Kalau dilihat sekilas, drones sepertinya merupakan mainan terbang yang hanya digunakan oleh penggemar miniatur pesawat. Tapi, jangan meremehkan ‘mainan’ yang satu ini ya!

Sebenarnya, banyak orang dari berbagai jenis profesi telah menemukan kegunaan dalam pesawat 4 baling-baling ini ini. Mau tahu apa saja pekerjaan dan kegiatan manusia yang dimudahkan olehnya? Ayo cari tahu di sini!

1. Pertanian dan agrikultur

pertanian

Bekerja di bidang agrikultur ternyata membutuhkan banyak usaha dan ketelitian. Seorang petani harus selalu mengawasi kesehatan tanaman panennya. Telat sedikit memperhitungkan waktu tanamsaja bisa-bisa panennya habis dimakan hama ataupun wabah tumbuhan.

Kalau terasa pekerjaan ini kurang berat, bayangkan kalau ladang si petani ini membentang hingga puluhan hektar! Wah, pasti sulit untuk mengawasinya dan memberikan nutrisi yang cukup pada saat bersamaan.

Tapi, dengan bantuan drones yang dirancang khusus, para petani nggak perlu lagi susah payah mengawasi lahan setiap waktu. Sudah ada drones agrikultur yang dapat memonitor kesehatan tanaman panen dengan sensor infra merah mereka.

Memberi pupuk dan pembasmi serangga juga lebih mudah. Dengan demikian, para petani nggak perlu lagi repot-repot tersasar di tengah ladang.

2. Pengiriman barang

pengiriman-barang

Tahu nggak kalau perusahaan e-commerce raksasa seperti Amazon tengah mengembangkan jasa pengiriman dengan drones? Dengan drones, kamu bisa mendapatkan barang pesananmu secara cepat karena nggak ada kemacetan yang bisa menghalanginya.

Tapi, yang lebih penting lagi, pengiriman dengan drones dapat menjangkau tempat-tempat yang terpencil. Bayangkan kalau kamu tinggal di area yang aksesnya sulit. Teknologi satu ini bakal benar-benar membuat hidupmu menjadi lebih mudah.

3. Arkeologi

arkeologi

Nggak semua situs bersejarah terletak di lokasi yang mudah dijangkau. Ada juga situs-situs bersejarah yang terletak di pegunungan terjal, atau dalam goa lubang yang dalam.

Tentu untuk mendapatkan gambaran lengkap atas situs bersejarah seperti ini dibutuhkan foto yang jelas, namun ini bukanlah hal yang mudah. Banyak biaya dan resiko yang harus dikeluarkan untuk ekspedisi yang mungkin nggak membuahkan hasil yang signifikan.

Dengan teknologi drones, para arkeolog dapat memiliki peta situs bersejarah dengan aman dan akurat. Nggak hanya itu, drones juga sudah digunakan untuk menyusuri berbagai lokasi demi mencari situs bersejarah yang belum terungkap.

Pasangkan kamera infra-merah, kamera night vision, atau kamera air view super tajam, maka drones siap mengungkap rahasia sejarah!

4. Laporan lalu lintas

laporan-lalu-lintas

Dengan drones yang dilengkapi kamera, laporan lalu lintas dapat masuk tanpa perlu mengirim orang ke lapangan. Praktis sekali, bukan?

Daripada meliput kemacetan sambil ikut terjebak kemacetan, drones dapat mengerjakannya tanpa memperparah kemacetan.

Drones juga berpotensi mengintegrasikan peta jalanan ke GPS kamu, jadi kedepannya mungkin bisa lebih tepat dalam melakukan navigasi, atau menemukan titik-titik rawan macet.

Oh ya, drones juga nggak bisa disogok loh. Jadi kalau tertangkap basah melakukan pelanggaran lalu lintas, ya harus sidang!

5. Pertolongan dalam keadaan darurat

keadaan-darurat

Baik itu kebakaran, gempa bumi, atau banjir, pertolongan haruslah segera dikirim untuk orang-orang yang membutuhkan. Namun, yang namanya daerah bencana pastilah berbahaya, baik untuk mereka yang terjebak ataupun petugas yang ingin menolong.

Andai saja ada pemberani yang bisa mengawasi area bencana terlebih dahulu dan memberi tahu para penyelamat rute-rute mana yang berbahaya dan aman digunakan.

Tentu saja, peran pemberani satu ini bisa dipenuhi oleh drones. Mereka dapat mengawasi lokasi bencana dan memberitakan ancaman-ancaman yang mungkin menghadang. Drones juga bisa membantu menghantarkan obat-obatan.


BACA JUGA Main-main dengan Drone Camera


6. Mengawasi habitat satwa

mengawasi-habitat

Siapa sih yang perlu mengawasi satwa-satwa dengan bantuan drones? Ternyata, ada banyak pihak yang ingin menggunakan drones untuk tujuan tersebut.

Salah satunya adalah pengamat satwa yang ingin memperhatikan pola migrasi dan kebiasaan satwa-satwa tertentu. Selain itu, drones juga digunakan untuk menjaga satwa-satwa langka dari pemburu liar.

Salah satu spesies yang katanya berpotensi diselamatkan oleh teknologi kopter kecil ini adalah Gajah Sumatra di Indonesia loh!

7. Pengamat angin puting beliung

puting-beliung

Di sejumlah negara, angin puting beliung merupakan bencana besar yang dapat menghancurkan kota-kota. Untuk dapat mengantisipasi hal tersebut, banyak peneliti yang mengejar angin yang sedang ‘marah’ ini untuk dapat mempelajari pergerakan dan sifat mereka.

Tentu saja hal ini merupakan profesi yang amat membahayakan nyawa. Tetapi, nggak harus selamanya pengamat angin puyuh membahayakan nyawa mereka secara langsung.

Teknologi drones juga digunakan para peneliti untuk membuntuti angin puting beliung dari zona yang aman. Sensor-sensor tambahan pada drones dapat memberi informasi berharga mengenai arah, kecepatan, dan juga sudut arus angin.

Tenyata, banyak sekali pekerjaan yang bisa menjadi lebih mudah dan aman dengan keberadaan drones. Tetapi, drones itu nggak eksklusif untuk pekerjaan-pekerjaan ekstrim.

Kalau kamu memiliki drones, kamu bisa menggunakannya untuk mengambil foto angkasa, memetakan daerah di sekitarmu, mengusili temanmu, atau bersenang-senang dengan santai

Bingung di mana kamu bisa mendapatkan drones? Tenang saja, berbagai jenis drones dijual loh di Blibli.com. Lihat saja JXD 509G Pioneer yang sudah dilengkapi dengan kamera! Cocok untuk kamu yang mau melakukan berbagai trik fotografi unik.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY