Yuk, Intip Serunya Bootcamp Piala Presiden Esports 2019!

bootcamp piala presiden

Sebelum berlaga di babak Final Piala Presiden Esports 2019, 16 tim esports terbaik terlebih dulu mengikuti Bootcamp selama dua hari berturut-turut. Bertempat di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara, Bootcamp Piala Presiden Esports 2019 berlangsung pada tanggal 26–27 Maret 2019.

Sejak hari pertama, para atlet tampak antusias menerima pembekalan yang diberikan. Nggak hanya mereka, teman-teman dari media juga terlihat memenuhi Gedung Krida Bhakti. Mau tau keseruan Bootcamp-nya? Simak ulasannya, yuk!

MENCARI GAMING PHONE TERBARU? KLIK DI SINI SEKARANG!

Antusias para atlet esports di Bootcamp hari pertama

bootcamp piala presiden

Setelah terlebih dulu menyantap makan siang, para atlet esports dari berbagai tim mulai memenuhi bangku yang telah disediakan. Dimulai tepat pada pukul 14.00 WIB, Bootcamp hari pertama dibuka dengan sambutan meriah oleh MC. Di sesi pertama, Prof. Hariyono selaku Plt. Kepala BPIP dan DR. H. Mahyudin ST. MM. selaku Wakil Ketua MPR RI menyampaikan materi dengan topik Pancasila.

Walau berbeda generasi dengan para atlet esports yang hadir, Prof. Hariyono tetap semangat untuk berbagi pandangannya mengenai Pancasila. Menurutnya, nggak hanya sebagai nilai-nilai yang disebut dengan lantang saat upacara, para atlet yang hadir diharapkan juga bisa menerapkan Pancasila saat sedang bertanding. “Nggak boleh egois, kalau melakukan kesalahan harus berani mengakui kesalahan, kalau kalah bukan menyalahkan orang lain,” ungkapnya.

Bermain dalam satu tim yang sama, Prof. Hariyono berharap setiap atlet memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan anggota tim. Sebab, kalau bersikap egois, kerja sama tim nggak mungkin bisa diwujudkan.

Walau saat ini masih berjuang untuk tim masing-masing, bukan nggak mungkin lho di kemudian hari para atlet esports yang hadir berjuang dengan membawa nama Indonesia di kemudian hari. Menutup sesi pertama siang itu, Prof. Hariyono berharap para atlet esports yang hadir nggak pernah lupa untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila.

MAIN MAKIN MANTAP DENGAN GAMING GEARS PILIHAN!

Ngobrolin pentingnya public speaking bareng Kemal Mochtar

bootcamp piala presiden

Di sesi kedua Bootcamp, Kemal Mochtar atau yang akrab disapa Kemal dari Gen FM berbagi ilmu seputar Public Speaking dan Media Exposure. “Why public speaking? Agar kita bisa menyampaikan pesan dengan baik,” jelasnya bersemangat.

Menurut Kemal, setiap orang perlu memahami dan menerapkan public speaking dengan tepat, terutama para atlet esports yang hadir. Sebab, bukan nggak mungkin para atlet yang hadir akan menjadi public figure di kemudian hari.

Memberikan bekal seputar ilmu public speaking, Kemal berharap para atlet esports yang hadir bisa menjadi brand ambassador untuk diri sendiri. “Dengan bicara yang baik, it’s all about self branding,” lanjutnya.

Nggak hanya jago selama pertandingan, para atlet esports juga harus andal berbicara saat di-interview oleh wartawan. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab singkat, Bootcamp Piala Presiden Esports hari pertama berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

LAPTOP GAMING TERBAIK DENGAN HARGA BERSAING? YUK, KLIK DI SINI!

Bootcamp Piala Presiden Esports hari kedua

bootcamp piala presiden

Nah, di hari kedua, Bootcamp Piala Presiden Esports dimulai lebih awal. Tepat pada pukul 13.15 WIB, para atlet esports kembali berkumpul di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara untuk mendengarkan berbagai materi yang sudah disiapkan untuk bekal mereka. Mengundang Delwyn Sukamto dari Alter Ego dan Hatman Harris dari EVOS, dua orang owner team tersebut membagikan pengetahuan mereka dalam sesi The Business of Esports.

Diselenggarakannya Piala Presiden Esports 2019 diakui menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Sebab, setelah bertahun-tahun menjadi owner team esports, mereka berdua terkadang masih kesulitan memberi pengertian pada orangtua para calon atlet esports. “Dulu untuk kami meyakinkan orangtua tuh agak susah,” jelas mereka singkat. Well, nggak bisa dipungkiri, di awal tahun kemunculannya, esports memang sempat dipandang sebelah mata.

Tetapi, dengan antusiasme masyarakat dan dukungan pemerintah, merintis karier sebagai atlet esports saat ini cukup menjanjikan. Diulik lebih dalam, para atlet esports yang bergabung dalam Alter Ego dan EVOS nggak hanya play for free. Ya, para atlet esports yang berada di bawah naungan tim milik Delwyn dan Hatman juga mendapat penghasilan alias digaji. Menyesuaikan pengalaman dan jam terbang yang berbeda, para atlet mendapat penghasilan dengan nominal yang berbeda. Wah, terdengar menjanjikan, kan?

LENGKAPI LAPTOP GAMING MILIKMU DENGAN GRAPHIC CARD PILIHAN!

Ngobrol bareng Laksmiari dan Liliyana

bootcamp piala presiden

Selain dari segi bisnis, Bootcamp hari kedua juga diisi dengan topik Time Management, Teamwork & Personal Development yang disampaikan oleh Laksmiari Saraswati Widodo. Nggak sendirian, di sesi kedua ini juga diramaikan oleh Liliyana Natsir yang menyampaikan materi seputar Nasionalisme, Dedikasi, dan Sportivitas. Dipandu oleh moderator, kedua pembicara bergantian membahas topik ini.

Menurut Laksmiari yang sudah malang melintang di dunia psikologi olahraga, penting bagi seorang atlet untuk memiliki mental yang kuat. Dengan kondisi semenyedihkan apapun, seorang atlet harus bisa menempatkan dirinya dan bersikap profesional selama pertandingan berlangsung. Menyambung pendapat yang disampaikan oleh Mbak Laksmi, Liliyana mengingatkan pentingnya sebuah tim. “Jangan pernah lupa sama tim,” tandasnya.

Selain kerja sama tim, Liliyana juga memberi pengertian kepada para atlet agar bisa menerima kekalahan. Dibanding menyalahkan diri sendiri dan teman satu tim, Liliyana menekankan pentingnya evaluasi dan juga motivasi diri. Selain memperbaiki kesalahan yang ada, “nggak pernah cepat puas” juga menjadi kata kunci Liliyana yang dibagikan untuk para atlet esports yang hadir.

SEBELUM KEHABISAN, TOP UP DULU DENGAN GAME VOUCHER ANDALAN!

Pentingnya gaya hidup sehat bersama Dr. Andi

bootcamp piala presiden

Di sesi Gaya Hidup yang merupakan sesi terakhir Bootcamp Piala Presiden Esports 2019, Dr. Andi Kurniawan, Sp. KO hadir untuk membagikan pengetahuannya seputar kesehatan. Bertahun-tahun berkecimpung di dunia olahraga, Dr. Andi dengan santai memberikan tips untuk para atlet yang hadir.

Menurutnya, banyak faktor kesehatan yang perlu diperhatikan seorang atlet esports. Sebab, walau “hanya duduk di depan komputer”, atlet esports nyatanya nggak jauh berbeda dengan atlet olahraga konvensional.

DAPETIN MERCHANDISE PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019 DI SINI


Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab singkat, Bootcamp Piala Presiden Esports 2019 diakhiri dengan kalimat penutup dari MC. Dibekali dengan materi yang bermanfaat, para atlet yang hadir diharapkan bisa berlaga dengan baik di babak Final Piala Presiden Esports tanggal 30–31 Maret 2019.

Nah, sekarang para jagoan kita sudah berbekalkan ilmu dari berbagai pakar dan siap untuk bertanding di babak Final. Kamu udah punya tiket untuk nonton final Piala Presiden Esports 2019 belum? Kalau belum, langsung aja dapetin tiketnya di sini

Ayo, datang dan dukung langsung atlet esport favoritmu di Gelora Bung Karno, Jakarta, sampai jumpa!

MAU NONTON FINAL PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019? PESAN TIKETNYA DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY