me

Biaya Road Trip Jakarta Bali, Kira-kira Habis Berapa, Ya?

Apr 01, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Berencana liburan ke Bali ramai-ramai dengan budget yang terbatas? Salah satu cara berhemat saat liburan adalah dengan road trip. Berapa sih biaya road trip Jakarta Bali? Tentu ini tergantung dari seperti apa gaya liburanmu, mau langsung sampai atau mau menikmati kota yang dilewati juga? Banyak faktor yang harus dipertimbangkan, ini dia perkiraan biayanya dan tips berhemat selama di perjalanan. 

Baca juga: Rekomendasi Hotel yang Ada Kolam Renang di Palembang


Cara Menentukan Biaya Road Trip Jakarta Bali + Perkiraan Biaya

biaya road trip jakarta bali
image source: www.unsplash.com

Karena sudah ada Tol Trans Jawa-Bali, maka sebaiknya pilih rute ini. Kita bisa memperkirakan biaya tol untuk sekali jalan yaitu Rp 700 ribuan. Lalu untuk biaya bahan bakar. Sebenarnya jarak Jakarta Bali menurut Google Maps adalah 1.186 km. Ini adalah jarak kalau kita berkendara non stop. Tapi kalau mampir ke beberapa kota dan mengunjungi tempat wisata, maka jaraknya bisa mencapai 3000 km.

Coba dihitung jika menggunakan BBM termurah, Pertalite, yang harganya rata-rata Rp 8 ribu dan yang paling mahal Pertamax Turbo yang harga rata-ratanya Rp 15 ribuan. Berapa hasil yang didapat? Masukkan ke budget. Kalau ingin menghemat biaya dari segi BBM, kamu bisa pilih mobil yang irit bahan bakar.

Kemudian, siapkan juga biaya makan. Kira-kira sebelum sampai ke Bali butuh waktu berapa lama? Kalau perjalanan non stop memang hanya butuh sekitar 20 jam. Tapi kalau kamu berencana istirahat biar nggak terlalu capek, kira-kira butuh 2 – 3 hari. Hitung saja harus makan berapa kali. Kalau ingin berhemat, sebaiknya tentukan tempat makan sejak awal.

Untungnya, sekarang semuanya bisa kita cari dengan mudah di internet. Jadi, kita bisa pilih tempat makan dan penginapan yang sesuai budget. Berikut ini perkiraan biaya road trip Jakarta Bali sekali jalan tanpa biaya makan dan penginapan:

  • Tol: Rp 700 ribu
  • Bensin: Rp 1.200.000
  • Penyeberangan kapal feri: Rp 200.000

TOTAL = Rp 2.1 jutaan.

Tips Hemat Budget Saat Road Trip

biaya road trip jakarta bali
image source: www.unsplash.com

Ada banyak cara untuk berhemat saat road trip. Ini dia tujuh cara yang bisa kamu coba:

  1. Buat Rencana Rute yang Mau Dilewati

Selain penting untuk kelancaran berkendara, merencanakan rute road trip juga bisa membantu kita merencanakan biaya. Misalnya kita pilih ke Bali lewat jalan Tol Trans Jawa, kita jadi sudah tahu perkiraan berapa yang harus dikeluarkan untuk tarif tol. bandingkan dengan rute Jakarta Bali lainnya, lalu pilih mana yang biayanya lebih murah.

  1. Berkendara dengan Mobil yang Hemat BBM

Bahan bakar kendaraan memang bukan hal yang kecil, apalagi untuk perjalanan jauh seperti Jakarta Bali. Kita harus siap dengan budget khusus karena bisa menghabiskan biaya hingga jutaan. Meski begitu, kita bisa kok menghemat bahan bakar, caranya adalah dengan memilih mobil yang konsumsi bahan bakarnya irit. Beda biaya yang dikeluarkan bisa cukup signifikan lho.

  1. Rencanakan Tempat Beristirahat
    Kupon Hotel -Andaz Bali (Pay 1 Stay 2

Acara jalan-jalanmu bakal lebih hemat kalau sejak awal sudah direncanakan. Termasuk untuk urusan tempat pemberhentian. Karena perjalanan Jakarta Bali cukup jauh, kalau nggak ingin kecapekan, kamu bisa rencanakan beristirahat di salah satu kota yang dilewati.

Kamu bisa keluar tol di Semarang, Solo atau kota lainnya. Tentukan sejak awal dan cari penginapan yang harganya sesuai dengan budget liburanmu. Book penginapan di saat harganya murah, biasanya ini bisa cukup menghemat dibandingkan kamu baru pesan langsung di tempat. Tetaplah pada rencana supaya budget nggak membengkak.

  1. Buat Rencana Makan
    Paket Buka Puasa (The Stones Hotel - Legian, Bali)

Sama pentingnya dengan akomodasi, sebaiknya urusan makan juga harus direncanakan sejak awal. Untuk awalnya, kamu bisa bawa makanan dari rumah, jadi cukup untuk menghemat jajan makanan di luar. Kamu juga bisa bawa camilan, jadi kalau kepingin makanan kecil nggak perlu mampir rest area dan beli lagi.

Lalu untuk makanan besarnya, sebaiknya direncanakan juga. Mau berhenti di kota apa, lalu cari tempat makan di kota itu yang harganya sesuai dengan kantongmu. Kalau bisa, kamu juga bisa menentukan tempat makan apa saja yang bakal kamu kunjungi di Bali. Dengan begitu, kamu sudah tahu kira-kira bakal keluar biaya berapa untuk urusan perut. Walaupun over budget, nggak akan terlalu jauh.

  1. Buat Rencana Kunjungan Wisata
    Tiket Bali Zoo Bali Indonesia

Kalau lagi road trip, memang paling seru kalau jalannya santai dan dinikmati. Jadi, nggak perlu buru-buru sampai di Bali. Jadi kamu bisa menikmati berbagai kota yang dilewati, karena pasti ada destinasi wisatanya juga. Mengunjungi tempat wisata boleh-boleh saja, tapi pastikan kamu merencanakannya sejak awal supaya biayanya nggak terlalu membengkak.

Misalnya sudah merencanakan mau istirahat di kota A. Coba cari di kota A ada destinasi wisata apa saja lalu cek berapa tarif masuknya. Beberapa tempat wisata biaya masuknya gratis, jadi kita bisa berwisata tanpa keluar biaya. Kalau bisa menemukan tempat wisata yang seperti ini, pastinya kita bisa menghemat cukup lumayan. Walaupun nggak, pastikan biayanya masuk dalam budgetmu.

  1. Batasi Jajan di Sana-Sini
    Kids Club: 5 Jam Kids Day Pass + Gratis Makan Siang untuk Anak

Kalau lagi berwisata memang salah satu yang sulit dihindari adalah jajan. Apapun yang dijual, seringkali kita mudah tergoda karena belum pernah mencoba sebelumnya. Biaya jajan ini juga harus diperhitungkan sejak awal lho. Selama masih masuk budget sih nggak masalah.

Tapi pastikan kamu menghindari jajan terlalu banyak. Hindari juga jajan makanan, minuman, dan lain-lain yang harganya terlalu mahal. Bukan berarti kamu nggak bisa jajan sama sekali lho. Tapi sepertinya kamu nggak perlu jajan di setiap tempat pemberhentian kan? Meskipun kelihatannya kecil, tapi kalau dikumpulkan, biaya yang dikeluarkan buat jajan ini lumayan juga lho.

  1. Siapkan Biaya Khusus Buat Beli Oleh-Oleh

Kalau kita lagi liburan, sudah jadi tradisi di Indonesia untuk pulang bawa oleh-oleh. Biasanya orang-orang yang dekat dengan kita pasti sudah menantikannya. Biaya yang dikeluarkan untuk oleh-oleh ini kadang nggak main-main.

Karena itu, penting juga buat kita merencanakan pos khusus buat oleh-oleh. Kalau bisa, sejak awal tentukan mau beli oleh-oleh di mana. Di Bali, jelas banyak banget toko oleh-oleh yang bisa kita pilih. Cari tahu di mana toko oleh-oleh yang produknya berkualitas tapi harganya terjangkau. Siapkan budget khusus dan nggak perlu beli barang yang berlebihan.


Baca juga: Hotel yang Ada Kolam Renang Pribadi di Bandung

Ada banyak yang harus dipersiapkan untuk road trip Jakarta Bali. Tapi tenang saja, kamu bisa dapatkan berbagai kebutuhanmu di Promo Ramadhan yang diselenggarakan Blibli. Di sini tersedia produk lengkap mulai dari makanan dan minuman ringan, keperluan fashion, hingga gadget.

Kamu juga bisa menghemat biaya road trip karena belanja di Blibli lebih hemat. Kamu bisa gunakan voucher potongan harga, gratis ongkir, dan cashback yang menguntungkan. Jadi nggak perlu menunggu lama lagi, yuk pilih barang kebutuhanmu sekarang.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya