Tradisi bersih-bersih rumah menjelang Lebaran biasa dilakukan masyarakat Muslim di Indonesia. Dari warga Klaten, Jawa Tengah hingga warga Indragiri Hulu, Riau biasa melakukan hal tersebut di bulan Ramadan. Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari membersihkan pekarangan rumah, hingga mengecat tembok. Mereka percaya bahwa bersihnya rumah mewakili bersihnya hati ketika bersilaturahmi.

Bagi Anda yang merayakan Lebaran ada baiknya membersihkan rumah untuk menyambut para tamu. Rumah yang rapi dan bersih akan membuat tamu nyaman ketika sedang bersilaturahmi ke rumah Anda. Ada beberapa prioritas yang harus Anda dahulukan dalam bersih-bersih rumah. Apa saja itu? Cek beberapa hal berikut ini:

Halaman rumah

Halaman RUmah

Ketika tamu datang ke rumah Anda, halaman rumah adalah tempat pertama yang dilihat oleh tamu. Bila memungkinkan waktunya, cat tembok teras Anda. Teras yang baru dicat akan menghadirkan kesan “baru” untuk rumah Anda. Bila ada taman di halaman rumah, jangan lupa untuk memberihkannya. Cabut rumput liar dan daun-daun layu dari tanaman hias di halaman rumah. Suasana fresh pun akan hadir di halaman rumah. Buat yang ingin cat awet untuk rumahnya, bisa melengkapi dengan pelindung cat seperti ini.

Ruang tamu

Ruang Tamu

Tamu saat Lebaran akan masuk dan ngobrol di ruang tamu. Bersihkan semua debu yang menempel di tembok dan perabot. Akan lebih baik bila tembok dicat ulang. Ganti gorden dan sarung bantal sofa dengan yang bersih dan wangi. Hal tersebut sudah memberikan kesan segar yang akan membuat tamu betah di rumah Anda.

Kamar mandi

Kamar Mandi

Ada saatnya tamu Anda numpang ke kamar mandi untuk buang air kecil, khususnya tamu dari luar kota. Jangan sampai membuat tamu Anda “ilfil” karena kondisi kamar mandi yang kotor. Sikat seluruh lantai dengan cairan pewangi ampuh seperti ini. Bersihkan juga keramik tembok dengan menggunakan sikat dan kemudian dilap dengan busa atau kain agar lebih mengilat.

Pakaian

Pakaian

Setelah beberes rumah, sebaiknya Anda mengecek ulang pakaian Anda. Tentu tak harus pakaian baru untuk menerima tamu. Baju tahun lalu pun tak masalah, asal masih bersih. Menerima tamu dengan pakaian yang bersih dan wangi akan lebih utama daripada baju yang kusut. Untuk membersihkan dan merapikan pakaian Anda, pilih pewangi pakaian ini.

Oh ya, belanja pembersih lantai dan pewangi pakaian di Blibli.com bisa mendapatkan minyak goreng gratis loh. Tunggu apa lagi, langsung saja cek di sini.

Jadi, kapan lagi bisa bersih-bersih rumah mudah dan dapat hadiah? Tinggal klik, pilih, bayar, dapatkan juga diskon dan cicilan 0%. Barang bakal diantar bebas ongkos kirim.

Mudah-mudahan di hari yang fitri ini selain hati, rumah pun makin bersih dan rapi ya.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY