Bagi bayi di bawah tiga tahun, ada saat tertentu dia menolak mandi. Misalnya ketika tiba-tiba ia meronta saat pakaian dilepas atau menangis keras saat akan diangkat ke kamar mandi. Dalam beberapa kasus, bayi menolak mandi ternyata ia merasa takut dengan air. Salah satu sebabnya karena dia pernah merasakan tidak nyaman saat mandi, seperti tersiram air yang terasa dingin. Atau bisa jadi, pernah juga ia terkena sabun yang kurang nyaman di matanya.

Bila si kecil mengalami trauma mandi, Moms harus sedikit bersabar untuk mengenalkan kegiatan mandi yang menyenangkan. Proses ini mungkin tidak langsung berhasil pada percobaan pertama. Tapi bila dilakukan dengan benar, dalam beberapa kali percobaan si kecil bisa mulai menikmati proses mandi. Malah bisa jadi, lama-lama Moms akan mendapat PR baru, yaitu si kecil tidak mau diangkat dari air.

Ada beberapa cara yang perlu Moms lakukan agar si kecil yang takut mandi, bisa menikmati proses mandi. Berikut beberapa langkah yang bisa Moms terapkan:

Persiapkan bak mandi yang nyamanbak mandi yang nyaman

Bak mandi adalah tempat untuk aktivitas bayi selama dimandikan. Bak mandi yang nyaman bisa membuat si kecil betah dan menikmati proses mandi. Moms bisa memilih bak mandi empuk seperti ini untuk memandikan si kecil. Tak semua toko menyediakan bak mandi seperti ini. Tapi Anda bisa membelinya di Blibli.com. Tinggal pilih, klik, bayar, barang akan diantar segera ke rumah Anda tanpa ongkos kirim.

Cari suhu air yang pas dengan si kecilcari suhu air

Air untuk mandi si kecil harus pada suhu tepat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Suhu terbaik untuk mandi si kecil adalah suhu tubuh normal, yaitu sekitar 36-37 derajat celcius. Sebelum melepas baju si kecil, pastikan suhu air yang disediakan untuknya sudah pas. Jangan sampai ketika sudah terlanjur diceburkan ke bak mandi, si kecil kaget karena air kepanasan atau terlalu dingin. Cara lain bisa dengan mengambilkan sedikit air untuk diusapkan ke beberapa bagian tubuhnya. Kalau si kecil tidak berontak, baru masukkan pelan-pelan ke dalam air.

Alihkan perhatiannya dengan mainan yang disukaalihkan perhatiannya

Bila si kecil sudah terlanjur trauma, Moms bisa memanfaatkan mainan untuk mengajaknya masuk ke bak mandi. Tunjukkan mainan kesayangan seperti bola atau hewan-hewanan kesukaannya. Tunjukkan dan katakan bahwa mainan kesukaannya saja senang mandi di dalam bak. Lalu, mintalah si kecil untuk menemani mainan tersebut. Coba beberapa kali hingga akhirnya ia merasa nyaman untuk mandi bersama mainan kesayangannya.

Lakukan segala sesuatu dengan kelembutanlakukan dengan kelembutan

Saat memandikan bayi, lakukan semua gerakannya dengan lembut. Usahakan tidak membuat si kecil kaget. Oleskan sabun dan sampo perlahan dan guyur sedikit demi sedikit. Usahakan si kecil menikmati proses mandi. Saat selesai dan mengangkat dari bak mandi, Moms sebaiknya melakukannya dengan perlahan. Kenyamanan ini akan membuat si kecil mendapatkan pengalaman menyenangkan saat mandi dan dia tidak akan takut lagi ketika diajak mandi.

 

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

Iโ€™m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY