Hi Blibli Friends! Roadshow The Big Start Indonesia udah sampai Bali nih untuk ketemu langsung sama pengusaha kreatif yang super kece di Bali! Sekedar ingetin aja nih, The Big Start Indonesia adalah kompetisi pengusaha kreatif pertama di Indonesia yang fokus memberi kesempatan kepada pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan bisnis mereka!

Salah satu pembicara dalam Roadshow Bali The Big Start Indonesia adalah Yana Sandhi dari Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Blog Blibli Friends punya kesempatan ngobrol-ngobrol langsung sama Mas Yana yang juga merupakan founder salah satu komunitas wirausaha terbesar di Indonesia saat ini. Simak obrolannya yuk!

Mas Yana, sapaan akrabnya sudah berada di TDA mulai 2011. Bukan hanya join tapi Mas Yana merupakan salah satu yang mendirikan TDA di Bali. Pria ini pernah menjadi ketua di TDA Bali 2.0, saat ini, dia adalah pembina TDA Bali. Sebagai pembina Mas Yana mengawasi apa yang dikerjakan oleh para pengurus selama periode berjalan. Walau bentuknya komunitas, Mas Yana memaparkan bahwa program yang dijalankan TDA bisa berjalan dengan baik dan jadi bermanfaat untuk sekitar.

“Basic nya adalah komunitas. tetapi walaupun komunitas kita harapkan bahwa program program ini gak hanya sekedar asal ada dan kemudian tidak di jalankan dengan baik,” tutur Mas Yana.

Ada Program Apa Aja Sih di TDA?

TDA Bali memiliki dua program. Pertama adalah program offline, setiap bulan sekali ada kopi darat alias kopdar TDA Bali untuk sharing ilmu dan informasi. Nah, untuk program online TDA memiliki 2 program utama yaitu Salsa alias Saling Sharing dan Kulwa alias Kuliah WA. Saling Sharing ini umum dan berguna untuk sharing tentang apapun, bisa tentang dirinya, tentang produknya, tentang bisnisnya, pengalamannya, atau perjalanan dari awal sampai sekarang.

Lain lagi dengan Kulwa yang mengarah ke pemberian materi dengan model perkuliahan, secara online di Whatsapp. Menariknya materi itu bisa diberikan dari anggota TDA seluruh Indonesia.

“Jadi ada pemateri yang memberikan materi secara online. Jadi pemateri gak harus dari member kita. Kita kan seluruh Indonesia nih, kita bisa minta tolong, contoh ke TDA Jakarta. kita perlu materi A, siapa yang menguasai di sana, nanti masuk di grup kita dan memberi materi,” Mas Yana menerangkan.

Siapa Aja Sih yang Bisa Masuk TDA?

TDA punya 3 jenis anggota, yang belum usaha dan ingin punya usaha, yang kerja dah ingin punya usaha, dan yang sudah usaha ingin usahanya maju. Jadi dari tiga ini semua bisa masuk asal keinginannya sama yaitu ingin belajar bisnis bersama atau mengembangkan diri.

“Jadi belum punya bisnis pun silakan, justru kita seneng. berarti setidaknya sudah ada kemauan untuk berbisnis,” jelas Mas Yana. Keren!

Selain itu, anggota TDA bisa saling berbagi pengalaman dan ilmu, bahkan dengan mentor-mentor bisnis yang kece dari seluruh Indonesia.

Pendapat Mas Yana Soal Pengusaha Kreatif Bali

Mas Yana menjelaskan bahwa kondisi di Bali sangat potensial untuk pengusaha muda dan kreatif. Pengusaha muda sudah mulai bertumbuhan, yang masih kuliah sudah berani membuka usaha sendiri.

“Tapi sayangnya marketingnya belum berjalan dengan bagus, untuk secara produksi nya belum berjalan dengan bagus, tinggal kemauan untuk naik kelas dengan apa yang kita beri bisa untuk berkembang lagi.” Ujar Mas Yana.

Selain itu Mas Yana juga beranggapan bahwa anak-anak muda di Bali sudah berani memulai, tinggal bagaimana langkah selanjutnya adalah untuk naik level. Oleh karena itu TDA sering bikin acara-acara atau event untuk menumbuhkan level.

“Untuk level naik ini diperlukan ilmu ilmu, karena mungkin terlalu asik atau terlalu sibuk untuk berproduksi, akhirnya lupa untuk mengembangkan diri,” ujarnya.

Gimana Pendapat Mas Yana Soal The Big Start Indonesia Season 3?

Menurut mas Yana, The Big Start memiliki peran sebagai sebuah jembatan untuk menemukan potensi. Dia melihat banyak pengusaha yang tidak sadar akan potensi produknya. Katanya, jika masuk The Big Start, ada mentor yang akan bantu memoles produk sedemikian rupa sehingga produk bisa naik kelas dan lebih sukses dari sebelumnya.

Seru banget sesi ngobrol-ngobrolnya dengan Komunitas Tangan Di Atas Bali! Terima kasih Komunitas Tangan Di Atas sudah meluangkan waktunya untuk hadir di Roadshow Bali The Big Start Indonesia Season 3!

Nah, buat Blibli Friends yang punya usaha atau tengah memulai usaha dan sudah punya produk, wajib banget daftar The Big Start Indonesia Season 3. Kenapa? Soalnya kamu bakal dapet pengalaman dan ilmu dari para mentor yang berpengalaman, memperluas network dari peserta maupun Blibli.com sebagai e-commerce di Indonesia, dan tentunya punya peluang mendapatkan total hadiah 1,1 miliar rupiah.

KLIK DI SINI UNTUK DAFTAR THE BIG START INDONESIA SEASON 2

Penulis: Rayi Bintang

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY