Meskipun nuansa Halloween di Indonesia nggak seheboh di luar negeri, nggak ada salahnya kamu turut berpartisipasi dalam festival musim gugur yang identik dengan hantu dan labu ini.

Kamu bisa ikut meramaikan dengan banyak cara. Mulai dari dekorasi rumah, membeli kostum, dan datang ke pesta-pesta bertemakan Halloween.

Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan persiapkan kue-kue bernuansa Haloween. Bisa dikatakan inilah yang paling dinantikan dari festival Halloween.

Bingung mulai dari mana? Sebagai permulaan, kamu bisa iseng mencoba 5 resep Halloween sederhana ini di rumahmu.

1. Kue mumi Meringue

brownies peti mati

Kue Meringue merupakan favorit banyak orang dikarenakan rasanya yang ringan, manis, dan meleleh di dalam mulut. Ini membuat kue Meringue sama sekali nggak membosankan disantap berkali-kali.

Untuk membuat kue Meringue versi Halloween nggak sulit , kok! Kamu cukup memberikan sedikit sentuhan untuk mendapatkan bentuk mumi yang seram namun juga lucu.

Kam membutuhkan:

  • 2 putih telur
  • ½ sendok krim tartar
  • 1 gelas gula bubuk, diayak
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla

Cara membuatnya:

  1. Panaskan oven sampai 95°C. Kemudian, masukkan dua buah loyang dialas kertas roti.
  2. Gunakan mangkuk besar untuk mengocok putih telur dengan secara pelan-pelan hingga berbusa. Masukkan krim tartar dan lanjut dikocok, pelan pelan dipercepat sampai semuanya teraduk rata.
  3. Masukkan gula bubuk sedikit demi sedikit, dan kocoklah hingga adonan menjadi hard peak (jika mangkok di telungkupin adonan nggak jatuh/ tumpah). Tambahkan ekstrak vanilla dan aduk lagi sampai merata.
  4. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang dipasangkan spuit berbentuk bulat. Bentuklah stik sekitar tiga inci dengan gerakan zigzag.
  5. Untuk bagian mata, kamu bisa menggunakan wijen hitam ataupun pewarna hitam.
  6. Masukkan ke oven, panggang sekitar 30-40 menit hingga kue mumi kering sepenuhnya.
  7. Matikan oven, biarlah pintu oven terbuka sedikit dan biarkan kue didinginkan dengan perlahan.

2. Oreo pops versi Jack Skellington

oreo poops

via simplisticallyliving.com

Bila keluarga dan temanmu yang sangat suka makan Oreo, maka berikan sedikit kejutan kepada mereka untuk Halloween ini dengan membuat Oreo pops berbentuk pemain utama The Nightmare Before Christmast, Jack Skellington.

Kamu membutuhkan:

  • 12-14 potong Oreo krim vanila
  • Coklat putih yang bisa dilelehkan sekitar 270 gram
  • Spidol makanan hitam/Gula kue hitam
  • Stik lolipop seperlunya
  • Pita hitam
  • Loyang yang ditutupi dengan kertas perak

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan coklat putih dan letakkan dalam mangkuk untuk digunakan nanti.
  2. Celuplah stik lollipop ke dalam coklat putih. Setelah itu, tusukkan stik lolipop di tengah-tengah Oreo tepatnya di bagian krim Oreo.
  3. Susunlah masing-masing tusukan dengan rapi di dalam loyang yang telah disiapkan sebelumnya.
  4. Masukkan loyang ke dalam kulkas selama satu menit supaya coklat putih mengeras terlebih dahulu.
  5. Keluarkan loyang dari kulkas dan celuplah masing-masing tusukan Oreo ke dalam coklat putih hingga merata. Kemudian masukkan kembali loyang ke dalam kulkas sekitar 5 menit atau hingga coklat mengeras.
  6. Keluarkan loyang dari kulkas dan Oreo pops siap kamu dekorasi! Tambahkan mata, hidung, dan juga mulut yang lebar sesuai bentuk Jack Skellington. Oh ya, jangan lupa ikatkan pita hitam untuk sentuhan terakhir!

3. Halloween marshmallow pops

marshmallow poops

via My Baking Addiction

Pilihan manisan populer musim gugur lainnya yang bisa kamu coba adalah marshmallow. Marshmallow yang manis, empuk, dan mudah meleleh di mulut pasti bisa menjadi snack yang disukai teman dan keluarga.

Kamu membutuhkan:

  • 1 bungkus marshmallow putih
  • Coklat hitam dan coklat putih yang bisa dilelehkan
  • Ceres/meses warna-warni
  • Stik lolipop secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Lapisi loyang dengan kertas roti.
  2. Tusuklah stik lolipop tepat di tengah-tengah marshmallow.
  3. Lelehkan coklat hitam dan coklat putih, serta pisahkan di dua tempat yang berbeda.
  4. Celuplah masing-masing tusukan coklat, baik sepenuhnya ataupun ¾ (sesuai selera), kemudian segera lapisi dengan meses warna warni.
  5. Letakkan setiap tusukan marshmallow pops di dalam loyang dan tunggulah hingga coklatnya mengeras.

4. Kelelawar tortilla gula kayu manis

kelelawar

Via simplyrecipes.com

Resep selanjutnya adalah logo Batman cokelat yang lezat. Tortilla manis yang dilapisi kayu manis ini sangat cocok untuk menemani malam hari menonton film horor!

Kamu membutuhkan:

  • 1/4 gelas gula pasir (~100gram)
  • 1 1/2 sendok teh kayu manis
  • 4 sendok makan mentega (bukan margarin), dilelehkan
  • 2-3 lembar tortilla

Cara membuatnya:

  1. Potonglah tortilla sesuai bentuk kelelawar atau gunakan cetakan kelelawar untuk menghasilkan bentuk yang sempurna (selembar tortilla bisa menghasilkan 6 hingga 8 potongan).
  2. Siapkan oven dan loyang yang dilapisi dengan kertas roti, masukkan ke dalam oven, dan panaskan hingga suhu 175°C.
  3. Campurlah gula pasir dan kayu manis dengan merata dan taruhlah di sebuah piring kecil (membentuk gula kayu manis).
  4. Celuplah potongan tortilla ke dalam mentega yang sudah dilelehkan, kemudian celupkan satu sisi tortilla pada gula kayu manis.
  5. Kemudian susunlah semua potongan tortilla dengan rapi ke dalam loyang dengan bagian gula kayu manis dihadapkan ke atas.
  6. Pangganglah dalam oven selama 10 menit atau hingga tortilla Keluarkan dari oven dan biarkan 2 menit sebelum disajikan.

5. Biskuit jari nenek sihir

biskuit jari

via Simply So Good

Bila kamu merasa resep kue dan manisan di atas kurang seram, maka kamu perlu mencoba membuat biskuit jari nenek sihir ini. Tapi, nggak perlu khawatir, meskipun tampillannya terlihat seram, rasanya mantap!

Kamu membutuhkan:

  • 1 gelas mentega tawar, dilelehkan
  • 1 gelas gula bubuk
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ekstrak almond
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla
  • 2 ¾ gelas tepung serba guna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • ¾ gelas kacang almond (seutuhnya)
  • Pewarna makanan hijau
  • 1 tabung gel dekorasi yang aman dikonsumsi

Cara membuatnya:

  1. Campurkan mentega, gula bubuk, telur, ekstrak almond, dan vanilla secara bersamaan pada semua mangkuk besar. Setelah beberapa saat, tambahkan tepung serba guna, baking powder, dan juga garam.
  2. Tutuplah mangkuk dengan rapat dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Keluarkan adonan dari kulkas, kemudian ambillah porsi kecil dan membentuknya sesuai jari manusia hingga semua adonan habis.
  4. Ambillah almond dan tekankan dibagian ujung adonan jari untuk memberikan efek kuku. Untuk hasil yang lebih bagus, tekan di bagian tengah-tengah untuk menghasilkan efek tulang buku jari, serta gunakan tusuk gigi untuk membuat sedikit goresan.
  5. Susunlah semua adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti, kemudian panggang dengan temperature 160°C selama 20-25 menit.
  6. Biarkan biskuit dingin selama 3 menit, setelah itu keluarkan almond dari masing-masing biskuit jari.
  7. Berikan jel merah pada setiap bagian kuku, kemudian tempelkan kembali almond untuk menghasilkan efek kuku berdarah.

6. Brownies peti mati

brownies peti mati

via mamaloli.com

Resep terakhir yang paling seram cocok untuk Halloween ini adalah brownies peti mati. Nah, untuk memudahkan cara bikin, kamu bahkan bisa langsung membeli tepung instan brownies. Kemudian, cukup pelajari cara dekorasi sesuai petunjuk di bawah!

Kamu membutuhkan:

Cara membuat:

  1. Buatlah kue brownies sesuai arahan dalam kemasan (merek yang berbeda akan mempunyai panduan yang sedikit berbeda).
  2. Potonglah kue brownies sesuai bentuk peti mati dengan panjang sekitar 3 inci. Gunakan cetakan kue untuk memberikan hasil maksimal.
  3. Mainkan dekorasi peti mati brownies sesuai yang diinginkan. Misalnya, kamu bisa memberikan tulisan RIP atau gambar lainnya.

Nah, sekarang waktunya buat kamu yang membuat kue Halloween keren untuk keluargamu! Sebelum mencoba resep-resep di atas, tentu pertama-tama kamu perlu memiliki hand mixer yang bagus, sebagai kunci utama menghasilkan adonan kue yang enak. Kalau belanja di Blibli.com, manfaatkan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan mulai dari cicilan 0% hingga gratis pengiriman ke seluruh Indonesia!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY