Ketika si kecil sudah menginjak usia lancar berjalan dan berbicara, sudah saatnya  moms mulai mengenalkannya kepada membaca, menulis, dan berhitung (calistung).

Mungkin moms ingin ia mahir secepat mungkin. Akan tetapi, moms perlu bersabar. Proses si kecil untuk belajar calistung itu nggak mudah dan nggak bisa dipaksa! Mungkin ia akan mahir berhitung dan membaca dulu sebelum menulis.

Hal yang bisa moms lakukan adalah membuat lingkungan sekelilingnya menjadi tempat yang kondusif dan bisa membangkitkan minatnya. Dalam proses mendidiknya, moms juga bisa mengandalkan bantuan 8 barang ini! Apa aja?

1. Buku cerita agar ia familiar dengan tulisan

Mengajari si kecil untuk membaca itu sebenarnya adalah proses yang harus dilakukan moms sejak ia masih bayi. Agar si kecil lebih familiar dengan kebiasaan membaca dan juga senang saat mendengar cerita-cerita, moms bisa membacakannya buku cerita setiap malam.

Tunjuklah gambar dan tulisan yang moms bacakan, kemudian minta ia ulang. Dengan begitu, perlahan si kecil pun akan mulai penasaran dengan tulisan yang ditunjuk moms!

Produk rekomendasi: Bed time story box

2. Karpet bergambar alfabet untuk tempat main si kecil

Agar si kecil familiar dengan bentuk dari huruf, moms bisa menyiapkan karpet dengan bentuk alfabet dan angka beserta gambarnya sebagai tempat si kecil bermain. Perlahan sambil bermain, si kecil pun akan penasaran dengan apa yang tertulis pada karpetnya.

Sering-seringlah membacakan tulisan dan menunjukkan gambar di karpet sehingga si kecil lebih cepat mengerti kalau tulisan dan angka tersebut memiliki arti!

 

Produk rekomendasi:  Tomiondo Evamat

3. Karpet untuk si kecil eksperimen menulis

Daripada moms boros kertas untuk mengajari si kecil menulis, lebih baik sediakanlah tempat untuk si kecil bisa bereksperimen mencoret-coret seperti karpet menulis. Perlihatkanlah cara menulis dan menggambar di sini! Dengan contoh dari moms, si kecil bakal lebih cepat mahir!

Produk rekomendasi: Spongebob Doodle Water Magic!

4. Menara donat yang menarik perhatian si kecil

Si kecil akan selalu tertarik dengan benda yang berwarna warni! Moms bisa menyiapkan mainan berwarna warni yang berbentuk seperti donat pada gambar untuk menarik perhatiannya. Ajarkanlah dia cara menyusun mainannya! Sambil disusun, moms bisa menghitung jumlah donatnya. Perlahan, si kecil akan mulai belajar cara menghitung keenam donat itu.

Produk rekomendasi: Wooden Rainbow Tower

5. Berhitung sambil mandi dengan bebek bebek kecil

Si kecil pasti senang saat mandi bersama dengan mainan bebeknya. Nah, moms bisa mengambil kesempatan ini untuk mengajarinya berhitung! Coba nyanyikanlah lagu sambil menghitung para bebek kecil. Ketika mandi pun ia belajar!

Produk rekomendasi: Momo Nyvil Duck

6. Ayo hitung si makanan favorit!

Nggak hanya dengan mainan bebek, moms juga bisa mengajaknya untuk berhitung dengan makanan favorit semua orang, es krim! Moms bisa ajak dia berhitung sambil menyanyikan Ice Cream Song. “One scoop, two scoop, three scoop…” Pasti mahirnya semakin cepat!

Produk rekomendasi: PMA Ice Cream Tower

7. Papan magnet

Setelah belajar berhitung dari mainan lain dan melihat angka dari karpetnya, moms bisa mengenalkannya lebih jauh pada angka dan cara berhitung dengan papan magnet warna warni ini. Kenalkanlah padanya tanda operasi hitung sambil menempelkannya pada magnet. Si kecil pasti senang belajar sambil bermain dengan magnet!

 

Produk rekomendasi: Mao Magnetic Board Case

8. Kotak kosakata

Agar si kecil bisa menyusun kosakata, moms bisa loh menyiapkan mainan ini. Ajaklah si kecil merasakan pengalaman serunya belajar kata-kata baru sambil menyusunnya! Moms bisa mengajarinya sambil bermain tebak-tebakan dengannya.

Produk rekomendasi: TMO Belajar Membaca

Dengan menyiapkan mainan-mainan ini di sekelilingnya, moms bisa lebih mudah mengajarkan calistung pada si kecil. Bila moms sabar dan secara konsisten mengekspos si kecil dengan tulisan dan angka sejak usia dini, lambat laun secara natural akan menunjukkan kemampuannya!

Ingat moms, jangan paksa si kecil dalam mempelajarinya ya! Berikanlah dia cara-cara yang menarik untuk mempelajari semua itu. Nggak hanya dengan 8 mainan ini, moms juga bisa memberikannya mainan lain yang dapat menstimulus pembelajarannya.

Moms bisa menemukan banyak peralatan dan mainan edukatif serupa di Blibli.com<<https://www.blibli.com/permainan-edukasi/MA-1000001>>! Nikmati cicilan 0%-nya ya moms!

9. Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY