Bagi para foodies, jajan camilan khas daerah tentu merupakan nomor satu saat akan menjelajah ke kota lain! Cita rasanya yang unik memang bisa membuat kamu merindukan kudapan ringan khas daerah walaupun harus jauh-jauh mendatangi tempat asalnya.

Nggak heran bila ada saja teman (bahkan kamu sendiri) yang senang menitip oleh-oleh camilan saat ada yang pergi menjelajah kota-kota Indonesia. Apalagi, Indonesia yang kaya akan cita rasa ini memiliki banyak banget camilan super enak yang khas pada setiap daerahnya.

Nah, kira-kira apa saja camilan khas daerah yang harus kamu coba di berbagai wilayah nusantara? Siap-siap tergiur setelah membaca artikel ini, ya!

TEMUKAN BERBAGAI PRODUK CAMILAN KHAS NUSANTARA DI SINI

1. Almond Crispy Cheese, camilan kekinian dari Surabaya

camilan khas daerah
Via – Wahab

Almond Crispy Cheese adalah salah satu camilan yang belakangan ini menjadi oleh-oleh favorit dari Surabaya. Tidak hanya packaging-nya yang apik, rasa yang ditawarkan camilan ini pun juga sangat memuaskan! Dengan taburan keju panggang dan tekstur yang sangat renyah, dijamin sekali makan, kamu akan ketagihan!

Camilan ini juga cocok banget lho untuk kamu jadikan oleh-oleh. Karena bentuknya nggak terlalu besar dan beratnya cukup ringan, camilan khas daerah yang satu ini nggak akan membuatmu kerepotan saat harus membawa banyak barang. Selain itu, camilan ini juga nikmat untuk disantap saat kamu sedang dalam perjalanan panjang kereta. Dijamin kamu bakal rindu akan cita rasa Suroboyo yang renyah ini!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN BERBAGAI VARIAN RASA ALMOND CRISPY CHEESE

2. Dodol, si manis dari Garut

camilan khas daerah
Via – jinjinger

Camilan khas daerah yang satu ini sudah menjadi langganan oleh-oleh khas Garut. Selain rasanya yang manis, dodol Garut juga disenangi masyarakat luas karena makanan ini tergolong tahan lama tanpa pengawet. Kini, dodol garut sudah diproduksi dengan berbagai macam varian rasa, seperti wijen, nanas, durian, coklat, dan masih banyak lagi.

Ingin mencicipi dodol Garut langsung dari tempat produksinya? Langsung saja datangi kota khas dodol ini! Dijamin rasanya lebih nikmat dibanding dengan rasa dodol yang kamu titip dari temanmu,

TEMUKAN PRODUK DODOL GARUT FAVORITMU DI SINI

3. Kerupuk susu asli Lembang

camilan khas daerah
Via – latitudes

Mencicipi rasa kerupuk ikan atau udang itu sudah biasa. Tapi mencicipi kerupuk rasa susu? Itu baru nggak biasa!

Bagi kamu yang gemar menikmati camilan renyah sambil menemani aktivitas ringan, kerupuk lempeng bisa jadi pilihan yang cocok, nih. Camilan khas daerah Lembang ini sudah menjadi oleh-oleh kekinian yang banyak diserbu orang. Selain enak dijadikan camilan, kerupuk susu juga nikmat disantap sebagai teman makan nasi, lho!

AYO BELI TIKET PERJALANAN KERETA JAKARTA-BANDUNG DI SINI DAN NIKMATI KERUPUK SUSU YANG ASLI

4. Rengginang khas Cirebon

camilan khas daerah
alchetron

Siapa sih yang nggak kenal dengan rengginang? Camilan khas daerah Cirebon ini memang banyak disukai masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih seringkali membuat kita susah berhenti menyantapnya!

Jika kamu ingin mencicipi camilan ini langsung dari kota asalnya, jangan segan-segan untuk mengunjungi Cirebon sekarang juga! Selain menawarkan banyak destinasi wisata, Cirebon juga masih memiliki banyak jajanan lain yang menggoda lidah, lho! Cocok banget buat kamu, para foodies!

TEMUKAN TIKET PERJALANAN KE CIREBON DI SINI

5. Keripik pisang, primadona dari Lampung

camilan khas daerah
Via – Excite Shop

Camilan renyah memang paling oke untuk dinikmati kapanpun dan di manapun! Satu lagi, nih, camilan yang kress dari Indonesia, yaitu keripik pisang dari Lampung. Keripik yang satu ini memang sudah terkenal menjadi oleh-oleh khas Lampung yang merupakan salah satu daerah penghasil pisang terbanyak di Indonesia.

Sambil berburu keripik pisang dengan beragam cita rasa sebagai oleh-oleh dari Lampung, kamu bisa juga lho mampir ke kota ini untuk mengunjungi Taman Nasional Way Kambas untuk melihat gajah-gajah Lampung yang mempesona!

DAPATKAN KERIPIK PISANG KHAS LAMPUNG DI SINI

6. Yang gurih dari Lamongan, wingko babat

camilan khas daerah
Via – Indonesia Kaya

Wingko babat merupakan panganan khas Lamongan. Camilan khas daerah yang satu ini sering dicari-cari pelancong karena keunikan rasanya yang sudah dikenal sejak dulu kala. Dengan bahan-bahan yang sederhana, seperti ketan, kelapa, dan gula, kamu sudah bisa menikmati lezatnya kudapan khas daerah Babat ini!

Agar kamu bisa merasakan camilan yang terkenal ini dengan suasana aslinya, lebih baik segera kunjungi saja daerah Babat. Sensasi yang kamu dapatkan saat melihat banyak pedagang asongan dan depot-depot yang menawarkan wingko sebagai buah tangan pastinya nggak ada yang membandingkan deh!

BELI TIKET PERJALANAN KERETA JAKARTA-BABAT DI SINI


Itulah beberapa camilan khas daerah penggoyang lidah yang bisa kamu temukan di berbagai pelosok nusantara! Sambil wisata ke berbagai daerah di bumi pertiwi, tidak ada salahnya kan untuk icip-icip dan berbagi oleh-oleh jajanan khas dari daerah tujuan wisatamu?

Mau pergi keliling Indonesia sambil berburu camilan khas nusantara? Gampang! Sebagai #SahabatPerjalananmu, Blibli.com menawarkan berbagai tiket perjalanan travel ke berbagai tempat di Indonesia. Mulai dari tiket pesawat, tiket kereta, hingga tiket hotel, semua ada!

Yuk, segera serbu tiket travel dan #BlibliSekarang camilan khas Indonesia favoritmu!

TEMUKAN ANEKA OLEH-OLEH KHAS DAERAH DI SINI

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY