Hobi membuat film sendiri seperti film indie atau film dokumenter sekarang makin nge-tren. Hal ini mungkin tidak terbayangkan belasan tahun lalu. Teknologi kamera yang semakin canggih membuat orang jadi mudah membuat film. Meski begitu, tidak semua orang bisa membuat film. Kalaupun bisa, biasanya hanya dokumentasi acara ala kadarnya.

Membuat film memang bukan sekadar merekam gambar—baik adegan nyata maupun buatan—ke dalam kamera. Membuat film harus bisa menjelaskan pesan apa yang ingin disampaikan. Bila penonton tidak mendapatkan pesan apa pun dalam film yang dibuat, hampir pasti film yang kamu produksi bakal kurang memancing orang untuk mau menonton karyamu.

Ada beberapa hal yang  perlu dipersiapkan dan dilakukan ketika membuat film, baik fiksi maupun dokumenter. Apa saja? Coba perhatikan beberapa hal ini ya Friends.

Punya kamera yang bisa mendukung karyamumembuat film

Via lg.com

 Kamera adalah alat terpenting dalam membuat film. Ibarat memasak, bila kamu tak memiliki seperangkat kompor atau tungku, maka masakanmu tidak akan jadi. Kamera yang sesuai menjadi syarat mutlak untuk menghasilkan film yang baik. Kameranya bukan berarti harus selalu pakai kamera mahal. Ada juga kamera yang punya keistimewaan untuk memberi keunikan tersendiri pada karyamu. Misalnya kamera 360 derajat. Dengan jenis kamera ini, kamu bisa mendapatkan sudut pandang gambar 360 derajat yang sedang tren belakangan. Untuk punya kamera jenis ini, kamu bisa membelinya di Blibli dengan cicilan ringan 0%.

Bisa menggunakan lighting untuk gambar yang lebih sempurnalighting

Membawa lighting tambahan untuk proses syuting juga sangat penting. Bila melakukan syuting di luar ruang pada siang hari, mungkin bisa dilakukan tanpa lighthing tambahan. Tapi bila pengambilan gambar dilakukan di dalam ruang atau malam hari, kemungkinan besar kamu akan memerlukan lighting tambahan. Pencahayaan yang tepat juga bisa kamu atur dengan lighting agar bisa memperoleh kesan lebih keren pada film yang dibuat. Misalnya untuk mendapat efek dramatis di sebuah ruang gelap, akan berkesan jika kamu bisa memainkan sudut penerangan.

Microphone untuk mendukung perekaman suara yang bagusmicrophone

Gambar dan suara adalah satu kesatuan yang tak boleh dipisahkan dan keduanya harus sama bagusnya. Untuk menghasilkan suara yang bagus, ada tiga pilihan microphone yang bisa kamu pakai yaitu shotgun mic, boom mic, dan clip-on mic. Shotgun mic adalah mic yang dipasang di atas kamera, boom mic biasanya dipasang di tongkat khusus dan diarahkan ke atas kepala subjek, sedangkan clip-on mic adalah mic kecil yang biasa diselipkan di kerah baju atau dekat kancing baju.

Gunakan komputer dan software editing yang sesuaikomputer

Sebuah film tak akan jadi baik tanpa melalui proses editing. Siapkan komputer dan software editing yang memadai. Proses memotong, menyambung, dan mengedit adegan perlu komputer dan software yang sesuai. Beruntung, berkat kemajuan teknologi, kini makin banyak alat edit dan software yang makin mudah dan murah. Bahkan, tak jarang film yang dibuat via smartphone kini juga sudah bisa diedit langsung dengan apps yang memudahkan.

Semoga dengan empat hal tadi, kamu bisa menghasilkan video yang keren ya. Terus coba dan coba lagi berkarya. Makin sering kamu mencoba, memperbaiki, dan mereka ulang karyamu, makin keren juga hasilnya. Tetap berlatih ya Friends!

 

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY