Berhenti Kritik Kayak Netijen Biar Anak Rajin Belajar

Photo via pexels.com

Buat yang udah punya anak, pasti setuju deh kalo momen pas ngeliatin anak lagi fokus ngitung perkalian atau mraktekin kosakata bahasa Inggris baru tuh rasanya mirip kayak nemu duit gocap di mesin cuci. Kaget-kaget seneng gitu, loh. Kalo ngeliat anak rajin belajar, kita juga berasa jadi ikhlas lagi deh buat nyari duit buat kebutuhan mereka.

Nah masalahnya, anak rajin belajar tuh fenomena yang langka kayak penampakan komet Halley. Seringnya sih, mereka bener-bener fokus buat belajar pas lagi deket-deket ujian, padahal kan idealnya belajar tuh tiap hari biar materi pelajarannya bisa nyantol terus di otak. Haduh, terus gimana ya bikin anak rajin belajar tiap hari?

  1. Gak Ngritik Terus Kayak Netijen

Biar anak jadi demen belajar, dia kudu ngerasa nyaman dan gak ngerasa diteken. Jadi, hal paling pertama yang bisa dilakuin oleh kita adalah ngebuat anak ngerasa dihargain. Kurang-kurangin deh tuh ngritik anak kalo nilainya nurun, atau bikin dia jengkel gara-gara kita protes terus kalo dia gak belajar seharian.

  1. Jadi suporter nomor satu buat hobinya

Belajar emang penting, tapi itu bukan satu-satunya kegiatan yang kudu ditekunin pas anak lagi di masa tumbuh kembang. Dia juga kudu punya medium buat ngembangin hobi dan bakatnya. Nah, apa pun hal yang dia suka, dari main basket sampe nge-game, orang tua perlu jadi suporter  nomor satu biar dia ngerasa didukung. Kalo bisa ngelakuin apa yang disuka, anak jadi gak ngerasa stres pas belajar.

  1. Bikin paham anak soal pentingnya belajar

Anak juga perlu ngerti apa sih yang sebenernya dicari dari belajar tiap hari. Buat dia ngerti kalo belajar itu bukan sekedar nyari nilai bagus aja, tapi juga berguna buat kehidupan dia nanti. Dengan ngasih pengertian, anak juga jadi ngerti kenapa kita ngotot bener bikin dia rajin belajar.

Punya anak yang rajin belajar itu ngasih kebahagiaan yang gak ada duanya buat kita sebagai orang tua, tapi ngebikin mereka demen belajar itu gak boleh dipaksain. Soalnya emang, tiap anak beda-beda minatnya. Kenalin dulu sifat anak, baru nyiapin taktik yang pas buat bikin dia suka belajar.

DUKUNG ANAK BELAJAR DI RUMAH DENGAN PAKET LES ONLINE DI SINI

Buat ngebantu anak belajar dengan metode yang bener, langsung aja tuh manfaatin promo les bimbel dari Zenius di Blibli. Jangan lupa juga buat pantau terus program ulang tahun Blibli #10thBarengKamu yang juga ngasih banyak penawaran yang bisa kamu manfaatin, ya!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY