Suatu ketika Moms pergi ke mal. Saat berada di bagian baju anak, langsung teringat dengan si kecil di rumah. Saking banyaknya pilihan, Moms pun langsung pilih ini itu. Sudah gitu, ada diskon gede. Jadi makin kalap deh. Hmm… bisa-bisa keranjang belanjaan penuh dengan baju bayi baru. Hayo ngaku siapa yang pernah begitu? Tapi masalahnya, apakah semua baju itu cocok untuk si kecil? Bukan semata cocok ukurannya, namun apa si kecil juga suka? Pernah nggak sih Moms perhatikan, bagaimana reaksi si kecil saat diberikan baju baru. Atau sebaliknya, bagaimana saat ia selalu minta dan minta lagi baju lamanya? Meski belum bisa bicara, ia punya bahasanya sendiri untuk mengatakan suka atau tidak loh Mom.

Bayi berinteraksi dengan dunia sekitarnya melalui kode-kode bahasa tersendiri. Itulah mengapa saat diberikan baju baru, kadang ia langsung tertawa riang, tapi kadang juga menangis dengan kaki menendang-nendang. Biar pilihan baju baru untuk bayi Mom tidak salah, yuk coba pahami beberapa bahasa bayi berikut:

1. Bayi mengeluarkan suara HEH

Suara Heh

via img.wallpaperfolder.com

Ini memang agak sulit membedakan dengan suara NEH dan EH. Tapi jika Moms terbiasa, akan segera bisa membedakan. HEH itu artinya ia sedang tidak nyaman. Biasanya karena posisinya kurang nyaman atau bajunya kurang sesuai dengan keinginan. Sedang suara NEH biasanya karena ia lapar dan EH karena ia sendawa setelah minum susu atau justru karena sedang lapar.

2. Pandangan matanya tertuju pada Moms dan ia tersenyum

Tersenyum

via wallpapercave.com

Itu artinya si kecil sedang senang melihat Moms. Kira-kira ia sedang bicara: Mom, aku senang kamu ada di dekatku. Dalam kondisi seperti ini, biasanya si kecil akan mudah diberi apa pun, termasuk baju barunya.

3. Matanya tiba-tiba berputar melihat sekeliling

Mata Berputar

via wallpapercave.com

Ini adalah tanda bahwa ia sedang tertarik dengan dunia sekitarnya. Termasuk melirik ke baju baru yang akan dikenakan padanya. Jika ia melihat warna yang menarik, ia akan dengan senang hati menerima baju barunya.

4. Menggerakkan kedua tangan memutar dengan ekspresi ceria

Menggerakkan kedua tangan

via etsy.com

Saat Mom memakaikan baju dan tiba-tiba ia seperti seseorang yang sedang menari, menggerakkan kedua tangan dengan semangat, itu artinya ia sedang senang sekali! Ini kode bahwa baju barunya adalah baju yang bisa jadi akan sering dimintanya untuk dipakai lagi dan lagi.

5. Gerakan kaki menendang

Gerakan menendang

via trusca.net

Sebaliknya, jika saat Mom selesai memakaikan baju, tiba-tiba ia melakukan gerakan menendang-nendang, ia adalah tanda ia kurang suka. Bahkan, bisa jadi ia marah dipakaikan baju itu. Tenang Mom, itu bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena ukurannya kekecilan atau kebesaran, bisa juga karena ia merasa gerah kepanasan.


Untuk mengetahui baju yang pas buat si kecil, baca juga: Tips Memilih Baju Bayi 


6. Jempol kaki merenggang, lurus, atau menekuk

Jempol kaki

via fthmb.tqn.com

Tiga tanda jempol kaki ini bisa berarti si kecil kurang nyaman atau bahkan merasa sakit pada bagian tertentu. Bisa karena kancing baju barunya tertindih, bisa karena bagian lipatan baju ada yang membuatnya risih. Coba rapikan sedikit posisi baju barunya. Kalau masih seperti itu dan bahkan menendang-nendang, lebih baik ganti baju yang lain.

7. Mata, mulut tertutup; tangan mengatup

Mata mulut menutup

via medicalnewstoday.com

Ini tanda paling gampang dikenali. Jika si kecil mata dan mulutnya menutup, tangannya juga membuat tanda mengatup, menyilang, atau berusaha menutupi wajahnya, itu adalah tanda tegas untuk mengatakan: aku tidak suka! Ini paling banyak terjadi saat si kecil makan, tapi juga bisa kejadian ketika Moms mencoba memberinya baju baru.

Nah, kalau ternyata si kecil menolak baju barunya. Coba Moms ingat, baju seperti apa yang paling disuka. Cari saja model yang mirip di Blibli.com, tapi tetap dengan beragam pilihan warna menarik dari Mom & Bab. Mumpung ada promo, Moms tinggal pilih, bayar, barang berkualitas terjamin akan segera dikirim ke rumah tanpa repot harus ke mal. Asyik kan?

Semoga si kecil makin cantik dengan baju barunya ya Moms.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY