Senang sekali Blibli.com tahun ini ikut serta di Jakarta Fashion Week (JFW) 2017 dengan menggandeng 4 desainer muda Indonesia. Mereka adalah Monique Soeriaatmadja dari alex[a]lexa, Rendy W. Sastra dan Yessy Kusumo dari Shopatvelvet, Ria Miranda dari riamiranda, dan Nonita Respati dari Purana. Keempat desainer ini menciptakan karya khusus kolaborasi dengan Blibli.com di JFW 2017.

Empat desainer ini hadir dengan karakter dan ciri khas yang berbeda dan spesial untuk para fashionista Indonesia. Serunya lagi, mereka memilih Blibli.com untuk menyebarkan semangat yang sama: mengenalkan tren mode dan pentingnya fashion dalam kehidupan sehari-hari dalam balutan karya untuk perempuan Indonesia.

Friends, Part I ini akan menceritakan cerita desainer alex[a]lexa dan shopatvelvet di balik karya: mengenai inspirasi dan harapan mereka.

Darjeeling Limited by alex[a]lexa: Siapa Bilang Inspirasi Fashion tidak Bisa datang dari Film?

alexa
Darjeeling Limited, bukti inspirasi karya fashion bisa datang dari mana saja.

alex[a]lexa kali ini membawa koleksi kolaborasi dengan Blibli.com bertajuk Darjeeling Limited untuk JFW 2017. Koleksi pakaian wanita berpotongan unik dengan paduan warna-warna kuning, pink, dan hijau dengan akses print di sana-sini ini ternyata inspirasinya datang dari sebuah film!

Film yang jadi inspirasi berjudul Darjeeling Limited karya Wes Anderson. Menurut desainer alex[a]lexa, Monique Soeriaatmadja, film ini dipilih karena ia suka banget sama karya-karya Wes Anderson. Disebutkannya, Wes Anderson ini sangat terkenal dengan set desain dan banyak memainkan warna. Makanya di koleksi kali ini ia berusaha menuangkan warna-warna yang ada dalam film Darjeeling Limited ke dalam busana.

Darjeeling Limited yang jadi inspirasi Monique
Darjeeling Limited yang jadi inspirasi Monique

“Wes Anderson ini sangat terkenal dengan set desainnya, banyak bermain warna yang kalo orang liatnya ‘ini norak gak ya?’ Tapi kalau diliat lagi tuh it’s just cool!” ungkapnya pada Tim BBF.

Darjeeling Limited adalah film karya Wes Anderson tahun 2007 berjenis drama-komedi yang mengisahkan perjalanan tiga sahabat ke India. Selama perjalanan, ketiga sahabat ini menggunakan kereta Darjeeling Limited sebagai transportasi dan hampir semua set kisah ada di dalam kereta. Warna kereta yang dominan biru dan kuning sangat tercermin dalam koleksi Darjeeling Limited dari alex[a]lexa.

alexalexa
Monique, sosok di balik Darjeeling Limited by alex[a]lexa
Tak hanya warna, Monique juga mengambil Pegunungan Himalaya yang jadi latar kisah untuk dituangkan dalam karyanya. Jadi, akan ada beberapa pakaian yang menggunakan print pegunungan tempat gunung-gunung tertinggi di dunia ini berada. Kalau mau dijelaskan lagi, karya alex[a]lexa kali ini desainnya ringan, simpel, namun dibalut warna dan print yang kuat.

Koleksi Darjeeling Limited yang berkolaborasi dengan Blibli.com ini bisa dikatakan jadi salah satu wujud dukungannya untuk para Big Fans of Fashion. Monique mengatakan bahwa fashion bisa membuat kehidupan jadi lebih baik, fashion adalah sesuatu yang dipakai setiap hari sehingga manusia tidak bisa lepas sepenuhnya dari fashion.

“Tiap hari kan kita berpakaian, mencerminkan aktivitas hari ini, gaya hidup, selera kita. Jadi saat kita bener-bener memikirkan dengan baik apa yang kita kenakan di badan kita, fashion yang kita pakai, itu mencerminkan gaya hidup kita. If you want good lifestyle, you have to wear the fashion that reflects that lifestyle,” ujar Monique.

Solivagant by shopatvelvet: Warna dan Bentuk Arsitektur Tertuang dalam Busana

sav
Warna bumi tertuang dalam Solivagant karya Shopatvelvet.

Lain halnya dengan alex[a]lexa yang mengambil inspirasi karya dari fashion, shopatvelvet yang digawangi Randy W. Sastra dan Yessy Kusumo ini merilis koleksi Solivagant yang inspirasinya datang dari karya arsitektur Luis Barragan. Kenapa arsitektur? Ternyata, dua sejoli ini memang punya latar belakang arsitek yang akhirnya jadi sumber inspirasi fashion karya mereka.

“Dibayangkan ceritanya itu adalah karakter wanita yang mengingat masa lalu, kemudian bermimpi, dengan settingam Casa Luis Barragan itu,” papar Yessy pada Tim BBF.

casa-luis-barragan
Inspirasi Solivagant, Casa Luis Barragan di Meksiko

Casa Barragan adalah salah satu karya Luis Barragan yang menggunakan perpaduan warna kayu dan batu seperti cokelat dengan warna pop seperti pink dan biru. Cerminan warna itulah yang tertuang dalam Solivagant.

shopatvelvet
Randy dan Yessy, mengambil inspirasi fashion dari arsitektur.

Solivagant ini menjadi menarik karena memang didesain sebagai daily wear. Jadi, karakter perempuan yang cocok mengenakan karya kali ini adalah perempuan yang aktif, percaya diri, dan dinamis. Shopatvelvet ingin agar koleksinya bisa digunakan secara bebas dan tak terbatas, weekday ataupun weekend, bekerja maupun bersosialisasi.

Latar belakang arsitektur tidak membuat mereka kehilangan ide untuk berkarya di dunia fashion. Justru mereka melihat fashion sebagai salah satu kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Mereka sudah jatuh cinta pada fashion sebelum jatuh cinta dengan arsitektur.

“Kita berdua punya kepercayaan kenapa mau terjun di dunia fashion. Good design can improve the quality of life. Kita sama-sama merasakan good impact dari fashion,” terang Randy.

Kerjasama dengan Blibli.com sebagai sarana mendekatkan diri dengan customer

jfw-micrositeeditorial

Dua label yang sedang bertumbuh ini sama-sama tertarik bekerjasama dengan Blibli.com karena melihat kesamaan visi untuk mengembangkan indstri fashion di Indonesia. Selain itu, Blibli.com juga mengembangkan kesempatan mereka untuk mengenalkan koleksi pada konsumen yang lebih luas dengan JFW 2017 sebagai salah satu momentum yang tepat.

Kalau kamu ngerasa punya kesamaan karakter dari koleksi yang mereka rilis di JFW 2017 ini, kamu bisa langsung memiliki Darjeeling Limited dari alex[a]lexa dan Solivagant dari shopatvelvet di Blibli.com. Manfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki Blibli.com seperti cicilan 0%, jaminan kualitas, dan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia.

Foto koleksi desainer adalah hasil kerjasama dengan womantalk.com, media gaya hidup berbasis online.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY