Apalah arti Blibli.com tanpa pelanggan setia. Yes, itulah yang dirasakan Blibli.com selama lima tahun perjalannya. Tanpa customer, Blibli.com tidak akan pernah ada dan berkembang. Makanya, kali ini Tim BBF berusaha mengumpulkan kisah-kisah customer selama berbelanja di mall online terbesar Indonesia ini dalam #BlibliFriendsHappiness.

Winda Hadiyanti: Menjadikan Twitter Sebagai Tempat Komunikasi dengan Blibli.com

Siapa sih yang nggak kenal sosial media? Di zaman yang canggih betul ini, pasti nggak ada yang nggak kenal dengan sosial media. Termasuk kamu, kan Friends? Bahkan, satu orang bisa memiliki banyak sosial media dan rutin menggunakannya. Nah, kali ini BBF akan bercerita sedikit mengenai Winda Hadiyanti. Ada apa ya dengan Winda?

Saat dihubungi Tim BBF, ia mengatakan bahwa telah dua tahun berbelanja di Blibi.com, berawal dari akhir Desember 2014. Ia bercerita bahwa ia sangat nyaman berbelanja di Blibli.com karena bebas ongkos kirimnya yang tidak memberatkan. Selain bercerita mengenai kenyamanannya berbelanja Ibu Winda juga bercerita mengenai ketidaknyamanannya nih Friends.

“Sebulan kemarin saya pesan tablet berwarna putih tetapi yang sampai hitam, lalu saya komplain di Twitter, sangat cepat responnya dan selalu diberikan solusi oleh customer servicenya” ucap wanita berusia 29 tahun ini.

Pelayanan buruk tentunya dapat terjadi pada kita semua Friends, tetapi bagaimana langkah yang kita ambil selanjutnya. Tim BBF dapat bocoran kalau Winda sampai hafal betul nama agen-agen Twitter Blibli.com.

“Saya gak enak saja kalau menyapa menggunakan inisial nama customer servicenya, jadi saya tanya namanya siapa, kan saya jadi bisa menyapa dengan nama aslinya” katanya saat dihubungi Tim BBF.

Cara Komplain yang Baik Menurut Winda

Wanita yang kini tinggal di Purwakarta ini juga memberikan saran bagaimana cara komplain yang baik, bahkan Winda sudah memutuskan setia menjadi konsumen Blibli.com lho Friends!

“Sebutkan keluhan kita apa, yang penting jangan marah-marah dulu nanti pasti akan dikasih solusinya yang baik seperti apa, seneng belanja di Blibli.com apalagi ada poin rewards dan bebas ongkos kirim, itu poin plus untuk Blibli” ucap Winda.

Winda berharap Blibli.com mengadakan flash sale sejuta jadi 300 lagi seperti saat dulu juga mempertahankan bebas ongkos kirim serta kecakapan customer servicenya.

Budi Mulyawan: Komplain Berujung Buket Bunga dari Tim Customer Care Blibli.comwhatsapp-image-2016-10-17-at-12-44-45-pm

Budi Mulyawan adalah salah satu customer setia yang rupanya sudah berbelanja sejak awal Blibli.com berdiri. Ia tahu betul perkembangan Blibli.com dalam hal perkembangan kualitas barang dan layanannya. Karyawan swasta di salah satu perusahaan swasta ini mengaku sering membeli gadget, apalagi jika ada promo di Blibli.com.

Suatu hari, ia membeli Xiaomi Mi5 Dual SIM di Blibli.com dengan memilih Blibli Express sebagai kurir pengiriman. Kendala pun terjadi, barang yang sudah siap diambil di merchant tak kunjung diambil oleh kurir. Produk akhirnya baru diambil 4-5 hari kemudian, saat diterima, barangnya cacat. Saat barang diterima, hari ulang tahun istrinya makin dekat. Akhirnya ia mengajukan complain ke Tim Customer Care Blibli.com melalui Twitter.

Tak disangka, Tim Customer Care Blibli.com memberikan kejutan dengan mengantarkan langsung produk ganti yang dibeli ke Rumah Sakit Tebet, kebetulan istrinya memang sedang sakit saat itu. Tak hanya itu, Tim Blibli.com pun menjenguk istrinya dengan membawa buket bunga.

pak-budi-di-rumah-sakit
Putri Pak Budi bersama bunga dari Tim Customer Care Blibli.com

“Nah kebetulan saya bilang istri saya lagi sakit, saya surprise waktu langsung dianter ke rumah sakit dan besoknya ada kunjungan dari Tim Blibli, wah itu saya surprise banget,” paparnya saat dihubungi Tim BBF (17/10).

Selama ini, Budi dikenal oleh Tim Customer Care Blibli.com sebagai orang yang vocal dan mau bersuara, terutama lewat media sosial Twitter. Ternyata ia punya alasan mengapa menggunakan Twitter sebagai medianya berekspresi.

“Saya paling sering komplain di channel Twitter karena paling efektif dan tidak pakai biaya,” kata Budi.

testimoni

Seiring perjalanannya sebagai salah satu customer loyal Blibli.com, Budi jadi tahu betul cara komplain yang baik hingga akhirnya komplainnya ditindaklanjuti. Menurutnya, salah satu kunci dalam komplain adalah mengikuti Standard Operating Procedure (SOP) yang tersedia.

“Gini, kalau saya sih ngikutin SOP aja ya. Saya akan komplain baik-baik dan sesuai dengan estimasi mereka. Misalnya saya komplai dan mereka bilang 1×24 jam atau 2×24 jam. Saya akan ikutin sesuai janji mereka. Kenapa? Karena saya tahu mereka butuh waktu juga dan punya standar operasi,” paparnyna.

Budi tak ragu untuk vokal dan kembali komplain ketika SOP-nya dilanggar. Jadilah ia berpesan pada Blibli.com untuk selalu mematuhi SOP yang telah dibuat sendiri. Menurutnya, konsumen juga akan mengerti asal mendapatkan respon positf dan follow up yang dibutuhkan.

Ia berharap Blibli.com bisa terus meningkatkan pelayanan dengan harga yang bersaing. Pelayanan yang dimaksud adalah ketepatan pengiriman barang. Selain itu, pelayanan dari Customer Care juga harus bagus, yang menurutnya sudah dimiliki Blibli.com.

“Kalau bisa, online itu sejajar dengan offline, kadang kendala belanja online muncul dari waktu pengiriman,” sarannya.

Terima kasih Bu Winda dan Pak Budi sudah menjadi #BlibliHappyCustomer di #BlibliFriendsHappiness, bahkan memberikan saran yang sangat berarti untuk Blibli.com!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY