Bagi seorang fotografer, kamera adalah cara untuk mengekspresikan dirinya kepada dunia. Singkat kata, kamera adalah jati diri dan identitas seorang fotografer.

Oleh karena itu, nggak jarang para fotografer sejati menempatkan kamera (jati dirinya) di atas segalanya. Hal ini tampak nggak hanya ketika ia memakainya, namun juga ketika ia merawat kameranya.

Ketika kamera yang dibeli dengan mengocek kantong jatuh atau rusak, pasti rasanya seperti nggak ada harapan lagi di dunia ini. Biar awet terjaga, berikut beberapa hal wajib punya untuk merawat kameramu!

1. Perlindungan aman ketika diajak jalan

perlindungan-aman

Via – Suspect Photography

Ayo ngaku, pasti banyak orang yang sudah melakukan kesalahan ini kan? Untuk menjaga kemulusan kamera, jangan pernah menaruh kamera di tempat yang rawan gesekan. Contoh, di dalam tas.

Oleh karena itu, kita memerlukan sebuah tas khusus untuk kamera. Semua tempat yang bisa melindungi semua perangkat dari gesekan dan goncangan.

Nah, biasanya, tas yang cukup umum digunakan adalah tas kamera anti hujan komplit. Untuk kamera mirrorless, kamu bisa menggunakan tas pelindung praktis kamera mirrorless.

2. Strap yang pasti trendy dan handy!

strap-trendi

Via – Pinterest

Pastikan kamu punya strap yang bisa menjaga kamera kamu senantiasa ketika bergerak maupun digunakan. Apalagi kamera mirrorless, mesti lebih berhati-hati ketika dipegang di tangan! Selalu gunakan wrist strap/strap handy.

Jadi, kalau kamera tergelincir dari tangan, tenang! Bukan cuma nggak jatuh, tapi kamu juga nggak akan ketarik. Satu hal lagi tentang strap: harus trendy dan sesuai dengan vibe kameramu.

3. Strap ekstra kuat di leher

strap-ekstra-kuat

Via – tshirtdress.co

Nah untuk kamera DSLR yang lebih berat, kamu perlu perlindungan yang lebih kuat, yaitu strap leher! Strap yang baik tidak hanya mencegah kamera jatuh dari genggaman, namun juga steady (nggak goyang-goyang) ketika digantung! Jangan lupa juga memilih yang senada dengan gaya kameramu!

4. Kit pembersih praktis

kit-pembersih

Via – Angie’s List

Untuk membuat kamera awet tahan lama serta menghasilkan foto jernih, wajib loh punya kit pembersih!

Di setiap kit yang lengkap, biasanya terdapat: 1) kain khusus untuk lensa yang terkena bercak, 2) kuas penyapu debu, 3) blower peniup kotoran, 4) cairan pembersih layar, dan 5) lens pen untuk membersihkan lensa dari bekas jari! Yuk beli kit untuk membersihkan kamera kesayanganmu di Blibli.com.

5. Tripod, si asisten foto!

tripod

Via – tumblr

Walaupun nggak langsung, tripod juga bisa dibilang sebagai pelindung! Coba pikir, terkadang kalau ingin foto beramai-ramai, kamera harus diletakkan di satu tempat. Bila nggak ada tripod dan mengandalkan objek lain yang nggak seimbang, bisa-bisa kameramu jatuh!

Nah, dari pada kamera ditaruh di tempat yang belum tentu bersih, kering, dan aman, sebaiknya pakai tripod aja yuk!

6. Dry box melawan cuaca

drybox

Via penulispro.net

Di cuaca yang sekarang ini sedang lembab, perlu loh untuk menyimpan kamera di tempat yang aman. Dry box dapat berfungsi menjaga lensa dan kamera kering dan aman dari jamur. Benar banget, buat yang belum tahu, lensa juga bisa berjamur loh!

Seperti menggunakannya, merawat kamera juga nggak boleh sembarangan. Apalagi ketika kamu mengaku fotografer sejati. Dengan 6 perlengkapan di atas, pasti kamera kamu semakin terawat dan tahan lama.

Nah, buat kamu yang belum lengkap peralatan perawatan kameranya, nggak perlu bingung cari ke mana, karena, di Blibli.com tersedia berbagai kebutuhan utama kameramu!

Berbagai macam perelengkapan perawatan berkualitas bisa kamu temukan dengan harga bersahabat, dan bisa kamu bawa pulang dengan cicilan 0%! Yuk, belanja peralatan kamera di Blibli.com!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY