Sekilas, bikin kue terlihat sulit karena harus mencampurkan berbagai adonan dan memanggangnya di sehingga kue bisa mengembang sempurna. Padahal sebenarnya, gampang kok bikinnya. Tinggal cari resep-resep yang ada di internet. Bahannya kamu bisa beli lewat Apps seperti Blibli.com. Dari alat pembuat kue, bahan adonan, hingga bahan instan bisa kamu peroleh tanpa harus repot keluar rumah. Bisa dicicil lagi! Jadi, kamu bikin kue untuk suguhan tamu dengan karyamu sendiri. Asyik kan?

Untuk memudahkan Friends yang ingin segera eksekusi membuat kue kering, kami sudah merangkum beberapa tips rahasia agar kue kering kalian bisa lebih enak. Pas di mulut, sedap dipandang.

1. Gunakan loyang dari bahan alumunium

Loyang Alumunium

Ini salah satu rahasia utama membuat kue kering lebaran. Pilih loyang untuk memanggang kue yang berbahan alumunium. Di pasaran, biasanya ada juga loyang berbahan besi. Bahan besi ini biasanya menyerap panas lebih cepat. Maka jika tidak pas perhitungan waktunya, kue lebih mudah gosong. Jadi untuk kamu yang masih pemula, akan lebih baik menggunakan loyang alumunium.

2. Pilihan bahan harus sesuai dengan anjuran

Bahan Sesuai Anjuran

Biasanya kalau menemukan resep di internet, tak jarang kita mengganti-ganti bahan dasar yang dianjurkan. Kalau sudah profesional memang tak masalah. Tapi bagi yang masih pemula, dianjurkan untuk tetap mengikuti apa pun resep yang diberikan. Ini penting karena biasanya resep itu sudah teruji hasilnya.

3. Sesuaikan pilihan tepungnya

Sesuaikan Pilihan Tepung

Biasanya untuk menghasilkan kue kering lebaran yang renyah dianjurkan menggunakan tepung terigu dengan protein rendah. Jika ternyata di dalam resep dianjurkan menggunakan tepung tapioka atau tepung sagu, lebih baik disangrai (goreng tanpa minyak) dulu. Ini penting agar kue bisa lebih renyah.

4. Masukkan bahan secara bertahap

Masukkan Bahan Bertahap

Ikuti petunjuk sesuai resep, kapan harus mulai mencampurkan bahan-bahan. Biasanya, agar kue kering tidak gagal, saat mencampurkan bahan kering dengan adonan mentega harus dipisah hingga tiga kali. Setiap kali mencampur harus diaduk sampai rata secara perlahan sehingga kue tidak keras. Jika adonan terlihat lembek, jangan menambahkan tepung karena bisa membuat kue beraroma tepung. Lebih baik bungkus adonan dengan plastik dan simpan sebentar di lemari es.

5. Perhatikan betul waktu dan suhu saat kue dipanggang

Waktu dan Suhu

Ini rahasia paling penting yang harus Friends ketahui. Waktu ideal memanggang kue kering  itu biasanya maksimal hanya 20 menit dengan tingkat suhu 130-170 derajat Celsius. Untuk kue dengan tekstur padat seperti nastar atau kastangel, biasanya suhunya 130 derajat sudah cukup. Tapi untuk yang bertekstur empuk seperti kue semprit suhunya perlu lebih tinggi.

6. Dinginkan sebelum disajikan

Dinginkan Sebelum Disajikan

Kue kering setelah keluar dari oven biasanya masih berproses sampai matang betul. Karena itu kue kering baru boleh disajikan atau dimasukkan ke dalam toples kalau sudah benar-benar dingin.

Semoga dengan tips tadi, Friends sukses mengejutkan tamu-tamu dengan kue kering kreasimu ya.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY