Hello Friends! Tahu nggak, kalau berdasarkan Badan Pusat Statistik terdapat lebih dari 350.000 tindak pidana di tahun 2015? Kalau kita mengambil perspektif lebih dekat lagi, itu berarti terjadi 40 tindak kriminal di Indonesia setiap jam!

Untuk keamanan, kamu bisa saja membawa senjata seperti tongkat ataupun stun gun ketika bepergian. Tetapi, akan lebih aman dan bermanfaat kalau kamu mempunyai keahlian bela diri, karena bantuan nggak bakal selalu ada ketika kamu membutuhkannya!

Namun, apa bela diri yang cocok untuk dirimu? Berikut 7 alternatifnya!

1. MMA (Mixed Martial Arts)

bela-diri

Sudah pernah dengar berita soal perempuan yang menghajar 5 orang perampok pria? Kok bisa ya?

Dia bukan Wonder Woman kok. Dia hanyalah seorang atlet profesional MMA atau ilmu bela diri campuran. Berbeda dengan bela diri yang hanya fokus dengan teknik-teknik tertentu, MMA mengambil elemen dari berbagai bela diri dan mengkombinasikannya.

Dalam keadaan genting, ahli MMA dapat menggunakan berbagai gerakan secara fleksibel untuk menaklukkan musuh dalam berbagai bentuk!

Bayangkan kalau kamu ahli bela diri yang fokus pada teknik tendangan, tapi ditodong di gang sempit yang nggak punya banyak ruang untuk gerakan menendang. Repot kan?

Kalau kamu mau mendalami MMA, hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah sarung tinju. Gunanya biar kamu belajar untuk mementalkan dan menumbangkan lawan ketika sedang diserang.

2. Kendo

kendo

Bela diri dari Jepang ini mempelajari seni berduel dengan pedang kayu. Secara tradisional, kendo memiliki tujuan untuk mendisiplinkan diri melalui prinsip-prinsip penggunaan pedang katana.

Kalau kamu sering berada di rumah, bela diri ini cocok untuk melindungi rumahmu dari perampok. Hal ini sudah terbukti loh. Kalau penasaran, kamu bisa periksa berita soal pria Argentina yang menghadapi perampok bersenjata api dengan pedang katana. Saking paniknya, kedua perampok itu melarikan diri dan menabrak pohon!

Nggak perlu selalu punya pedang kayu atau besi. Dalam keadaan genting, kamu bisa menggunakan pipa atau tongkat kayu dan mengaplikasikan prinsip yang sama. Yang penting kamu cepat tanggap!

3. Wu shu

wu-shu

Bela diri dari negeri bambu yang satu ini sudah dipopulerkan oleh aktor Jackie Chan dan Jet Li. Dalam wu shu, terdapat filosofi yang berpusat pada keseimbangan dalam tubuh. Walau ini berbeda dalam berbagai aliran seperti Wing Chun atau Shao Lin.

Salah satu yang berguna buat keadaan genting adalah keseimbangan dalam tenaga. Wu shu dapat memberikan takaran seberapa energi ya g dikeluarkan dan dibutuhkan untuk melakukan (termasuk menaklukkan) suatu hal.

Banyaknya kunci cakra (xue) yang bisa kamu unlock dalam diri kamu juga memungkinkan kamu untuk menemukan potensi tersembunyi dari tubuh manusia. Hal ini kemudian bisa dimanfaatkan ketika kamu terpojok.

4. Krav Maga

krav-maga

Berbeda dengan bela diri yang berlandaskan filosofi ataupun suatu bentuk olahraga, Krav Maga yang berasal dari Timur Tengah merupakan bela diri modern yang berfokus penuh pada fungsionalitas.

Tujuan dari gerakan-gerakan Krav Maga sendiri adalah untuk menetralisir lawan secepat mungkin dalam situasi-situasi realistis. Misalnya bagaimana melawan musuh yang memegang belati, atau memutar situasi dengan mencuri pistol dari tangan musuh.

Nggak heran kalau personil militer dari berbagai penjuru dunia mempelajari bela diri yang satu ini.


BACA JUGA Ini Tujuh Barang yang Harus Selalu Dibawa Cewek-Cewek yang Sering Pulang Malam!


5. HEMA (Historical European Martial Arts)

hemaVia Youtube

Apa yang terbayang ketika kamu mendengar kata bela diri Eropa di zaman dulu? Berbeda dengan bela diri yang melatih kekuatan pukulan atau tendangan, bela diri satu ini memanfaatkan senjata-senjata di Eropa abad pertengahan!

Nggak hanya belajar cara menebas dengan pedang saja, dalam HEMA juga dipelajari cara melucuti senjata lawan dan latihan untuk membangun refleks ketika berduel. Cocok kalau kamu berhadapan dengan perampok bersenjata tajam!

Karena jarang dipelajari, ketika kamu bertemu dengan perampok yang mungkin paham bela diri masa kini akan lebih menguntungkan kamu. Ia pasti akan kesulitan untuk menangkal gerakan-gerakan yang ‘kuno’ darimu.

6. Bartitsu

bartitsuVia James Garvey

Kalau wu shu dipopulerkan oleh Jackie Chan, bela diri Bartitsu malah dipopulerkan tokoh fiktif. Kalau kamu penggemar film-film berlatar Inggris, kamu mungkin sudah tahu kalau karakter Sherlock Holmes menguasai bela diri ini.

Tentu saja terdapat unsur-unsur tinju dan gulat dalam Bartitsu, namun ada ciri khas lainnya loh. Sesuai dengan tema para gentlemen dari Inggris, bela diri ini juga mencakup teknik dengan menggunakan tongkat jalan dan payung. Cocok sekali buat kamu yang suka membawa payung di musim hujan ini!

Teknik-teknik utamanya adalah mengaitkan atau mencungkil musuh, memukul dengan kayu, dan menyandung mereka sampai jatuh. Intinya, bela diri ini memaksimalkan gaya pada kedua ujung tongkat untuk memanipulasi musuh, kemudian baru diserang.

7. Kinamotay

kinamotayVia NBC Miami

Pernah melihat dua perempuan yang berkelahi? Biasanya mereka saling mencakar dan menggigit seperti kucing yang bertengkar.

Ternyata ada loh seni bela diri yang memaksimalkan teknik berkelahi seperti itu. Kinamotay merupakan bela diri Filipina yang berfokus pada teknik menggigit, mencakat, dan mencubit.

Teknik bela diri ala perempuan ini dapat melumpuhkan semua orang, termasuk pria besar! Kuncinya adalah dengan mengincar bagian-bagian paling sensitif, termasuk mencakar mata dan menggigit daerah selangkangan lawan.

Perlu diingat bahwa, berbeda kalau dalam arena. Keseimbangan tenaga dan jumlah ketika bahaya melanda sangat tidak menguntungkan korban kekerasan. Justru terkadang teknik seperti inilah yang benar-benar berguna ketika bahaya melanda.

Bagaimana, apa kamu sudah menemukan bela diri yang ingin dipelajari? Kalau kamu sudah punya bela diri yang diincar, ingat, bela diri ya kegunaannya untuk melindungi diri ketika kamu dalam bahaya. Jangan mulai masalah gara-gara kamu bisa bela diri. Kalau kata Paman Ben dalam film Spider-man, “With great power comes big responsibility!” Hati-hati guys!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY