Barang yang Wajib Ada di Kamar si Kecil Agar Ia Betah Tidur Sendiri

Setiap orangtua memang memiliki kebijakan masing-masing tentang tidur sekamar dengan si Kecil. Namun seiring bertambahnya usia, tentu Bubu harus mulai membiasakan si Kecil untuk tidur di kamarnya sendiri. Hal tersebut tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan, beberapa anak butuh masa penyesuaian yang lebih lama dibandingkan yang lain. Sebelum Bubu mulai membiasakan si Kecil tidur di kamarnya sendiri, pastikan kamar si Kecil nyaman, menenangkan, dan memberi kesan yang baik untuk si Kecil agar ia merasa aman di kamarnya sendiri ya, Bubu. Untuk memberikan kenyamanan pada si Kecil dan mendukungnya tidur sendiri, berikut ini beberapa barang yang wajib ada di kamar anak.

Tempat Tidur yang Nyaman

Memilih tempat tidur anak bisa berdasarkan tema keseluruhan kamar anak. Saat ini kamar anak dengan tema Skandinavian sedang populer – untuk tema ini tempat tidur yang digunakan biasanya berbahan kayu dan didesain seperti rangka rumah kecil. Untuk kamar anak dengan tema yang lebih minimalis, rangka kayu atau besi dengan satu warna akan lebih cocok. Apapun bahan rangka tempat tidur anak harus dipastikan kualitasnya agar aman untuk anak ya, Bubu.

Selain rangka tempat tidur, Bubu juga harus memilih kasur yang nyaman untuk si Kecil. Ketika tidur, anak membutuhkan kasur dengan daya penyangga yang cukup dan kebanyakan jenis kasur cocok untuk anak-anak, terutama kasur anak dengan jenis pocket spring. Namun, sebaiknya Bubu tidak menggunakan kasur jenis Memory Foam karena tergolong terlalu lunak untuk ruas tulang belakang anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Rak atau Laci Penyimpanan

Anak-anak butuh beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan kamarnya sendiri. Salah satu cara agar anak terbiasa dengan suasana kamarnya adalah dengan bermain di kamar. Namun, bukan berarti kamar si Kecil jadi berantakan karena mainan. Bubu bisa menyediakan rak atau laci penyimpanan untuk menyimpan mainan dan barang-barang si Kecil lainnya. Dengan begitu, bubu juga bisa mulai mengajarkan si Kecil untuk merapikan mainannya sendiri. Selain menjaga kamar tetap terlihat rapi, rak penyimpanan yang berisi barang-barangnya akan membuat si Kecil merasa nyaman dan muncul rasa kepemilikan terhadap kamarnya sendiri.

Lampu Tidur

Lampu tidur memiliki berbagai manfaat, terutama bagi anak yang takut tidur dalam keadaan gelap. Untuk menghindari tidur dengan keadaan lampu kamar menyala yang cenderung bisa menyebabkan kelelahan, Bubu bisa memasang lampu tidur dengan cahaya temaram yang memberikan ketenangan dan tubuh si Kecil bisa beristirahat dengan baik.

Lampu tidur anak juga tersedia dalam berbagai jenis, desain, dan kelengkapan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si Kecil. Beberapa jenis lampu tidur dilengkapi dengan pemutar musik atau white noise yang bisa membantu si Kecil yang sulit tidur dalam suasana yang terlalu senyap. Ada pula lampu tidur dengan timer yang bisa mematikan lampu dalam beberapa menit atau saat si Kecil sudah tidur. Selain berfungsi sebagai alat penerangan, lampu tidur juga bisa menjadi pelengkap dekorasi kamar anak saat sedang tidak digunakan.

Dekorasi Kamar yang Sesuai dengan Hal Kesukaan Anak

Sama halnya seperti orang dewasa, anak-anak juga memiliki preferensi suasana tidur yang nyaman untuknya. Misalnya ada anak yang lebih nyaman tidur dengan lampu tidur dan iringan white noise atau musik pengantar tidur. Ada pula anak yang lebih suka tidur dengan suasana gelap total tetapi harus ditemani boneka kesayangannya. Ada baiknya saat menyiapkan kamar anak, Bubu mencari tahu hal-hal yang disukai si Kecil atau bahkan mengajaknya berdiskusi tentang kamar yang ia inginkan.

Nah, itu tadi beberapa barang yang wajib ada di kamar si Kecil agar ia merasa nyaman di kamarnya sendiri. Di Blibli.com, Bubu bisa menemukan berbagai furnitur dan perlengkapan berkualitas untuk mengisi kamar si Kecil. Dengan kamar yang nyaman dan menyenangkan akan lebih mudah bagi Bubu mengajarkan si Kecil tidur sendiri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY