me

15 Brand Fashion Lokal Indonesia yang Mendunia!

Aug 06, 2023.By Nadine
Bagikan

facebook.com/eigeradventure
Cek disini 15 brand fashion lokal yang mendunia dan berkualitas terbaik!

Kini, brand lokal Indonesia mulai menunjukkan kualitasnya secara mendunia. Bukan cuma mengenai perawatan kulit dan kecantikan, brand lokal Indonesia juga menghadirkan produk fashion yang lagi berkembang. Bahkan, kalau kamu ingat, sebelumnya beberapa selebritis Tanah Air turut memperkenalkan salah satu brand fashion lokal yang terkenal di Indonesia, yaitu Erigo, di acara New York Fashion Week 2022 lalu, loh.

Pastinya, hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi brand lokal Indonesia untuk semakin memperkenalkan hasil karya negerinya sendiri di luar negeri. Menariknya, kualitas produk dari brand fashion lokal Indonesia ini nggak kalah dengan brand luar negeri lainnya, loh. Tapi, sebelum itu ada baiknya kamu juga tahu tips dan keuntungan memilih serta membeli produk dari brand fashion lokal yang baik, cek selengkapnya disini, yuk!

Baca juga: Review & Rekomendasi Produk Envywear, Koleksi Premium Cocok untuk OOTD Terbaik


Tips Memilih Brand Fashion yang Baik

Saat ingin membeli produk fashion dari luxury brand, ada baiknya kamu harus mengetahui tips  untuk memilih brand fashion yang baik. Terutama bagi generasi muda yang ingin tampil keren, tentu aja kamu ingin memiliki salah satu produk fashion dari brand yang baik, dong. Maka dari itu, sebelum membelinya kamu perlu memikirkannya dengan matang. Adapun tips memilih brand fashion yang baik, sebagai berikut:

Pilih Kualitas

Bagi kamu yang ingin menggunakan barang-barang fashion dari brand terkenal, bisa itu pakaian, tas, serta aksesoris, sangat penting untuk memperhatikan kualitasnya terlebih dulu, nih. Usahakan untuk menghindari kuantitas dan kamu nggak perlu memilih banyak koleksi produk fashion dari karya desainer. Tapi, cobalah untuk memikirkan kegunaan produk tersebut yang bisa digunakan dalam waktu jangka panjang atau timeless.

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan secara baik-baik apakah produk fashion yang ingin dibeli dapat digunakan atau lebih menguntungkan jika digunakan dalam waktu jangka panjang. Terutama, penting bagi kamu untuk mengutamakan produk fashion yang nyaman, ya. Misalnya, memilih produk fashion dari local brand indonesia clothing, perhatikan dari segi bahan yang digunakan, ya.

Coba Mix and Match

Tips selanjutnya yaitu dengan mencoba produk fashion tersebut dengan pakaian kamu yang lainnya. Jadi, ketika kamu sedang membutuhkan fast fashion dengan produk branded, nggak perlu bingung untuk memakainya. Misalnya, kamu ingin memilih tas dari brand fashion, sebaiknya untuk memilih model tas yang dapat digunakan pada waktu kegiatan santai maupun acara formal, ya.

Pastikan juga, kalau kamu memang menyukai produk tersebut dan bukan karena ingin tampil mewah karena brand-nya, nih. Mengingat kamu membeli produk fashion dari brand mewah dengan harga yang cukup mahal, tentu aja kamu nggak ingin membuang-buang uang, kan.

Melihat Review Produk

Sebelum memilih brand fashion yang baik, kamu juga perlu memperhatikan review atau testimoni dari tokonya. Cara untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan mencari di berbagai platform media sosial mengenai produk fashion brand lokal Indonesia yang ingin kamu beli.

Jangan lupa, untuk selalu membaca kritik dan saran orang-orang yang pernah membeli produk brand fashion tersebut, apakah layak untuk dibeli atau nggak. Pastikan, kamu menjadi pembeli yang bijak dan tahu produk mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya.

Keuntungan Membeli Produk Fashion Lokal

Banyak masyarakat yang mulai sadar dengan produk fashion dari brand lokal. Bahkan, bukan cuma sekedar mengenakan, brand dari produk fashion tersebut juga mulai dikenal di luar negeri dan menjadi inspirasi dari brand fashion lokal lainnya, loh. Tentu aja, membeli produk fashion lokal ini bisa jadi keuntungan buat kamu, nih. Simak di bawah ini keuntungan membeli produk fashion lokal, ya.

Lebih Ramah Lingkungan

Nggak cuma mengedepankan kualitas, nyatanya produk fashion dari brand lokal juga mendukung keberlangsungan lingkungan, yaitu dengan cara membuat produk dari bahan yang ramah lingkungan. Dari cara tersebut, stabilitas keanekaragaman hayati di Indonesia juga lebih terjaga, loh.

Misalnya, saat ini ada beberapa brand yang bisa kamu temukan pada produk fashion yang menggunakan bahan-bahan utamanya dari kayu, yaitu Matoa dan Eboni. Melalui langkah ini, tentu aja dapat menyadarkan pembeli untuk mengutamakan produk yang ramah lingkungan dan turut bertanggung jawab dengan menjaga lingkungan di sekitarnya.

Harga yang Lebih Murah dan Berkualitas

Mungkin kebanyakan dari kita selalu mempertimbangkan harga saat ingin membeli produk. Beruntungnya, saat kamu ingin membeli produk fashion lokal, kamu bisa memilih harga yang sesuai dengan budget kamu, sebab harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau.

Selain itu, produk fashion lokal ini memiliki kualitas yang baik dan dapat disandingkan dengan produk lainnya, deh. Terlebih lagi, sekarang ini sudah banyak pengusaha lokal yang bakal menjamin kualitas produknya. Pastinya, hal itu dilakukan bukan semata untuk mempromosikan produknya, ya.

Membantu Membuka Lapangan Kerja

Keuntungan lainnya bukan cuma untuk diri kamu sendiri, namun juga masyarakat lainnya. Mengingat kamu membeli produk fashion lokal, maka secara otomatis kamu membantu para penjual untuk membuka lapangan kerja. Secara nggak langsung memang kamu sebagai pembeli ikut terlibat untuk membuka lapangan kerja di Indonesia.

Selain ada proses pembuatannya, kamu juga bakal membantu para pekerja lainnya yang berkaitan dengan tim pemasaran, operasional, serta UKM lainnya yang juga turut terlibat dalam penjualan produk fashion lokal ini. Dari banyaknya produk yang mereka jual meningkat, maka perusahaan bakal mencari tambahan pekerja untuk perusahaan mereka, deh.

Rekomendasi Brand Fashion Lokal yang Mendunia

Adanya keuntungan dari segi sisi, mungkin kamu sudah sadar bahwa penting untuk membeli brand fashion lokal Indonesia. Apalagi, ada kebanggaan tersendiri untuk brand lokal tersebut yang produknya dikenal hingga ke pasar internasional. Nah, untuk kamu yang juga tertarik untuk menggunakan produknya, berikut ini rekomendasi brand baju lokal yang mendunia!

The Executive

the executive
jamtos.com

Mungkin dari kamu banyak yang mengira kalau The Executive ini berasal dari luar negeri, namun ternyata brand yang menjual produk fashion pria maupun wanita ini diproduksi di Indonesia atau tepatnya di Bandung. The Executive sendiri diproduksi oleh PT Delami Garment Industries dan memulai perjalanannya dari tahun 1984.

Menariknya, brand lokal Indonesia yang sudah berkembang menjadi brand fashion terkemuka ini sudah tersedia di 60 toko berdiri bebas dan lebih dari 100 counter. Bukan cuma di Indonesia, namun juga ada di negara China, India, Asia Utara, Timur Tengah, Sri Lanka, hingga Australia, loh. Terlebih lagi, The Executive ini hadir untuk menyatukan aspek modern gaya hidup sehari-hari.

Erigo

erigo
facebook.com/erigostoreapparel

Pastinya kamu sudah nggak asing lagi dengan brand clothing lokal yang mendunia satu ini. Sempat dipromosikan di NYFW tahun lalu, brand Erigo ini sudah ada sejak tahun 2010 lalu dan awalnya diberi nama ‘Selected and Co’ dengan memproduksi pakaian batik model kasual. Di tahun 2013, brand Erigo ini pun mendunia dan menghadirkan produk fashion unisex dengan konsep street style.

Nggak heran kalau produk dari Erigo ini banyak disukai, bahkan brand ini sudah beberapa kali berkolaborasi dengan seniman lainnya, mulai dari JKT48, Glenn Fredly, Disney, serta Naufal Abshar. Menariknya, produk fashion dari brand Erigo ini sudah bisa didapatkan di negara-negara selain Indonesia, seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.

Alexandre Christie

alexandre christie
radartime.co.id

Bukan cuma berkecimpung di dunia pakaian, brand fashion lokal Indonesia juga menghadirkan produk aksesoris, seperti jam tangan. Mungkin belum banyak yang tahu kalau brand jam tangan yang legendaris ini berasal dari Indonesia. Nyatanya, Alexandre Christie ini sudah berjalan kurang lebih dari setengah abad, yang mana hadir dengan desain berkualitas tinggi, canggih, dan bergairah.

Selain itu, brand jam tangan dari Alexandre Christie ini bukan cuma ada di Indonesia aja, loh. Jam tangan yang masih berada di bawah Massindo ini juga tersedia di beberapa negara lainnya, seperti Kamboja, Hongkong, India, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Eropa, Timur Tengah, serta Australia, nih.

Sagara

sagara
facebook.com/sagarabootmaker

Brand fashion lokal Indonesia selanjutnya ada dari Sagara yang menghadirkan produk sepatu boots dengan bahan dasar kulit. Bukan cuma itu, keunggulan brand fashion lokal Indonesia yang satu ini menerima jasa custom-order yang sesuai dengan permintaan dan selera konsumennya. Nggak heran, kalau brand Sagara ini banyak diekspos oleh media asing.

Bahkan, produk dari brand Sagara ini mampu bersaing dengan brand luar negeri lainnya. Brand Sagara ini sudah berhasil memasarkan produk sepatunya hingga ke Inggris, Jerman, Skotlandia, serta Amerika Serikat, nih.

CAST Eyewear

 cast eyewear
deluxionist.com

Siapapun mungkin sudah tahu brand fashion lokal asal Indonesia yang satu ini, yaitu ada CAST Eyewear. Brand yang dimiliki oleh Fahrani Empel ini menghadirkan produk kacamata dengan desain yang unik dan berhasil berkembang di pasar internasional. Bahkan, salah satu produk kacamata dari CAST Eyewear ini pernah digunakan oleh sejumlah seleb ternama, yaitu ada Rihanna dan Lady Gaga.

Meski begitu, produk dari brand CAST Eyewear ini masih sulit untuk ditemukan di Indonesia, nih. Mengingat produk kacamata brand ini sudah sampai ke luar negeri, salah satunya di Amerika dan Eropa, ya.

Cotton Ink

cotton ink
kamarupa.co.id

Berikutnya ada brand fashion lokal Indonesia yang diciptakan oleh Ria Sarwono dan Carline Darjanto, yaitu Cotton Ink. Memproduksi pakaian t-shirt custom, brand Cotton Ink ini mungkin sudah banyak dikenal luar oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, produk dari Cotton Ink ini sangat mudah ditemukan di pasaran, nih.

Nggak cuma memasarkan produknya di Tanah Air, ternyata brand Cotton Ink ini juga sudah masuk ke pasar luar negeri, loh. Diantaranya ada Malaysia, Singapura, Australia, serta beberapa negara di Eropa. Menariknya, brand Cotton Ink ini pernah mendapatkan penghargaan The Most Innovative Brand di Jakarta Fashion Week.

Buttonscarves

buttonscraves
facebook.com/buttonscarves.id

Ada juga brand fashion wanita muslimah dari lokal Indonesia, yaitu Buttonscarves, yang berhasil memasarkan produknya di kancah internasional. Sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu, brand Buttonscarves yang dimiliki oleh Linda Anggrea ini menghadirkan produk hijab lengkap dengan aksesoris wanita yang berkualitas premium.

Menariknya, di tahun 2020, brand Buttonscarves ini bekerjasama dengan Benang Jarum untuk melengkapi produk mereka. Wajar aja, kalau brand Buttonscarves ini bukan cuma memasarkan produknya di Indonesia. Tapi juga ada di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

3second

3second
facebook.com/its3second

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan brand fashion lokal yang berada di bawang naungan Biensi ini. 3second ini memang sudah dikenal sejak tahun 1997 dan menaungi beberapa brand lainnya, yaitu ada Greenlight, Moutley, Famo, dan FMC Speed Supply.

Bukan cuma dikenal di Indonesia, faktanya brand 3second asal Bandung ini sudah dipasarkan dimana aja, salah satunya di Paris, nih. Hal itu dibuktikan dari pergelaran Paris Fashion Show tahun 2022 kemarin.

Eiger

eiger
facebook.com/eigeradventure

Brand fashion lokal Indonesia berikutnya ada dari Eiger yang sudah ada dari tahun 1989 lalu. Diproduksi oleh PT. Eiger Multi Produk Industri, brand Eiger ini memang nggak perlu diragukan lagi soal ketenarannya.

Bahkan, di tahun 2010 lalu, brand Eiger ini sukses membangung outlet resminya di Dortmund, Jerman. Bukan cuma itu, produk Eiger ini jua sudah dipasarkan ke beberapa negara lainnya, seperti Jepang dan Lebanon.

Paradise Youth Club

Paradise Youth Club
facebook.com/paradiseyouthclub

Bagi kamu yang menyukai gaya streetwear, mungkin sudah kenal dengan brand fashion lokal Indonesia yang satu ini, yaitu Paradise Youth Club. Sudah berdiri dari tahun 2015 lalu, brand Paradise Youth Club ini menghadirkan produk pakaian yang berdominasi dengan kultur generasi muda, khususnya yang berkembang di zaman 90-an.

Menariknya, brand lokal Indonesia hoodie ala Paradise Youth Club ini banyak disukai oleh para musisi dan pecinta musik hip-hop. Oleh karena itu, produk Paradise Youth Club ini juga sudah ada di beberapa negara lainnya, termasuk di Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Amerika Serikat, nih.

Wakai

wakai
facebook.com/wakaiindonesia

Siapa nih yang mengira kalau brand Wakai ini berasal dari Jepang? Ternyata, brand Wakai ini termasuk buatan asli Indonesia dan diproduksi oleh PT Metrox Global, loh. Menghadirkan desain sepatu premium dengan tampilan fashionable dan stylish, produk Wakai ini memegang lisensi produk fashion mancanegara.

Bahkan, untuk produk Wakai ini kamu nggak cuma bisa menemukannya di Indonesia, namun juga ada di Malaysia dan Singapura, loh.

Major Minor

major minor
jakartafashionweek.co.id

Brand fashion lokal berikutnya ada dari Major Minor, yang mana memiliki konsep minimalis dan pola cutting yang twisted. Berhasil menunjukkan eksistensinya secara global, produk yang dimiliki oleh Ari dan Sari Seputra ini juga pernah menunjukkan hasil desain pakaiannya di Paris Fashion Week dan Rakuten Fashion Week Tokyo, loh.

Berhasil menembus pasar dunia, kamu bisa menemukan produk brand Major Minor ini di London dan beberapa negara lainnya, deh.

Pot Meets Pop

Pot Meets Pop
facebook.com/potmeetspopdenim

Menghadirkan produk antara pot culture dan pop culture, brand Pot Meets Pop ini memiliki kualitas yang nggak kalah dengan produk luar negeri lainnya. Melalui kualitasnya yang konsisten, brand fashion lokal Indonesia ini sudah membuka orderan dari luar negeri, loh.

Bahkan, brand Pot Meets Pop ini terpilih menjadi salah satu brand yang mewakili brand fashion Indonesia pada ajang agenda show, Long Beach, California, Amerika Serikat pada tahun 2018 lalu.

Lanccelot

lanccelot
mldspot.com

Hadir di industri fashion sejak tahun 2013 lalu, brand Lanccelot ini memang sudah banyak dikenal dengan produk jam tangannya yang berkualitas. Uniknya, nama brand ini terinspirasi dari Sir Lancelot du Lac, seorang kesatria di legenda Arthurian.

Melalui kesuksesannya di Tanah Air, brand Lanccelot ini sudah memasarkan produknya di luar negeri, loh. Tentu aja, hal itu dikarenakan dengan adanya produk Lanccelot yang berkualitas dan berkonsep timeless.

Aerostreet

Aerostreet
instagram.com/aerostreet

Mengawali keberhasilannya di wilayah Indonesia, ternyata brand Aerostreet ini juga sudah tembus di pasar global, nih. Brand yang menghadirkan produk sepatu ini memang menawarkan desain dan harga yang bisa didapatkan oleh semua kalangan masyarakat.

Menariknya, brand yang menghadirkan produk sepatu formal, casual, dan sepatu olahraga ini sudah bisa didapatkan di negara lainnya, seperti Malaysia dan Singapura, loh.


Baca juga: 40 Brand Lokal Yang Terkenal

Bagi Blibli Friends yang tertarik untuk mencari brand fashion lokal Indonesia lainnya, bisa langsung kunjungi Blibli dan temukan sesuai kebutuhan kamu. Pastinya, produk fashion lokal ini memiliki kualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan cocok untuk berbagai kalangan, deh. Yuk, mulai cintai produk dan hasil karya anak bangsa, ya!