Yuk Guys Belajar Surfing dengan Surfer Profesional Indonesia, Raditya Rondi!

belajar surfing

Kalau kamu pernah berkunjung ke Pantai Kuta atau Pantai Padang-Padang yang ada di Bali, kamu pasti melihat banyaknya peselancar profesional ataupun pemula yang sedang belajar surfing. Kayaknya seru ya melihat bagaimana mereka meliuk lincah di atas ombak sambil menyeimbangkan diri di papan selancar!

Kalau kamu suka banget liburan di pantai, kenapa nggak coba belajar surfing aja? Hari ini Blibli Friends mengajak surfer pro Indonesia, Raditya Rondi, untuk berbagi pengalaman dan tips buat kamu yang pingin mencoba selancar. Walaupun masih muda, surfer asal Bali ini sudah menjuarai Asian Surfing Championship empat kali, lho!

Pastinya setelah membaca ini, kamu akan makin terinspirasi untuk mulai berlatih surfing. Yuk disimak tips belajar surfing dari Raditya!

LIHAT DULU PROMO SURFING BRAND BUY 1 GET 1 INI

1. Memilih papan selancar yang tepat

belajar surfing
Via – Wide-wallpapers

Sebelum belajar surfing, Raditya Rondi menyarankan agar kamu memilih papan selancar yang tepat supaya kamu bisa menguasai berbagai teknik dengan lebih mudah. Pemilihan papan selancar ini penting banget lho, karena faktor ketebalan, bentuk, dan panjang papan selancar sangat berpengaruh ketika bermanuver di atas ombak.

Nah, untuk pemula, keselamatan itu sangat penting, karena olahraga surfing cukup berbahaya. Karena itu, Raditya menyarankan papan bermodel soft-top yang terbuat dari foam. Material yang lebih empuk akan menghindarkanmu dari risiko terbentur atau melukai surfer di sekitarmu.

Sementara itu, kalau kamu mencari longboards agar bisa berlatih lebih profesional, sesuaikan ketebalan dan panjang papan dengan tinggi dan berat badanmu. Misalnya, kalau badanmu kurus, mungkin kamu hanya perlu ketebalan 2.5 inch, tapi jika badanmu tinggi dan besar, coba pilih papan dengan tebal 3 inch ke atas.

Selain itu, jika kamu ingin surfing dengan berbagai manuver lincah seperti cutbacks dan floaters, pilih papan selancar berukuran pendek. Papan yang lebih panjang akan cocok buat kamu yang lebih banyak melakukan nose riding dan cross-stepping. Raditya Rondi sendiri sekarang menggunakan papan surfing Crystal Dream surfboard dengan ukuran 5’6×18×2.

Jadi, pilih papan selancar yang terbaik dan paling cocok untuk kebutuhanmu ya!

DAPATKAN SEMUA PRODUK BILLABONG DI BLIBLI.COM

2. Mencari ombak yang ideal

belajar surfing
Via – @radityarondi

Belajar surfing paling enak kalau langsung terjun ke pantai dengan ombak yang ideal. Raditya mengaku kalau tinggal di Bali memang jadi salah satu keuntungan karena dia bisa main ke pantai hampir setiap hari. Keponakan dari legenda surfer Indonesia Wayan Ganti Yasa ini paling sering berselancar di Pantai Kuta, Padang-padang, dan Uluwatu.

Selain itu, Indonesia punya berbagai pantai dengan ombak kelas dunia lho, guys! Misalnya di Mentawai dan Lombok. Atau, kalau kamu pingin destinasi yang lebih jauh, Maldives juga menawarkan ombak indah yang seru buat belajar surfing!

YUK LIBURAN KE BALI BUAT BELAJAR SURFING

3. Belajar dengan pelatih profesional

belajar surfing
Via – Dickssurftrips

Menurut Raditya, sebagai pemula, kamu harus didampingi teman atau instruktur yang udah jago supaya mereka bisa selalu menjagamu ketika kamu lagi belajar surfing. Sekarang sudah banyak banget kursus surfing di Bali yang mengajarimu teknik berselancar sampai kamu bisa!

Jangan lupa, salah satu syarat utama untuk belajar surfing adalah kamu harus banget bisa berenang dan menahan napas di dalam air. Surfer yang tergabung dalam tim selancar Billabong ini menekankan pentingnya bersiap-siap dengan stretching di tepi pantai supaya badanmu lentur dan tidak kram ketika sedang asyik bermain dengan ombak.

YUK DAFTARKAN DIRIMU KE KURSUS SURFING SEKARANG

4. Pakai apparel yang terbaik

belajar surfing
Via – Raditya Rondi Facebook

Kalau kata Raditya: Life is better in boards and shorts. Supaya kamu bisa belajar surfing dengan tampilan kece, pemilihan apparel itu penting banget! Raditya Rondi paling suka memakai celana pendek Billabong karena bahannya yang super adem dan ringan. Ia jadi mudah bermanuver dan melompati ombak karena ia bebas bergerak. Selain itu, bahan celana dari Polyester juga membuatnya cepat kering.

Untuk mengabadikan momen kerenmu di ombak, jangan lupakan juga kamera GoPro anti air dan kit khusus untuk memasang kamera di atas papan. Lalu, sunblock juga penting untuk dibawa supaya kulitmu nggak terbakar setelah seharian berada di pantai.

Kalau semua apparel-mu lengkap, kamu pun makin nggak sabar buat memulai sesi belajar surfing di pantai!

BELI APPAREL KEREN DENGAN PROMO BUY 1 GET 1 YUK

5. Rajin berlatih sampai jago

belajar surfing
Via – @radityarondi

Kalau sudah menguasai teknik-teknik dasar surfing, hal selanjutnya yang perlu dilakukan hanyalah berlatih sampai jago. Raditya Rondi sekarang menjadi peselancar kebanggaan Indonesia setelah berlatih selama puluhan tahun. Bayangkan, dia sudah belajar surfing sejak masih umur 8 tahun, lho!

Mau bisa sejago Raditya? Kamu harus melatih stamina dan kekuatan dengan olahraga ringan seperti jogging pagi dan berenang. Lalu, untuk memperdalam pengetahuan, Raditya juga sering berlatih untuk mempelajari trik-trik dengan nilai yang bagus di kejuaraan surfing.

Cowok yang mengidolakan Kelly Slater – juara World Surf League 11 kali – ini berpesan pada para surfers di Indonesia: surfing bisa jadi kegiatan yang melepas stres. Apalagi, Indonesia punya banyak pantai dengan ombak terbaik di dunia, jadi Indonesia punya peluang besar buat melahirkan banyak bakat surfer profesional di masa depan!

KLIK DI SINI UNTUK BELI APPAREL SURFING-MU


Wah, setelah membaca cerita dan tips seru dari Raditya Rondi, rasanya makin semangat nih buat belajar surfing supaya bisa meniru kehebatannya! Kamu juga bisa lihat sendiri keahlian Radit berselancar di akun Instagramnya @radityarondi lho, guys!

Nah, ngapain ditunda lagi? Mumpung masih muda, ini saatnya kamu belajar surfing dan merasakan keseruannya! Yuk ke Blibli Travel #SahabatPerjalananmu untuk merencanakan liburan ke Bali dan booking kursus surfing-mu sekarang juga!

BELI PERLENGKAPAN SELANCAR BUY 1 GET 1 DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY