Pernahkah kamu memotret, tapi ketika melihat hasilnya terlihat blur dan tidak fokus. Kemungkinan besar saat memotret tanganmu yang sedang memegang kamera bergerak Friends. Tangan bergerak sedikit saja bisa menyebabkan foto akan blur dan tidak fokus. Khususnya jika pemotretan dilakukan di tempat minim cahaya.

Tidak seru kan Friends misalnya kamu sudah bergaya bersama teman-temanmu dengan pose maksimal, ternyata foto yang dihasilkan blur. Wajah jadi berbayang tidak jelas. Wajah ganteng dan cantik dengan senyum penuh pun berubah menjadi wajah-wajah aneh. Agar  foto yang kamu hasilkan dari kamera milikmu tidak blur, ada beberapa cara untuk menghindarinya.

Berikut ini tips untuk membuat foto fokus dan bebas blur:

Gunakan flash

Salah satu cara termudah untuk membuat foto bebas blur adalah dengan menggunakan flash kamera. Flash internal kamera milikmu sudah cukup untuk membuat foto terang dan semua wajah cerah terlihat. Syaratnya adalah jarak objek dan kamera tidak terlalu jauh. Bila terlalu jauh tetap akan terlihat gelap. Kekurangan dari flash internal kamera adalah cahaya tidak merata. Biasanya foto di bagian tengah terlihat jelas dan terang, tapi di bagian samping dan belakang terlihat agak gelap.

Foto Bebas Blur - Flash

 

Gunakan tripod

Cara kedua adalah menggunakan tripod. Bila kamu memotret menggunakan tripod, tanpa flash, foto yang dihasilkan akan lebih alami. Artinya cahaya objek di tengah dan samping atau belakang cenderung rata seperti cahaya aslinya. Tripod juga bermanfaat untuk memotret view kota malam hari. Bila pintar memainkan kecepatan rana kamera, kamu bisa menghasilkan gambar dramatis. Bila ingin mencari tripod berkualitas, cek saja langsung di sini. Selain banyak pilihan, fasilitas belanja di Blibli banyak kemudahannya. Bisa beli via Apps, cicilan ringan, hingga bebas diantar sampai ke rumah.

Foto Bebas Blur - Tripod

Bantuan monopod

Ada kalanya kamu memotret obyek yang terus bergerak, seperti pertandingan sepakbola antar kelurahan. Untuk momen seperti ini biasanya kamu memerlukan kamera dengan lensa zoom panjang yang berat. Ada risiko blur memotret dengan kamera berlensa panjang. Untuk membantu pemotretan seperti ini, kamu memerlukan monopod. Tidak mungkin menggunakan tripod, karena sulit digerakkan. Penyangga seperti ini efektif untuk menahan goyangan, tapi juga tetap bisa lincah bergerak memindah dan memutar kamera.

Foto Bebas Blur - Monopod

Perhatikan lensa dan speed

Ada rumus sederhana agar fotomu tidak goyang dan blur, yaitu membandingkan panjang lensa dan kecepatan rana (shutter speed). Samakan panjang lensa dengan kecepatan rana terbuka dan menutup. Misalnya saja kamu menggunakan lensa 50 mm, pasang kecepatan rana di angka 1/50 atau lebih cepat seperti 1/60 atau 1/100. Bila kamu menggunakan lensa 100 mm, usahakan kecepatan rana di atas 1/100. Bila kamu menggunakan kecepatan rana 1/40 untuk lensa 100 mm dan tidak dibantu tripod atau monopod, kemungkinan foto yang kamu hasilkan akan blur.

Semoga dengan tips sederhana tadi Friends bisa selalu menghasilkan foto-foto keren yang bebas blur ya.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY