5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli Laptop Gaming Idaman

Jumlah gamer perangkat mobile kini terus meningkat. Namun, nyatanya masih banyak gamer yang belum bisa lepas dari laptop buat main game. Pasalnya, perangkat mobile dinilai memiliki keterbatasan untuk aplikasi game di Play Store atau App Store. Hal ini juga berlaku dengan konsol. Ambil contoh gamegameyang ada di PlayStation 1 (PS1), pastinya tak bisa dimainkan di PlayStation 2 (PS2).  Maka dari itu, tak mengejutkan bila laptop sekarang masih jadi perangkat idaman para gamer.

Potensi pasar akan laptop gaming pun dijadikan peluang besar bagi vendor untuk terus menggarap perangkat baru setiap tahunnya. Tentu kini ada banyak sekali lini perangkat laptop gaming, mulai dari entry level hingga segmen premium.

Nah, kalau kamu salah satu gamer pemula yang tertarik untuk menggunakan laptop gaming sebagai perangkat main game, kamu tak bisa sembarangan membeli. Salah memilih laptop bisa bikin isi dompet terbuang sia-sia. Bisa jadi, laptop yang kamu beli justru spesifikasinya terlalu tinggi dan tak sebanding dengan kebutuhan. Bisa juga, spesifikasi laptop yang dibeli malah terlalu rendah dan malah menganggu pengalaman bermain.

Karena itu, Blibli Friends harus perhatikan lima hal ini sebelum membeli laptop gaming yang diinginkan. Berikut daftarnya.

Layar

Pertama-tama, tentukan ukuran bentang layar laptop yang akan kamu beli. Besarnya layar laptop gaming nantinya akan mempengaruhi pengalaman bermain kamu. Kalau Blibli.com sarankan, pilih laptop dengan ukuran minimal 14 inci dengan resolusi layar full HD untuk mendapatkan pengalaman gamingyang compact dan nyaman.

TEMUKAN LAPTOP GAMING ACER ASPIRE VX15 VX5-591G DI SINI

Prosesor

Setelah layar, hal berikutnya harus diperhatikan adalah prosesor. Pastikan laptop gaming yang kamu beli memiiki prosesor Core i5 ke atas kalau menggunakan prosesor Intel. Perlu diketahui, pilih juga prosesor versi “M”, bukan versi “U” mengingat jenis “U” biasanya diperuntukkan kegiatan non-gaming.

Kamu juga harus perhatikan kecepatan prosesor yang disebut dalam satuan GHz. Biasanya, semakin tinggi angka GHz ini, pasti semakin cepat pula kinerja laptop gaming. Semisal kamu cuma memiliki dana terbatas, laptop gaming berprosesor  Intel Core i5 generasi Skylake juga bisa jadi alternatif kok.

GAMER PEMULA BISA PAKAI LENOVO LEGION Y520, TEMUKAN INFONYA DISINI

VGA

Kartu grafis (VGA) juga menjadi salah satu pertimbangan yang harus ditentukan saat membeli laptop gaming.  VGA jadi instrumen penting yang menunjang kualitas grafis game berat. Kalau game yang dimainkan grafisnya berat, sedangkan VGA pada laptop kurang bagus, tampilannya pasti akan tidak smoothdan patah-patah.

Perlu diketahui, ada dua vendor kartu grafis untuk pasar laptop gaming, yaitu nVidia GeForce dan AMD Radeon. Untuk bermain game berat, ada baiknya pakai laptop dengan VGA nVidia GeForce.

CARI TAHU FITUR YANG DITAWARKAN ASUS ROG GL552VX-DM018D

RAM

Tak hanya mempercepat performa game, RAM juga berperan menyimpan grafis gim yang sedang dimainkan. Coba pilih RAM dengan kapasitas minimal 8 GB, terlebih jika gim yang biasa dimainkan adalah gim berat.

Kamu juga harus perhatikan apakah laptop yang hendak dibeli memungkinkan bisa upgrade RAM atau tidak. Pasalnya, RAM laptop gaming lama-kelamaan akan kurang memadai karena semakin banyak game di-instal. Mau tidak mau, kamu harus menambah lagi kapasitas RAM atau ya, mengganti laptop gaming baru.

KAMU BISA DAPATKAN ASUS TUF FX505GF – I7501T SLIM BEZEL GAMING LAPTOP DI SINI

Hard Disk

Game yang disimpan pasti akan memakai ruang kosong pada hard disk. Jadi, pilihlah laptop gaming dengan kapasitas besar storage besar mengingat game yang dimainkan di laptop biasanya akan membutuhkan ruang lebih.

Biasanya, laptop gaming dengan kapasitas har disk 500 GB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan banyak data. Namun, kalau bujetmu membeli laptop cukup banyak, kamu bisa memilih laptop gaming dengan tambahan hard disk SSD yang  akan bikin gim terasa lebih halus dan ringan saat dimainkan.

SIMAK INFORMASI HP PAVILION 15-CX0055TX DI SINI

Well, itulah lima hal yang perlu dipersiapkan Blibli Friends saat hendak membeli laptop gaming. Semoga saja sederet informasi berguna ini bisa membantu kamu membeli laptop gaming idaman di #BlibliSekarang ya!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY