Friends, di artikel sebelumnya udah diceritain nih kalau Blibli.com bakal ikut serta di Jakarta Fashion Week (JFW) 2017 dengan bekerjasama denga 4 desainer. Yes, mereka adalah Monique Soeriaatmadja dari alex[a]lexa, Nonita Respati dari Purana, Yessy Kusumo dan Rendy W. Sastra dari Shopatvelvet, dan Ria Miranda dari riamiranda.

Setelah tahu kisah di balik Darjeeling Limited dari alex[a]lexa dan Solivagant dari Shopatvelvet, kini ada cerita juga di balik koleksi Technicolor dari Purana dan Foresta dari Ria Miranda. Dua desainer ini juga punya keunikan dan ciri khas masing-masing.

Purana selama ini sudah dikenal dengan kain Indonesia yang dimodifikasi sehingga lebih modern, sedangkan Ria Miranda punya ciri khas warna pastel yang sangat perempuan dan sederhana. Kali ini, apa yang mereka bawa di JFW 2017 bekerja sama dengan Blibli.com ya?

Technicolor by Purana: Tiga Teknik Pewarnaan dalam Satu Kain

purana
Technicolor by Purana

Nonita Respati terlihat lelah tapi bersemangat malam itu saat didatangi Tim BBF. Ia baru saja pulang memamerkan koleksinya di Los Angeles Fashion Week. Walau begitu, Jakarta Fashion Week 2017 siap ia hadapi dengan antusias. Apalagi kali ini ia digandeng Blibli.com sebagai partner.

Sebelum masuk dalam pembicaraan mengenai koleksinya, Nonita menceritakan bahwa Purana bukan brand yang mengusung etnik sebagai daya tarik utama. Purana disebutkannya sebagai modern, nice, Indonesian fabric yang mengambil esensi teknik dari kain nusantara: batik, jumputan, dan tenun dengan ciri khasnya sendiri.

Kain yang dibuat sendiri itu kemudian diwujudkan dalam pola atau motif yang lebih fresh dan modern. Nah, itulah konsep besar yang diturunkan dalam Technicolor yang jadi koleksi Purana di JFW 2017 bekerjasama dengan Blibli.com.

“Technicolor itu kan warna-warna bold yang ada di film atau video processing. Itu kita angkat karena cocok banget dengan Spring Summer atau warna musim semi dan musim panas,” papar desainer berusia 37 tahun ini.

dsc01770
Nonita Respati, sosok di balik Purana

Warna bold ini sengaja ia ambil dari pergerakan fashion week yang ada di luar negeri yaitu warna cerah. Uniknya, di Technicolor ia menuangkan tiga teknik pewarnaan kain yang biasa ia lakukan dalam satu kainnya. Jadi, akan ada perpaduan antara batik, tenun, dan jumputan dalam tiap koleksi yang ia bawakan. Dijelaskannya, penggabungan tiga teknik ini awalnya adalah eksperimen yang berhasil.

Selain warna, Nonita juga menganggap bahwa koleksinya akan sangat unik karena ukurannya yang sizeable atau free size. Perempuan dengan ukuran S, M, ataupun L bisa membeli satu produk. Tak lupa ia menambahkan kancing sehingga koleksinya bisa dibesarkan, dikecilkan, bahkan diubah sekalipun.

Karena keunikan-keunikan yang dimiliki itulah, Purana bisa dikenakan oleh perempuan berkarakter rileks, tau apa yang diinginkan, dan mengutamakan kenyamanan.

“Dia juga harus mengutamakan yang namanya personal style,” paparnya.

Saat ditanya mengenai dampak fashion terhadap kehidupan, jawabannya singkat namun tegas. Sebagai seorang desainer, Nonita menyatakan bahwa good life dimulai dari cara seseorang dalam berpakaian. Hal-hal baik akan mengikuti ketika seseorang sudah berfashon dan berbusana secara tepat.

“I think good life starts from fashion ya. jadi, ketika seseorang sudah berbusana secara tepat baik secara waktu, tempat, gaya, dan tren, maka good life akan mengikuti. Otomatis seseorang itu sudah menonjol yang namanya personal style, karakter, kemudian self confidence akan menonjol,” tegas Nonita.

Foresta by Ria Miranda: Inspirasi dari Hutan, Sumber Kehidupan

rm
Foresta by Ria Miranda

Siapa yang tidak kenal Ria Miranda? Desainer berusia 31 tahun ini sudah bekerjasama dengan Blibli.com untuk ketiga kalinya. Kali ini, Ria Miranda kembali digandeng Blibli.com untuk memenuhi kebutuhan modest wear ciri khas Ria Miranda.

Pagi itu kawasan Bintaro basah habis diguyur hujan. Ria Miranda agak terlambat datang ke butik yang Tim BBF datangi karena baru saja mengantarkan anaknya ke sekolah. Tak lama, ia duduk manis siap menjawab pertanyaan dari Tim BBF.

3
Ria mengutamakan kesederhanaan dalam koleksinya.

Koleksi Ria Miranda untuk JFW 2017 bekerjasama dengan Blibli.com bernama Foresta. Sesuai dengan namanya, koleksi ini memang mengambil tema hutan sebagai poin utama. Ria menceritakan, tema ini merupakan pengembangan dari koleksi sebelumnya yang memiliki makna kuat. Baginya, hutan merupakan sumber kehidupan yang punya banyak manfaat untuk makhluk hidup.

“Hutan adalah sumber oksigen, setiap tanaman menghasilkan buah dan daun yang bisa dikonsumi, kayu bermanfaat untuk pembangunan, dan sebagainya. Jadi saya mengharapkan para pemakai koleksi ini bisa menjadi individu yang lebih bemanfaat dan positif untuk lingkungan sekitar dari koleksi ini,” ujar Ria.

Seiring dengan tema yang sudah dipilih, Foresta akhirnya menggambarkan hutan dalam sentuhan desain. Ria memilih warna tosca yang dipadukan dengan warna bold bernafaskan natural seperti cokelat dan abu-abu.

“Sesuai dengan ciri khas desain, pemilihan warna lembut dan hangat digabungkan dengan tren warna 2016. Untuk koleksi Foresta yaitu peach, biru, dan abu-abu,” ujar desainer bernama lengkap Indria Miranda ini.

Sejalan dengan karakter koleksi yang dimiliki, Ria akhirnya mengharapkan bahwa pemakai koleksinya adalah perempuan modern cenderung feminin, merefleksikan kerendahan hati, dan kesederhanaan melalui busana yang dikenakan.

Kerjasama dengan Blibli.com: Menambah Ruang Kreasi Desainer

jfw-micrositeeditorial

Nonita Respati mengapesiasi kerjasama dengan Blibli.com untuk JFW 2017 ini. Ia menganggap bahwa Blibli.com adalah platform e-commerce di Indonesia yang repectable dan terpercaya.

“Kemudian dia (Blibli.com) juga menggarap divisi fashion dengan serius sehingga desainer yang ditampilkan juga sudah melalui kurasi, produk yang ditampilkan juga sudah melalui proses kurasi,” jelasnya.

Ria Miranda punya pendapat lain. Kerjasama dengan Blibli.com sudah berjalan untuk ketiga kalinya. Kerjasamanya dalam bentuk Foresta kali ini menjadi kesempatan besar baginya karena ada di ajang JFW 2017. Ia senang bisa kembali bekerjasama karena Ria dan Blibli.com punya kesamaan visi untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia, khususnya fashion yang jadi bidangnya.

Itu dia Friends kisah di balik karya para desainer di Blibli.com x JFW 2017 kali ini. Semoga kolaborasi ini dicintai oleh para pencinta fashion Indonesia, ya!

Buat kamu yang ingin mendukung industri fashion dengan memiliki karya para desainer Blibli.com di JFW 2017 ini, kamu bisa melihat-lihat karya mereka di sini. Sesuaikan koleksi yang ada dengan selera dan karaktermu juga, biar percaya diri saat memakainya!

Foto koleksi desainer adalah hasil kerjasama dengan womantalk.com, media gaya hidup berbasis online.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY