Bila berbincang tentang harta budaya Indonesia yang paling ikonik, tentu Batik merupakan hal pertama yang terpikirkan.

Potongan kain dengan motif-motif unik hasil tulis dan cap malam ini bahkan ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tahun 2009!

Di Indonesia sendiri, Batik identik dengan tanah Jawa. Memang, Batik awalnya lahir dan dipopulerkan oleh masyarakat Jawa, khususnya Timur dan Tengah.

Namun, seiring berkembangnya kerajaan dan interaksi dengan sistem perdagangan internasional, Batik juga mengalami evolusi dan persebaran yang dahsyat di seluruh Tanah Air!

Sebagai anak bangsa, tentu lebih baik kita mengetahui lebih mendalam tentang pusaka budaya negara kita. Dari filosofi, makna, asal-usul, dan fakta unik, berikut Batik-batik khas daerah dari Sabang sampai Merauke!

Yuk, kenali!

batik-infografis-fix-01

Bagaimana? Berapa di antara kalian yang baru tahu kalau ternyata seluruh pulau-pulau besar di Indonesia memiliki Batiknya masing-masing?

Terlepas dari popularitasnya yang sampai ke dunia barat, kita nggak boleh lengah sama yang namanya arus globalisasi. Bila kita nggak memperhatikan, bisa-bisa Batik yang kurang populer akan termakan zaman dan punah.

Sebagai orang Indonesia, kita bisa turut melestarikan budaya Batik dengan banyak cara loh! Mulai dari mencari tahu filosofi lebih dalam, memakai Batik ke manapun kita pergi, mengenal industri dan pengrajinnya, dan membeli Batik tradisional!

Yuk, tambahkan koleksi Batikmu dengan segudang pilihan motif dari Blibli.com! Salam Batik!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY