Afgan tampak fresh saat bertemu Tim BBF di sebuah rumah kawasan Menteng, Jakarta Pusat sore itu. Solois yang baru mengeluarkan album terbarunya ini minta izin sebentar untuk mempersiapkan diri di sesi Blisik Sehari kali ini. Tak lama, Afgan siap ditanya-tanya mengenai proses penciptaan album terbarunya, alasannya rehat begitu lama, hingga kejutan terbarunya untuk para fans.

Album Afgan yang terbaru berjudul SIDES. Album ini jadi album studio keempat yang dirilis olehnya setelah L1ve to Love, Love to L1ve tahun 2013 lalu. Tiga tahun bukan waktu yang sebentar untuk rehat, tapi rupanya ia punya alasan untuk itu. Afgan sempat menempuh pendidikan di Malaysia, tapi di sela-selanya ia tak berhenti berkarya dengan melakukan kolaborasi dengan sejumlah nama.

whatsapp-image-2016-12-16-at-9-30-01-am

“SIDES kan artinya banyak sisi. Jadi, di album ini mau ngomongin banyak sisi dari saya yang belum didenger di album sebelumnya. Ngeliatin banyak sisi dari kehidupan aku yang belum pernah kuceritakan sebelumnya,” jelasnya.

Akhirnya, album berisi 13 lagu ini dikatakannya memunculkan Afgan yang lebih dewasa baik dari segi vokal maupun suara. Ia yang dulu malu-malu perlahan memberanikan diri untuk lebih unjuk gigi. Semuanya berdasarkan pengalaman pribadi penyanyi pria yang memulai karirnya 2088 silam ini.

“Kebanyakan ide dari pengalamanku, cerita pribadi. Saya sih bisa dari mana aja untuk nyiptain lagu. Bisa juga dari ngobrol sama produser akkhirnya saya kolaborasi di situ. Dari hal kecil yang awalnya nggak nyangka bisa menginspirasi dan melahirkan ide,” terangnya.

Lagu-lagu Afgan selama ini dikenal bertemakan cinta. Ternyata, cinta di mata Afgan tak selamanya soal kegalauan. Di SIDES, Afgan mengeksplorasi cinta dalam berbagai bentuk mulai dari ketulusan, pengorbanan, kehilangan, hingga harapan. Ujungnya, jangan pernah menyerah dalam hal cinta. Tema itu dikemas dalam alunan R&B dan Jazz yang jadi akar bermusiknya.

Fans di Mata Afgan

Fans jadi salah satu kunci penting bagi para musisi untuk terus berkarya. Begitu juga bagi Afgan yang mengatakan bahwa fans jadi salah satu motivasi dan mencari inspirasi. Afganisme – sebutan fans Afgan dikatakannya selalu memberikan semangat. Kadang, tindakan fansnya justru membuat Afgan takjub.

“Ada yang sampai terbang dari Jepang. Ada juga fans asli Korea yang ketemu saya di Surabaya dan Makassar. Mereka tahu album saya, tahu sedikit artinya, tapi mereka suka suara saya dan mau ketemu saya. Orang-orang yang sayan nggak nyangka dari jauh, bisa ketemu langsung dan bilang langsung mereka suka karya saya,” ujar Afgan.

Boxset SIDES untuk Afganisme

img_8759

Program Blisik Sehari ingin mendekatkan fans dengan musisi kesayangannya. Begitu juga buat kamu Blibli Friends yang suka banget sama Afgan. Afgan menghadirkan boxset SIDES, sebuah set khusus berisi barang-barang yang disukai Afgan dan sering dipakai dalam kesehariannya khusus di Blibli.com.

“Isi boxsetnya ada CD SIDES, rekaman tahun lalu konser saya di JCC, ada booklet isinya foto perjalanan karir saya, ada juga yang candid-candidnya. Terus ada pin karena saya suka pake jaket jeans dengan patch dan pin-pin, terus ada juga totebag karena saya penyuka totebag, terus gelang karena saya juga suka pakai gelang. Boxsetnya pokoknya berisi sesuatu yang saya suka pakai di keseharian,” terangnya.

boxset-afgan
Boxset Afgan buat kamu Blibli Friends dan Afganisme.

Jadi, Afganisme bisa merasa lebih dekat dengan Afgan lewat boxset SIDES ini. Tak hanya CD, kamu juga bisa memiliki benda-benda yang berkaitan dengan Afgan.

“Desainnya keren banget, secara konten juga well curated banget. Merchandisenya juga desainnya saya suka banget. Gak semua orang ya bisa punya karena cuma ada di boxset ini, gak ada di tempat lain. Bisa dibilang ini collectible items,” kata Afgan.

Buat yang pengen ngerasa lebih deket sama Afgan, kamu bisa memiliki boxset SIDES yang eksklusif ada di Blibli.com. Tak hanya itu, kamu juga bisa memiliki boxset SIDES edisi khusus bertanda tangan yang tersedia dalam jumlah terbatas lewat Blisik Sehari tanggal 16 Desember 2016.

Yuk, jangan ragu untuk mendukung musisi kesayangan dengan ikutan Blisik Sehari tanggal 16 Desember nanti!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY