdengar menyeramkan ya? Perasaan biasanya menghindari jajan gorengan karena berminyak atau menghindari makan lemak daging karena tidak sehat.

Tetapi sebenarnya yang perlu kamu perhatikan adalah memilih minyak dan lemak yang baik atau disebut “good (saturated) fats”. Karena “good fats” malah memberikan banyak keuntungan pada tubuhmu.

Lemak yang baik bisa didapat dari ikan atau alpukat, dan minyak yang baik contohnya seperti minyak zaitun atau tropikal. Jadi, apapun makanan yang kamu masak hari itu, coba saja lumuri dengan satu sendok minyak zaitun.

Tapi ingat, jangan berlebihan ya makan minyak dan lemaknya! Kalau nggak ada minyak zaitun, mentega dengan lemak yang baik juga banyak tersedia di supermarket.

5. Minum minuman padat kaloriminuman kalori

Apabila setelah beberapa jam makan kamu merasa masih kenyang, dan nggak ingin makan apapun, kamu bisa mencoba minum.

Bukan minum air putih (walau tetap disarankan), tetapi kamu perlu minuman yang lebih padat kalori seperti jus, smoothies, susu, atau yogurt.

Karena minuman tersebut akan tetap menambah asupan kalorimu tetapi tidak membuatmu merasa sekenyang menyantap makanan padat.

Apalagi jika kamu memutuskan untuk nge-gym, maka sesekali jus protein juga baus buat tubuh kamu.

Saat dirumah, cobalah dengan membuat sendiri jus alpukat atau smoothies dari pisang. Saat menyantap sup, kamu juga sebaiknya menambahkan krim dibandingkan hanya mengonsumsi sup kaldu bening.

Akan lebih bagus lagi ketika rutinitas-rutinitas di atas kamu pasangkan dengan suplemen penambah berat badanyang bisa kamu temukan di Blibli.com.

Kalau orang lain bisa sukses menguruskan badan, kamu juga bisa sukses menambah berat badan. Jika kamu berdedikasi, kamu pasti bisa melakukannya!

 

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY