me

Buah Cermai dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Nov 17, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Kamu pasti nggak asing lagi sama yang namanya buah cermai. Buah ini tumbuh bergerombol di batang, berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau atau kekuning-kuningan jika sudah matang, serta permukaan buah yang berlekuk. Walaupun buah ini jarang ditemui, biasanya buah ini diolah menjadi manisan dan acar.

Buah cermai jika di makan dengan keadaan segar akan terasa sangat asam. Karena keasamannya ini jarang diminati, kebanyakan hanya sekadar sebagai penambah rasa asam pada manisan dan acar. Padahal kandungan buah ini sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini kandungan dan manfaat buah cermai yang harus kamu ketahui.

BACA JUGA: 10 Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

_______________________________________________

Kandungan Buah Cermai

Bibit Tanaman Buah Cereme Ceremai

Tahukah kamu, mengapa buah cermai ini rasanya sangat asam? Berdasarkan penelitian, derajat keasaman(pH) buah ini mencapai 3,4. Namun di balik rasa asamnya itu terdapat berbagai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan.

Seperti Antioksidan yang menjadi salah satu khasiat utama dari buah ini. Selain itu, kandungan gizi di buah ini juga sangat banyak. Berikut ini kandungan dari buah cermai

  • Vitamin C : 27,7 mg
  • Vitamin A : 290 IU atau setara 87 mcg
  • Vitamin B6 : 0,08 mg
  • Kalori : 44 mg
  • Protein : 0,88 gram
  • Karbohidrat : 10,18 gram
  • Serat 4,3 gram
  • Magnesium : 10 mg
  • Kalsium : 25 mg
  • Zat besi : 0,31 gram
  • Magnesium : 10 mg
  • Kalium : 198 mg
  • Fosfor : 27 mg
  • Zinc: 0,12 mg
  • Thiamin : 0,04 mg
  • Folat 0,006 mg

Manfaat Buah Cermai

Image Source: hellosehat.com

Berdasarkan kandungannya yang sangat beragam di atas, buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, perlu kamu tahu di dalam buah ini memiliki kandungan vitamin C yang lumayan tinggi. Lalu, apa saja manfaat yang terkandung dalam buah Cermai? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Seperti yang kamu ketahui bahwa buah cermai ini asam. Nah di balik keasamannya ini terdapat asam askorbat atau yang biasa dikenal Vitamin C. Kandungan vitamin C yang ada pada buah mampu melindungi sistem imun tubuh.

Sehingga mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit, dan menurunkan risiko terkena serangan penyakit yang menular. Tak hanya itu saja manfaat dari vitamin C di buah ini. Vitamin C ini juga mampu merangsang produksi kolagen di kulitmu dengan antioksidan. Sehingga menjadikan kulit awet muda dan kulitmu nggak akan keriput.

  1. Mampu Melawan Bakteri Jahat

Sekarang ini banyak bakteri jahat dan virus yang beredar. Buah cermai ini telah diteliti dan terbukti mampu melawan bakteri jahat atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit, oleh karena itu dengan senyawa polifenol dan saponin yang ada di dalam buah ini dapat menjaga kesehatanmu.

  1. Mencegah Peradangan

Seperti yang kamu ketahui bahwa kandungan utama dari buah cermai adalah kandungan antioksidan. Nah, kandungan antioksidan ini mampu mencegah peradangan pada tubuh. Selain itu, juga mampu menurunkan risiko penyakit lain seperti, asma, bronchitis, rematik, kelainan saluran pernafasan, penyakit hati, hingga diabetes.

  1. Menjaga Mata Tetap Sehat

Buah cermai ini mengandung Vitamin A sebanyak 290 IU atau setara 87 mcg. Tahukah kamu bahwa vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang mampu menjaga kesehatan mata. Saat seseorang kekurangan vitamin A, maka penglihatannya menjadi kabur atau menjadi redup.

Hal ini biasanya terjadi pada anak kecil. Nah dengan mengkonsumsi buah cermai kondisi penglihatan seperti ini bisa diobati dan bisa dicegah. Sehingga mata tetap sehat.

  1. Mencegah penuaan dini

Image Source: www.moneytalkgo.com

Senyawa antioksidan yang ada di dalam cermai sudah di teliti dan mampu mencegah stres Oksidatif. Sehingga mampu mencegah penuaan dini. Selain itu, kandungan lain seperti Vitamin C yang ada di buah ini mampu melindungi kulit dari efek paparan sinar matahari, dan juga mencegah kerusakan sel pada kulit.

  1. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Buah cermai ini memiliki Kalium sebanyak 198 mg. Dengan adanya kalium ini, akan mengatur keseimbangan asupan cairan tubuh dan membantu menyeimbangkan tekanan darah yang ada. Keseimbangan tekanan darah ini diatur oleh ketegangan dinding pembuluh darah yang darah bekerja dengan baik jika ada kalium. Oleh karena itu, buah ini mampu menjaga tekanan darah tetap stabil.

  1. Menjadi sumber energi

Tahukah kamu fungsi dari Vitamin B6 yang ada pada buah cermai? Vitamin B6 ini mampu memproduksi sel darah merah. Meningkatkan nafsu makan sehingga asupan makanan lebih mudah masuk dan mampu menjadi energi bagi tubuh.

Kekurangan Vitamin B6 juga nggak baik buat tubuh. Saat tubuh kekurangan Vitamin B6 maka, kamu bisa menjadi kelelahan, insomnia, depresi, hingga mengalami gangguan infeksi saluran pernafasan pada bagian atas. Mengerikan bukan? Oleh karena itu jagalah tubuhmu tetap terpenuhi dengan nutrisi.

  1. Menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah cermai mampu menghalau proses oksidadi yang membuat kolesterol jahat. Sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada di tubuhmu. Selain itu, antioksidan ini juga mampu mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah arteri (aterosklerosis) yang biasanya menyebabkan penyakit jantung.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti yang kamu ketahui bahwa penyebab utama dari sembelit karena kekurangan serat. Nah manfaat buah cermai yang lainnya dengan kandungan serat yang dimiliki mampu melancarkan sistem pencernaan. Selain sistem pencernaan, buah ini mampu mencegah risiko penyakit kronis lainnya.

  1. Mampu mengatasi diabetes

Image Source: www.moneytalkgo.com

Penderita diabetes akan sulit mengkonsumsi makanan apapun karena khawatir gula darah mereka naik. Nah, kamu nggak perlu khawatir jika memiliki diabetes konsumsilah buah cermai yang mengandung mineral kromium. Mineral kromium ini mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin, jadi penyerapan glukosa dalam tubuh lebih terkontrol.

  1. Menjaga kesehatan rambut

Berbicara tentang manfaat buat cermai, pasti tak boleh terlewatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Buah ini mampu menjadi minyak rambut alami yang mengatasi kerontokan dan masalah rambut lainnya. Selain itu, kandungan yang ada pada buah cermai mampu memperlancar peredaran darah menuju rambut. Sehingga rambut terpenuhi nutrisinya.

  1. Sebagai zat diuretik

Tahukah kamu apa itu zat diuretik? Diuretik adalah sebuah kemampuan yang dimiliki tubuh untuk dapat menyerah cairan dan memperlancar proses pembuangan urin. Nah hal ini akan membuang racun yang ada di dalam tubuh.

__________________________________________

BACA JUGA: Nyetok Buah Kayak Pas Beli Saham Biar Harganya Murah

Nah, banyak sekali bukan kandungan dan manfaat buah cermai yang mampu menjaga kesehatan tubuh Blibli Friends. Buah ini memiliki vitamin C yang tinggi sehingga mampu meningkatkan imun tubuh.

Selain dari buah cermai, Vitamin C juga bisa kamu dapatkan di multivitamin C yang sekarang sudah banyak tersedia termasuk di toko online Blibli. Yuk, borong sekarang juga untuk menjaga kesehatan tubuhmu dari padatnya aktivitas selama seharian.

BELI VITAMIN C DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel